Benarkah Minum Kopi Bisa Mempengaruhi Siklus Menstruasi? Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Apakah minum kopi atau kafein apa pun mempengaruhi durasi dan tingkat keparahan gejala siklus menstruasi? Penelitian ini mungkin mengejutkan Anda.

oleh Bella Zoditama diperbarui 23 Okt 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 09:04 WIB
minum kopi
Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi Selama Siklus Menstruasi? | Foto ilustrasi: pexels.com/@olly

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi setiap pagi atau di tengah-tengah hari kerja memang menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi seorang perempuan, ternyata ada banyak pendapat yang saling bertentangan mengenai bagaimana tubuh bereaksi terhadap kopi. Terutama menyangkut siklus menstruasi seseorang.

Sebab, kopi atau lebih tepatnya kafein di dalam kopi telah diklaim oleh para ahli bisa menyebabkan efek samping selama periode tersebut, di mana salah satunya bisa memperparah sindrom pramenstruasi atau nyeri payudara. 

Melansir dari Eating Well, Senin (21/10/2024), klaim-klaim ini berasal dari sebuah studi observasional yang diterbitkan beberapa dekade lalu, serta studi sebelumnya yang menghubungkan bagaimana asupan kafein dalam jumlah sedang dapat memengaruhi kadar estrogen wanita—meskipun penelitiannya masih belum jelas.

Jadi, bagaimana kebenarannya? Seorang ahli gizi dan ahli kesehatan wanita, Elizabeth Ward, MS, RDN akan menjelaskan lebih detail terkait hal tersebut. Tentunya ini juga menyangkut kesehatan Anda, kan?

Berapa Banyak Kopi yang Dikategorikan Terlalu Banyak?

Menurut U.S. Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa konsumen harus membatasi asupan kafein mereka pada 400 miligram per hari. Secangkir kopi biasa rata-rata mengandung sekitar 100 miligram per 8 ons, yang berarti peminum kopi tidak boleh minum lebih dari 28 ons (atau empat cangkir) kopi dalam sehari.

Namun, jika seseorang minum lebih dari jumlah kafein yang dianjurkan dalam sehari, ada kemungkinan mereka mengalami keracunan kafein—alias, minum terlalu banyak kafein sekaligus. Para ahli mengatakan konsumsi kafein yang berlebihan bahkan dapat mematikan.

Apa yang Terjadi Jika Anda Minum Kopi Ketika Menstruasi?

Ilustrasi minum kopi di bulan ramadan
Ilustrasi minum kopi di bulan ramadan. Photo by Caleb George on Unsplash

Jadi, apakah sebenarnya kopi bisa mempengaruhi siklus menstruasi Anda? Ini dia mitos dan faktanya yang perlu Anda ketahui:

1. Gejala pramenstruasi Anda akan tetap sama

Terlepas dari klaim sebelumnya yang Anda baca atau dengar tentang minum kopi selama menstruasi, tidak ada bukti konkret yang menghubungkan asupan kafein dengan gejala PMS yang meningkat ketika siklus Anda.

"Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa tidak banyak bukti bahwa kafein memengaruhi siklus menstruasi," kata Ward.

Dia merujuk pada studi prospektif tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition yang selanjutnya membuktikan bahwa asupan kafein tidak terkait dengan gejala PMS dan tidak perlu menghindarinya selama siklus seseorang.

Studi tersebut sampai pada kesimpulan ini dengan mengevaluasi hubungan antara total asupan kafein, kopi, dan teh dengan perkembangan PMS dalam studi kasus-kontrol dalam Nurses' Health Study II prospektif. Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tertentu seperti usia dan merokok, studi tersebut tidak dapat membuat hubungan apa pun antara konsumsi dan gejala PMS.

"Meskipun demikian, reaksi orang terhadap kafein berbeda-beda," Ward memperingatkan. "Pengguna rutin—orang yang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sama dan wajar (400 miligram) secara teratur kemungkinan tidak akan merasakan efek apa pun dari kafein pada siklus menstruasi mereka."

2. Durasi menstruasi bisa tetap sama atau bahkan lebih pendek

Ilustrasi seorang wanita minum kopi
Ilustrasi seorang wanita minum kopi.Photo by Mikail Duran on Unsplash

Meskipun ada studi observasional sebelumnya pada akhir tahun 1990-an yang menyatakan bagaimana kafein dapat memengaruhi jangka waktu siklus seseorang, studi cross-sectional terbaru tahun 2022 yang diterbitkan dalam BMC Women's Health justru menyatakan sebaliknya.

Setelah mengevaluasi 9.335 wanita premenopause antara usia 25 dan 45 tahun, para peneliti menyatakan bahwa peminum kopi cenderung tidak mengalami siklus menstruasi yang lebih panjang. Artinya, minum kopi tidak memengaruhi durasi siklus seseorang, atau bahkan dapat memperpendek durasinya.

Ward menjelaskan bahwa kedua studi yang dirujuk ini bersifat observasional, dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan bagaimana kopi pada akhirnya dapat memengaruhi durasi siklus seseorang. Tidak perlu dikatakan lagi, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa kopi dapat memperpanjang siklus menstruasi Anda.

3. Terlalu banyak kafein bisa memperparah sakitnya menstruasi

Ilustrasi pagi hari, minum kopi
Ilustrasi pagi hari, minum kopi. (Photo by Toa Heftiba on Unsplash)

Meskipun penelitian tidak menghubungkan asupan kafein dan siklus menstruasi, Ward menunjukkan bahwa minum terlalu banyak kafein dapat memperparah beberapa ketidaknyamanan yang mungkin Anda alami selama siklus menstruasi.

"Terlalu banyak kafein dapat memperparah ketidaknyamanan menstruasi dengan membuat Anda gelisah, menyebabkan masalah tidur, peningkatan detak jantung, dan diare," kata Ward. "Minuman berkafein seperti kopi juga dapat meningkatkan keasaman di lambung Anda."

Namun, jika Anda tetap mengonsumsi 400 miligram kafein (atau 28 ons kopi) yang dianjurkan pada siang hari, kafein seharusnya tidak mengganggu siklus menstruasi Anda. Ward bahkan menunjukkan manfaat kafein yang memberi Anda tambahan energi jika Anda cenderung mengalami kelelahan saat menstruasi selama siklus menstruasi.

Nah, setelah membacanya ternyata tidak ada cukup bukti yang menghubungkan bagaimana minum kopi dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang. Meskipun ada studi observasional yang menunjukkan bagaimana asupan kafein (baik kopi, teh, atau sumber lain) dapat dikaitkan dengan durasi siklus menstruasi yang lebih pendek, tidak ada penelitian konkret yang menyatakan bahwa kafein dalam kopi dapat memperparah gejala PMS selama menstruasi.

Namun, jika kopi sudah menyebabkan ketidaknyamanan bagi konsumen, para ahli mengatakan bahwa kenyamanan tersebut dapat meningkat jika konsumen juga sedang mengalami masa menstruasi.

Infografis proses pengolahan kopi di Indonesia
Infografis proses pengolahan kopi di Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya