5 Penyebab Mulut Anda Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Salah Satunya Kebiasaan Ngopi

Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kesehatan mulut yang buruk hingga kebiasaan sering mengonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 28 Okt 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 09:04 WIB
Singkirkan Bau Mulut Saat Puasa, Yuk Lakukan 10 Kebiasaan Mudah Ini!
Ilustrasi bau mulut saat puasa. (c) Shutterstock/Kmpzzz

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut adalah kondisi mulut Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini dapat terjadi karena produksi air liur dalam mulut Anda mengalami hambatan. Selain itu, masalah lainnya seperti sisa makanan yang tertahan di mulut Anda.

Saat mulut mengeluarkan bau tidak sedap, membuat orang-orang sekeliling merasa tidak nyaman. Orang yang mencium bau tersebut akan menutup hidungnya saat Anda berbicara. Akan mungkin akan merasa malu dan memutuskan untuk berhenti bericara.

Namun, tahukah Anda bahwa bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari? Dilansir dari Listerine, Rabu (23/10/2024) berikut ini beberapa penyebab mulut Anda mengeluarkan bau tidak sedap.

1. Kesehatan Mulut Memburuk

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena kesehatan mulut Anda yang memburuk. Hal ini disebabkan oleh partikel makanan yang tertinggal di mulut dan bakteri yang ada pada plak gigi. Kondisi ini terjadi karena Anda tidak membersihkan gigi dan mulut Anda secara teratur.

Selain itu, kondisi mulut dan amandel yang tidak rata menyebabkan partikel makanan dan bakteri tertahan aibatnya mulut Anda menjadi bau. Kesehatan mulut ini juga dapat menyebabakan beberapa penyakit seperti gigi berlubang, penumpukan plak gigi, hingga penyakit gusi. Untuk mencegah kesehatan mulut yang buruk, Anda hars konsisten melakukan perawatan mulut dan menyikat gigi secara menyeluruh. Anda juga dapat menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

2. Minum Kopi Terlalu Sering dan Banyak

Ilustrasi minum kopi di bulan ramadan
Ilustrasi minum kopi di bulan ramadan. Photo by Caleb George on Unsplash

Sering minum kopi dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan bau mulut. Kopi memiliki rasa yang kuat dan efek terhadap produksi air liur. Anda mungkin menyadari mulut Anda terasa bau akibat mengonsumsi kopi.

Kandungan kafein di dalam kopi menyebabkan penurunan produksi air liur. Sering minum kopi dapat menyebabkan hambatan produksi air liur yang membuat bakteri meningkat. Akibatnya mulut Anda akan terasa bau. Selain itu, partikel makanan terakhir yang tersisa mulai terurai di dalam mulut dan menyebabkan bau mulut.

3. Mulut Kering

Ilustrasi Mulut kering (sumber : Pixabay)
Ilustrasi Mulut kering (sumber : Pixabay)

Air liur dalam mulut berfungsi menjaga kebersihan mulut Anda dengan cara membuang partikel makanan yang bau mulut. Namun, produksi air liur akan terhambat saat mulut Anda mengering. Kondisi semacam ini disebut xerostomia yang menyebabkan bau mulut menyengat.

Hal ini dapat terjadi saat Anda sedang tertidur. Hal ini yang menyebabkan sebagian orang merasa napasnya bau setelah bangun tidur. Namun, jika keadaan mulut Anda mengering sepanjang hari, maka pertimbangkan untuk melakukan pengobatan.

4. Masalah Pencernaan

Ilustrasi Penderita Usus Kotor
Usus yang kotor akan mempengaruhi kesehatan organ lainnya. (Foto: Freepik/benzoix)

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh gangguan pada organ tubuh bagian lambung. Hal ini disebabkan oleh gangguan pencernaan yang buruk, sembelit, hingga gangguan usus. Jika Anda sering mengalami refluks asam, bau makanan yang Anda konsumsi akan naik ke kerongkongan dan masuk ke mulut. Akibatnya mulut Anda terasa bau.

Selain gangguan pencernaan, terdapat masalah pencernaan lainnya seperti ketidakseimbangan bakteri. Kondisi semacam ini disebabkan oleh makanan tidak terpecah dengan baik. Sehingga, Anda mengalami refluks asam yang mengakibatkan bau mulut.

5. Tidak Cukup Mengonsumsi Karbohidrat

ilustrasi mengonsumsi karbohidrat/pexels
ilustrasi mengonsumsi karbohidrat/pexels

Karbohidrat adalah sumber makanan yang penting dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Jika tubuh Anda kurang mengonsumsi karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi protein, maka besar kemungkinan mulut Anda akan mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada metabolisme tubuh.

Tubuh Anda akan memecah lemak dan protein lainnya untuk menggantikan karbohidrat sebagai sumber energi. Namun, terkadang makanan mengandung protein yang tinggi sulit untuk dicerna serta cenderung melepaskan gas sulfur sebelum dimetabolisme. Untuk mengatasi bau mulut akibat ini Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi termasuk sumber makanan karbohidrat yang cukup.

Banner Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya