Kenali Apa Itu Game NFT, Definisi Hingga Keunikan

Mari kenali apa itu game NFT.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Feb 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 18:04 WIB
Game NFT Janken
Game NFT Janken. Dok: Cocone Corporation

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan jenis game berbasis blockchain lainnya, game NFT mengubah industri karena memungkinkan pemain untuk mendapatkan NFT dan uang saat mereka bermain.

Namun apa itu game NFT? 

Mengutip laman Games Pad, Selasa (14/2/2023) NFT adalah token digital dan kriptografi berbasis blockchain yang mewakili objek satu-satunya. NFT bisa berupa item virtual dalam game, karya seni crypto yang berharga, atau bahkan properti fisik seperti real estat.

Tidak seperti uang fiat, di mana 1 dolar sama persis dengan 1 dolar lainnya, NFT tidak dapat dipertukarkan, sehingga nilai setiap NFT tidak dapat dibandingkan dengan yang lain.

Dalam game NFT, token digunakan berdasarkan aturan, pedoman, dan interaksi pemain. 

Pada game NFT biasanya dilengkapi dengan karakter atau avatar unik, selain aset dan item dalam game lainnya.

Untuk mengintegrasikan NFT di lingkungan game, pengembang membuat kontrak pintar yang menyusun aturan untuk NFT yang digunakan untuk memperdagangkan, memproduksi, dan menerapkan NFT di dalam game.

Lantas bagaimana game NFT menghasilkan uang?

Mekanisme setiap game dan permintaan pasar akan menentukan berapa banyak uang yang dapat dihasilkan pemain saat bermain game. Keuntungannya berasal dari mata uang kripto asli dalam game dan penjualan aset NFT di pasar.

Nilai dalam game NFT ditentukan oleh NFT atau kolektibilitas token atau utilitas dalam game. Konsep kelangkaan NFT yang terkenal juga berlaku untuk game NFT. Lihatlah permainan teratas untuk mendapatkan permainan untuk diinvestasikan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Game NFT Pencetak Untung di 2022

PKCL Twins
Memadukan elemen NFT dan fashion, PKCL Twins dirancang untuk jadi game blockchain favorit para gamer perempuan

Berikut adalah beberapa Game NFT paling menguntungkan sejauh ini dalam sejarah GameFi:

1.  The Sandbox

Game NFT Sandbox adalah metaverse tempat Anda dapat memiliki, bermain, dan membuat game sendiri. Anda dapat berinteraksi sebagai kolektor, artis, penentu game, atau sekadar berinteraksi dari game ke game.

2. Battle of Guardians

Battle of Guardians adalah game NFT yang menarik, arena  multipemain. Di banyak lokasi alam semesta game SciFi yang sangat besar, pemain dapat berpartisipasi dalam pertempuran multi-alam tingkat berikutnya.


Game NFT Idle Cyber Hingga Gods Unchained

Game NFT Janken
Game NFT Janken. Dok: janken.game

3. Idle Cyber

Idle Cyber adalah game NFT pertahanan perbatasan yang dibuat dengan latar tahun 2088, di mana manusia memimpin tim mutan untuk mempertahankan tembok, membunuh cyborg, dan mengatasi musuh raksasa untuk menyelamatkan umat manusia.

4. Axie Infinity

Axie Infinity adalah game NFT yang terinspirasi dari Pokemon tempat pengguna berkumpul, tumbuh, bertempur, dan memperdagangkan jutaan makhluk fantasi menawan yang dikenal sebagai Axies. Setiap Axie adalah NFT unik yang sangat berharga. Ini juga bisa dibilang game NFT terbaik untuk berinvestasi.

5. Gods Unchained

Seperti permainan perdagangan kartu konvensional Magic: The Gathering, Gods Unchained adalah permainan kartu perdagangan di mana para pesertanya menyusun deck dan bersaing satu sama lain.


Penjualan NFT Melonjak pada Januari 2023, Sentuh Rp 15 Triliun

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Penjualan Non Fungible Token (NFT) melonjak pada Januari 2023 mengikuti pergerakan harga kripto yang menguat sepanjang Januari 2023. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (11/2/2023), penjualan NFT mencapai USD 997 juta atau setara Rp 15,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.187 per dolar AS), meningkat 41,96 persen dari Desember 2022. 

Data dari cryptoslam menunjukkan dari 20 jaringan blockchain, Ethereum memimpin penjualan NFT dengan nilai USD 784,87 juta atau setara Rp 11,8 triliun, atau 78,681 persen dari total penjualan NFT Januari 2023.

Solana menempati posisi kedua dalam penjualan NFT selama 30 hari terakhir, terhitung 15,07 persen dari total penjualan pada Januari 2023. Lima jaringan blockchain teratas lainnya dalam hal penjualan NFT adalah Cardano, Immutable X, dan Polygon.

Dalam hal koleksi NFT terlaris pada Januari 2023, NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) menghasilkan penjualan sebesar USD 71,24 juta atau setara Rp 1,triliun. Penjualan BAYC meningkat 45 persen dari Desember. Sedangkan untuk penjualan Mutant Ape Yacht Club (MAYC) naik 47,91 persen bulan lalu, 

Dalam jangka waktu 30 hari volume penjualan, di platform NFT Opensea memimpin dengan 40 persen dari penjualan bulan lalu dieksekusi di pasar NFT. Blur pasar NFT menangkap 32 persen dari penjualan 30 hari, dan X2Y2 mencatat 8 persen dari penjualan bulan itu. 

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya