Billboard Gandeng Universal Music Luncurkan Koleksi NFT

Perusahaan mengungkapkan pada Rabu akan meluncurkan proyek NFT yang disebut Chartstars.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 17 Mar 2022, 10:38 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2022, 10:38 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan musik dan hiburan Amerika, Billboard, telah mengungkapkan pihaknya telah bermitra dengan Universal Music Group (UMG) untuk memasuki ekosistem NFT yang sedang berkembang saat ini.

Perusahaan mengungkapkan pada Rabu akan meluncurkan proyek NFT yang disebut Chartstars. Nantinya kompilasi NFT tersebut akan menggunakan blockchain Flow.

Billboard lebih lanjut mengungkapkan NFT Chartstars akan menampilkan seni dan kreatif berlisensi resmi termasuk klip visual pendek dari video musik, dan fotografi album.

"Peluncuran Chartstars menandai produk NFT skalabel pertama Billboard yang ditujukan untuk penggemar musik. Chartstars akan menjadi kumpulan karya seni digital yang berfokus pada artis yang memperingati pencapaian dan tonggak sejarah di Billboard Charts,” kata pihak perusahaan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (17/3/2022). 

Pengumpulan dan gamifikasi akan dibangun ke dalam platform melalui papan peringkat kolektor dan utilitas yang dimasukkan ke dalam kontrak pintar, termasuk akses khusus di acara langsung Billboard. Produk Chartstars pertama diharapkan akan tersedia untuk dibeli pada Mei mendatang.

Universal Music Group (UMG) baru-baru ini juga mengungkapkan pihaknya bermitra dengan pasar NFT Curio pada pertengahan Februari. UMG meluncurkan proyek hiburan Bored Ape Yacht Club (BAYC) pada pertengahan November tahun lalu. 

Wakil presiden eksekutif strategi digital UMG, Michael Nash mengatakan, Billboard merintis cara baru bagi penggemar musik untuk terhubung dengan artis.

"Dengan memanfaatkan grafik ikoniknya untuk koleksi digital yang menarik ini, Billboard menciptakan cara baru yang inovatif bagi artis dan penggemar untuk merayakan pencapaian unik dan momen budaya,” kata Nash dalam sebuah pernyataan, Rabu.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Baru untuk Berinteraksi

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Julian Holguin, presiden Billboard, setuju dengan Nash tentang NFT yang menciptakan cara baru bagi penggemar untuk berinteraksi dan berbagi kepemilikan dengan artis musik masa kini.

"Untuk pertama kalinya, penggemar musik sekarang akan memiliki kesempatan untuk selamanya terhubung dengan artis favorit mereka, dengan berbagi kepemilikan momen dalam waktu,” ujar Holguin.

“Koleksi digital ini akan merayakan dan memperingati pencapaian grafik khusus dengan kreativitas yang memukau secara visual. Fans juga akan bersaing untuk mendapatkan hadiah di kehidupan nyata, menambahkan lapisan gamification yang otentik ke seluruh platform,” pungkas Holguin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya