Warga Galesong Temukan 3 Buah Granat Aktif

Dua granat jenis nanas dan satu mortir 61 berstatus aktif ditemukan di tengah jalan di Desa Taroang, Dusun Wea, Kecamatan Galesong Selatan.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Agu 2013, 13:09 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2013, 13:09 WIB
130826bgranat.jpg
Citizen6, Takalar: Dua granat jenis nanas dan satu mortir 61 berstatus aktif ditemukan di tengah jalan di Desa Taroang, Dusun Wea, Kecamatan Galesong Selatan, Kamis 22 Agustus 2103, sekitar pukul 17.30 WITA.

Benda berbahaya tersebut ditemukan pertama kali oleh anggota Babinsa Koramil 1426 04, Serda Muhammad Zainal. Saat itu anggota TNI yang berpakaian hijau  tersebut sedang melalukan patroli di wilayah tersebut dengan menggendarai sepeda motor. Dengan tidak disengaja dalam perjalanan mereka menemukan kantong berwarna merah terbungkus rapi tepat di tengah jalan.

"Anggota saya, yaitu Serda Muh Zainal langsung mendekati dan memeriksa kantongan itu. Namun Ia sempat kaget  sebab isi kantongan tersebut adalah granat dan mortir. Ia lalu menelpon saya," kata Danramil 1426 Galesong dan Galesong Selatan, Kapten CTP Syamsuddin.

Kemudian kata Syamsuddin, pihaknya langsung menuju ke lokasi penemuan untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, diketahui dua granat dan satu mortir tersebut masih aktif.

"Saya langsung membawa granat dan mortir itu ke Kodim 1426 untuk diamankan. Mortir tersebut kami simpang di kantor Dandim 1426 Takalar untuk dilakukan pemeriksaan kedua benda yang mematikan itu," jelas Syamsudin.

Komandan Kodim 1426 Takalar, Letkol Inf Andi Miuh Ali SH  membenarkan hal tersebut. "Penemuan granat oleh anggota koramil benar adanya, sehingga ketiga bahan peledak yang mematikan tersebut kita sudah amankan di kantor kodim dan selanjutnya kita jinakkan oleh tim jihandak dari TNI," jelasnya. (Awing/Mar)

Jaharuddin Awing adalah pewarta warga yang bisa dihubungi via facebook: Jaharuddin Awing.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya