Sri Mimpi Indonesia: Cinta Tuhan, Sesama dan Tanah Air

Kecintaan Guruh Sukarno Putra sebagai anak proklamator kepada tana airnya, Indonesia tak ada yang meragukan.

oleh Liputan6 diperbarui 01 Sep 2013, 16:56 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2013, 16:56 WIB
01092013-sri.jpg
Citizen6, Jakarta: Kecintaan Guruh Sukarno Putra sebagai anak proklamator kepada tanah airnya, Indonesia tak ada yang meragukan. Melalui karya-karyanya selama ini, Guruh selalu menyebarkan semangat untuk mencintai tanah air indonesia yang kaya ini tanpa henti.

Setelah sukses menggelar karya “Beta Cinta Indonesia” tahun 2011 lalu, Guruh Sukarno Putra kali ini menggelar pertunjukan yang diberi judul “Sri Mimpi Indonesia” pada hari Minggu, 1 September 2013 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. 

Pada gladi bersih terakhir, yang khusus untuk media dan tamu undangan Guruh menampilkan pagelaran yang tidak saja megah, namun juga mengibur, bermakna dan edukatif. Pertunjukan yang dimulai sekitar pukul 20:30 ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua penonton tanpa diminta pun serempak berdiri.


Lampu padam, lalu munculnya para punakawan ( Nino Gracia, Ichsan Akbar, Nycta Gina, dan Ary Kirana) di tengah-tengah penonton, bukan di panggung. Dari empat punakawan yang mewakili etnis Jawa, Betawi dan etnis Tionghoa ini Guruh seperti ingin meyakinkan kepada kita semua bahwa Indonesia sangat kaya, terdiri dari banyak suku bangsa yang masing-masing mempunyai keunikan yang membanggakan.

Untuk menegaskan itu Guruh Soekarno Putra menampilkan tari-tarian yang dikemas secara massal dari berbagai wilayah di indonesia. Tari-tarian dari daera Bali, dayak, Minang ditampilkan secara bagus dan memukau. Dengan penata musik Andirianto dan Magenta Orkestra, pertunjukan ini sungguh-sungguh spektakuler.


Menurut Guruh Sukarno Putra, pagelaran seni ini semata-mata merupakan sebuah mimpinya yang ingin diwujudkan dalam mencintai negeri ini. Djarum Apresiasi Budaya mendukung pagelaran ini, agar masyarakat semakin mengenal dan mencintai budaya sebagai jati diri bangsa Indonesia. 

“Dengan mencintai budayanya sendiri, masyarakat akan bisa mencintai Indonesia sebagai tanah airnya yang harus dijaga dan dilestarikan. Dan semangat itu yang kami harap bisa ditularkan melalui pertunjukan ‘Sri Mimpi Indonesia’ ini,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

Pergelaran ini dibagi kedalam tiga babak menurut warna lagu-lagu ciptaan Guruh Sukarno Putra: Cinta Budaya, Cinta Kasih Manusia dan Cinta Tanah Air Indonesia. Di pagelaran ini, beberapa lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra baru dinyanyikan pertama kalinya. Salah satunya adalah lagu Cita Cinta yang dinyanyikan oleh BE3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pagelaran yang disutradarai oleh Alex Hassim ini berlangsung sekitar dua jam, Beberapa penyanyi yang mendukung acara ini diantaranya: Titi DJ, Sita Nursanti, Haikal Baron, Gabriel Harvianto dan tentu saja para penari dari Kinarya GSP

Diharapkan ada sekitar enam ribu pengunjung datang menonton Sri Mimpi Indonesia , pagelaran seni budaya tentang keindahan cinta ini. (kw)

*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya