Momentum NFT Mandek, Bored Ape dan CryptoPunk Merosot di Bawah USD 100 Ribu

Harga koleksi NFT blue chip CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC) merosot jauh di bawah ETH senilai USD 100.000 pada pekan ini.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 23 Apr 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2023, 17:00 WIB
Harga Koleksi NFT CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club Merosot
Harga koleksi NFT blue chip CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC) turun jauh di bawah ETH senilai USD 100.000 pada pekan ini.(Foto: Arstin Chen on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Harga koleksi NFT blue chip CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC) turun jauh di bawah ETH senilai USD 100.000 pada pekan ini. Hal tersebut menjadi yang pertama kalinya dalam beberapa bulan terakhir, menyusul kemerosotan  perdagangan di pasar NFT baru-baru ini, yang tidak terlihat selama bertahun-tahun.

Meskipun NFT agak pulih, dibutuhkan 49,8 ETH atau USD 93.692 untuk memperoleh CryptoPunk. Harga ini turun lebih dari 30 persen dari sebulan yang lalu, ketika CryptoPunk termurah di pasar dapat diperoleh dengan ETH senilai lebih dari USD 128.000. Nasib serupa dialami Bored Ape, proyek unggulan ramah selebritas dari raksasa NFT Yuga Labs, yang saat ini berharga 49 ETH atau sekitar USD 92.200.

Membeli Bored Apes tidak membutuhkan ETH sekecil itu sejak November 2021. Melansir Decrypt, Minggu (23/4/2023), angka-angka yang menurun itu tampaknya merupakan gejala dari kekhawatiran yang lebih besar mengenai semakin sedikit perdagangan yang terjadi di seluruh pasar NFT.

Sejak pertengahan April, perdagangan harian di semua pasar NFT telah anjlok hingga 71 persen, menurut Dune Analytics. Penurunan aktivitas tersebut bersifat inkremental dan konsisten di seluruh platform. Penghitungan perdagangan NFT yang begitu rendah, hanya kurang dari 20.000 pada hari Kamis lalu yang belum terlihat sejak akhir 2021.

Sementara peningkatan harga Ethereum pasca Shanghai Upgrade memang melambat minggu ini, tetapi cryptocurrency dari pasar NFT terbesar masih terlihat relatif kuat, mencapai sekitar USD 1.845.

 


Kemunculan Blur

Ilustrasi NFT
Ilustrasi NFT. Dok: unsplash

Salah satu faktor spesifik yang secara tidak proporsional bertanggung jawab atas berita utama baru-baru ini tentang kekuatan pasar NFT yang bertahan lama adalah munculnya Blur, platform perdagangan NFT yang relatif baru yang dengan cepat mengambil alih OpenSea sebagai pasar NFT teratas pada akhir Februari.

Kenaikan Blur didorong oleh sistem penghargaan yang memberi insentif kepada pedagang untuk meninggalkan pasar lain dan membalik NFT sebanyak mungkin, bahkan jika bolak-balik di antara mereka sendiri.

Meskipun pasar NFT melonjak pada Februari dan Maret menjadi sekitar USD 2 miliar dalam total perdagangan setiap bulan, pertumbuhan itu hampir seluruhnya didorong oleh volume dari Blur yang oleh beberapa pakar industri diberi label sebagai wash trading yang dimanipulasi. Aktivitas Blur terus mendominasi pasar, terhitung lebih dari 60 persen dari semua volume perdagangan NFT selama seminggu terakhir.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Penjualan Pasar NFT Anjlok ke Posisi Terendah Sejak 2021

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Sebelumnya, jumlah pengguna dan penjualan harian di pasar non-fungible token (NFT) turun selama seminggu terakhir. Data platform analitik Dune mengungkapkan, penjualan NFT mencapai posisi terendah baru yang tidak terlihat sejak Juli 2021.

Menurut dasbor Dune yang disusun oleh peneliti NFT SeaLaunch, jumlah pengguna unik di pasar NFT teratas termasuk Blur, OpenSea, dan LooksRare terus menurun selama tujuh hari terakhir dan menjadi 7.805 pada 19 April. Jumlah pengguna unik di seluruh pasar NFT belum serendah itu sejak 31 Juli 2021, ketika jumlah pengguna unik di OpenSea dan pasar lainnya tercatat 7.455.

Melansir Coindesk, Jumat (21/4/2023), penjualan di pasar NFT juga turun selama tujuh hari terakhir, dengan 16.149 penjualan tercatat pada 19 April. Terakhir kali jumlah penjualan serendah itu adalah pada 9 November 2021, saat itu ada 12.910 penjualan.

Tampaknya kedua pasar NFT teratas, OpenSea dan Blur mengalami penurunan signifikan dalam pengguna dan penjualan unik. Blur, pasar NFT pro-fokus telah mengalami penurunan jumlah penjualan di platformnya minggu ini, menghitung 5.688 penjualan, jumlah penjualan harian terendah dalam 90 hari terakhir. Jumlah pengguna unik harian Blur juga turun, dengan 1.777 pengguna unik per 19 April, terendah dalam 90 hari terakhir.

Sedangkan untuk OpenSea, jumlah pedagang harian turun tajam selama seminggu terakhir, mencapai 10.640 pada 18 April. Menurut data, jumlah pedagang harian OpenSea belum turun di bawah 10.000 sejak Juli 2021.

Namun, tidak semua metrik tampak pesimis. Volume perdagangan dalam eter (ETH) di seluruh pasar NFT tetap relatif stabil selama 30 hari terakhir. Dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif harian di OpenSea dan Blur, Uniswap berhasil mendapatkan pengguna aktif harian selama dua minggu terakhir.

 

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya