Sering Dianggap Sama, Ini Fakta dan Perbedaan Endometriosis dan PCOS

Kedua kondisi ini sangat berbeda, tetapi keduanya dapat memengaruhi menstruasi dan menyebabkan rasa sakit

oleh Bella Zoditama diperbarui 17 Okt 2024, 19:03 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 19:03 WIB
Sering Dianggap Sama, Ini Fakta dan Perbedaan Endometriosis dan PCOS
Sering Dianggap Sama, Ini Fakta dan Perbedaan Endometriosis dan PCOS (Pixabay/Saranya7)

Liputan6.com, Jakarta - Jika membahas tentang kesehatan wanita memang tidak ada habisnya. Terlebih pada kondisi reproduksi wanita yang sulit didiagnosis sejak awal.

Di mana ada dua kondisi yang cenderung mendapat perhatian paling besar, yaitu polycystic ovary syndrome (PCOS) dan endometriosis. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar kedua kondisi ini, Anda mungkin tidak begitu paham tentang detailnya. Bahkan, beberapa orang mungkin menganggap kalau hal tersebut sama.

Walaupun keduanya sama-sama bisa menganggu kesehatan wanita, khususnya saat menstruasi, tetapi ada perbedaan endometriosis dan PCOS yang sebenarnya terlihat.

Melansir dari Women's Health Magazine, Selasa (15/10/2024), penting untuk diketahui bahwa tidak jarang memiliki salah satu dari masalah kesehatan ini.

"Ini adalah dua kondisi ginekologi yang relatif umum," kata Taraneh Shirazian, MD, seorang dokter kandungan di NYU Langone Health. PCOS memengaruhi satu dari 10 wanita usia subur, menurut National Health Service (NHS). Sementara, endometriosis sedikit lebih umum, memengaruhi 1,5 juta wanita di Inggris.

"Kedua kondisi ini terkenal sulit didiagnosis, mengingat gejalanya dapat disebabkan oleh berbagai masalah yang berbeda", kata Jessica Shepherd, MD, seorang dokter kandungan di Texas.

Itu tidak berarti mustahil bagi dokter untuk membuat diagnosis yang tepat—hanya saja mungkin memerlukan waktu dan kerja yang lebih lama dibandingkan dengan beberapa kondisi lainnya. Namun, meskipun PCOS dan endometriosis memiliki beberapa karakteristik dan gejala yang sama, keduanya tidaklah sama.

"Keduanya adalah kondisi yang sangat berbeda," catat Dr. Shirazian. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan antara PCOS dan endometriosis.

Penjelasan tentang Endometriosis

tanda - Vania
Ilustrasi Menstruasi/https://www.freepik.com/kroskha_nastya

Endometriosis, yang juga biasa disebut 'endo', terjadi ketika endometrium, jaringan yang biasanya melapisi rahim, tumbuh di luar rahim dan di area lain di tubuh Anda yang tidak seharusnya. Pertumbuhan jaringan endometriosis paling sering ditemukan di ovarium, tuba falopi, jaringan yang menahan rahim di tempatnya, dan permukaan luar rahim.

Meskipun dapat juga muncul di vagina, serviks, vulva, usus, kandung kemih, atau rektum.

Implan endometriosis merespons perubahan hormon estrogen wanita, dan implan dapat tumbuh dan berdarah seperti lapisan rahim selama menstruasi. Hal itu dapat menyebabkan jaringan di sekitarnya menjadi teriritasi, meradang, dan bengkak.

Gejala yang paling umum:

  • Nyeri panggul kronis, terutama sebelum dan selama menstruasi
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Nyeri saat buang air besar
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Pendarahan hebat selama menstruasi

Perlu dicatat: Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), banyak wanita dengan endometriosis tidak memiliki gejala.

Penjelasan tentang PCOS

Ilustrasi PCOS
Ilustrasi PCOS. Photo by Ivan Aleksic on Unsplash

PCOS adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon reproduksi, kata Office of Women's Health (OWH). Ketidakseimbangan hormon tersebut menimbulkan masalah pada ovarium, yang menghasilkan sel telur yang dilepaskan setiap bulan sebagai bagian dari siklus menstruasi.

Bila Anda menderita PCOS, sel telur mungkin berkembang sebagaimana mestinya atau mungkin tidak dilepaskan selama ovulasi, kata OWH.

Berbeda dari endometriosis, gejala yang paling umum oleh wanita yang mengalami PCOS antara lain:

  • Menstruasi tidak teratur
  • Pertumbuhan rambut berlebih di wajah, dada, perut, atau paha atas
  • Jerawat parah, atau jerawat yang tidak merespons pengobatan umum
  • Kulit berminyak
  • Bercak kulit tebal, lembut, dan gelap
  • Kista ovarium

Perbedaan Antara Endometriosis dan PCOS

Ilustrasi wanita mengalami kram perut saat menstruasi
Ilustrasi wanita mengalami kram perut saat menstruasi. (Image by Freepik)

Menurut Christine Greves, MD, dokter kandungan dan ginekolog bersertifikat dari Winnie Palmer Hospital for Women and Babies di Orlando, Florida, sebagian besar bergantung pada gejalanya.

"Biasanya, jika Anda mengalami banyak nyeri panggul, saya akan berpikir bahwa Anda mungkin menderita endometriosis," katanya. "Namun, perdarahan tidak teratur cenderung lebih merupakan tanda PCOS."

"Memang benar bahwa orang dengan PCOS juga dapat mengalami nyeri panggul," kata Dr. Greves, tetapi "itu bukan nyeri biasa yang terkait dengan menstruasi, seperti yang dialami pasien yang menderita endometriosis."

"Pemeriksaan diagnostik dapat memberikan dua cerita yang berbeda," ungkap Dr. Shirazian.

"Jika seorang wanita mengalami menstruasi tidak teratur dan diduga PCOS, kami tahu untuk mencari kadar testosteron yang meningkat dalam tes darah," katanya.

"Kami juga mencari gejala khas: menstruasi tidak teratur, ditambah kriteria laboratorium, dan rambut di tempat yang tidak seharusnya," sambungnya.

Ultrasonografi juga dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis kedua kondisi tersebut, yang terlihat berbeda melalui pencitraan, kata Dr. Shepherd.

"Ultrasonografi dapat menentukan beberapa kista dengan PCOS dan, jika ada kista dengan endometriosis, biasanya kista tersebut hanya satu dan memiliki karakteristik yang berbeda dari PCOS," katanya.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah seorang wanita menderita endometriosis adalah melalui prosedur pembedahan yang disebut laparoskopi, di mana instrumen serat optik dimasukkan melalui dinding perut untuk melihat organ-organ di perut, menurut ACOG.

PCOS, di sisi lain, biasanya didiagnosis melalui pemeriksaan panggul, ultrasonografi, dan pemeriksaan darah.

Cara Mengetahui Apakah Anda Terkena Endometriosis atau PCOS

tanda - Vania
Ilustrasi Menstruasi/https://www.freepik.com/freepik 

Mendiagnosis secara langsung tidak disarankan untuk kondisi kesehatan apa pun. Termasuk PCOS dan endometriosis. Namun, masuk akal jika Anda ingin mengetahui apa yang terjadi di tubuh Anda untuk membantu Anda berbicara dengan dokter.

Sebagian besar proses diagnostik bergantung pada pemantauan periode menstruasi dan tingkat nyeri.

"Lacak periode menstruasi untuk mengetahui keteraturan dan juga nyeri untuk membantu menentukan kemungkinan perbedaan yang akan membantu dokter menentukan mana yang mungkin menjadi penyebabnya," kata Dr. Shepherd.

"Jika Anda secara teratur mengalami nyeri hebat menjelang dan selama menstruasi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami endometriosis," ucapnya.

"Namun, jika periode menstruasi Anda tidak teratur, dan Anda mengalami gejala lain seperti rambut di wajah, dada, perut, atau paha atas, serta jerawat yang tidak kunjung hilang, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita PCOS," kata Dr. Shirazian.

Jika Anda menduga ada yang tidak beres dengan tubuh Anda, inilah saatnya untuk menghubungi dokter. Dari sana, mereka mungkin akan melakukan pemeriksaan panggul dan bahkan mungkin meminta tes tambahan seperti pemeriksaan darah atau USG.

Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya