Mengenal Apa Itu PancakeSwap dan Cara Kerjanya dalam Kripto

PancakeSwap jadi salah satu kata yang sering muncul dalam kripto, apa sebenarnya PancakeSwap?

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 20 Mei 2023, 16:02 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023, 16:02 WIB
Mengenal Apa Itu PancakeSwap dan Cara Kerjanya dalam Kripto
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange (DEX) yang berasal dari blockchain BNB Chain. Dengan kata lain, ini memiliki beberapa kesamaan dengan platform mapan seperti UniSwap di mana pengguna dapat menukar koin mereka dengan koin lain tanpa masukan dari layanan perantara.

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (20/5/2023), ciri khas utama dari PancakeSwap adalah berfokus pada token BEP20 standar token khusus yang dikembangkan oleh Binance. 

Standar BEP20 pada dasarnya adalah daftar periksa fungsi yang harus dapat dilakukan oleh token baru agar kompatibel dengan ekosistem dapps, dompet, dan layanan Binance yang lebih luas.

Cara Kerja PancakeSwap 

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan cara kerja pertukaran terdesentralisasi, mereka menggunakan sistem khusus yang dikenal sebagai pembuat pasar otomatis (AMM) sehingga seluruh proses tidak memerlukan buku pesanan atau satu perusahaan perantara untuk memfasilitasi perdagangan.

Intinya, tidak diperlukan sistem pencocokan pesanan karena pedagang kripto berdagang melawan kumpulan likuiditas, bukan rekanan. Kumpulan likuiditas dalam konteks ini mengacu pada dana yang disimpan oleh investor  yang bisa siapa saja dari seluruh dunia ke dalam kontrak cerdas untuk tujuan menyediakan likuiditas bagi para trader.

Dengan sistem ini, pembeli tidak perlu menunggu dijodohkan dengan penjual, atau sebaliknya. Setiap kali seseorang ingin memperdagangkan satu token dengan yang lain, mereka cukup menyetor token yang mereka miliki ke dalam kumpulan dan menarik token lain yang ingin mereka terima.

Misalnya, jika Anda ingin mengubah token berbasis BEP20 tertentu, katakanlah ALPHA ke BNB di PancakeSwap, yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan kumpulan ALPHA/BNB yang memiliki likuiditas yang cukup (artinya ada cukup token di dalam kumpulan untuk memfasilitasi perdagangan Anda ).

Kemudian, Anda perlu menyetorkan token ALPHA Anda dan secara otomatis menerima sejumlah BNB berdasarkan nilai tukar terbaru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mantan Pendiri Twitter Pimpin Pendanaan Rp 89,5 Miliar untuk Startup Kripto

Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)
Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)

Sebelumnya, CEO Block sekaligus mantan pendiri Twitter, Jack Dorsey memimpin putaran pendanaan awal senilai USD 6 juta atau setara Rp 89,5 miliar (asumsi kurs Rp 14.922 per dolar AS) untuk perusahaan startup pembayaran Bitcoin Azteco.

Azteco menawarkan cara unik untuk membeli Bitcoin di seluruh dunia dengan fokus mempermudah pengguna yang tidak memiliki rekening bank untuk menggunakan uang digital. 

Pengguna dapat membeli voucher Azteco secara online atau di toko fisik lokal, yang kemudian dapat ditukarkan dengan Bitcoin. Model kerjanya mirip dengan membeli kartu hadiah atau isi ulang ponsel

Karena pengguna tidak harus melalui pertukaran untuk membeli Bitcoin dalam mata uang asli mereka, metode ini memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas dan telah dikenal di kalangan kripto sebagai proyek dengan potensi untuk membantu bank yang tidak memiliki rekening bank.

Dalam sebuah pernyataan, investor dan penggila Bitcoin terkenal, Dorsey, mengatakan dia merasa terhormat untuk mendukung Azteco karena mencoba membantu individu yang tidak memiliki rekening bank memasuki sistem keuangan.

"Populasi yang belum tersentuh layanan perbankan sangat besar. Kami memiliki teknologi dan sumber daya untuk menutup kesenjangan ini, tetapi hingga saat ini, belum ada yang mengambil langkah penting berikutnya," kata Dorsey dikutip dari Decrypt, Jumat (19/5/2023).

Dorset menambahkan, Azteco menyediakan lebih dari sekadar akses ke sistem keuangan yang aman itu membangun ekosistem penentuan nasib keuangan yang aman dan didukung oleh komunitas lokal.

Bersama dengan Dorsey, investor lain yang mendukung startup ini termasuk Lightning Ventures, Hivemind Ventures, Ride Wave Ventures, Aleka Capital, Visary Capital, Gaingels, dan pengusaha serial Sunil Rajaraman.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 


Departemen Kehakiman AS Janji Tindak Keras Pelaku Industri Kripto Terlibat Kejahatan

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Sebelumnya, tim penegakan cryptocurrency AS mengatakan negara itu meningkatkan pengawasan terhadap pertukaran kripto untuk menargetkan perilaku terlarang.

Direktur Tim Penegakan Cryptocurrency Nasional AS (NCET), Eun Young Choi mengatakan Departemen Kehakiman AS (DOJ) menargetkan perusahaan kripto yang terlibat dalam kejahatan atau membiarkan kejahatan seperti pencucian uang terjadi.

“Mereka mengizinkan semua pelaku kriminal lainnya untuk dengan mudah mendapatkan keuntungan dari kejahatan mereka dan menguangkan dengan cara yang jelas bermasalah bagi kami,” katanya dikutip dari Channel News Asia, Jumat (19/5/2023). 

DOJ pada Maret mendakwa warga Vietnam Minh Quoc Nguyen dengan pencucian uang dan pencurian identitas sehubungan dengan operasi platform kripto ChipMixer, mengklaim Nguyen secara terbuka mencemooh peraturan keuangan.

Dengan tindakan keras baru terhadap perusahaan kripto, DOJ bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dan mengirimkan pesan pencegahan ke bisnis yang telah menghindari aturan anti pencucian uang atau identifikasi klien, dan yang tidak berinvestasi dalam kepatuhan dan risiko yang solid.

Direktur NCET, tanpa menyebut entitas tertentu, mengatakan ukuran perusahaan bukanlah sesuatu yang akan disetujui departemen sambil mempertimbangkan biaya potensial.

Departemen Kehakiman AS juga akan fokus pada kejahatan yang terkait dengan keuangan terdesentralisasi, khususnya "jembatan rantai", di mana pengguna dapat menukar berbagai jenis token digital, atau proyek baru dengan kode yang rentan terhadap serangan semacam itu.

 

 


Anggota Parlemen Inggris Ingin Kripto Diatur seperti Judi

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Anggota parlemen Inggris memberikan penilaian cukup keras terhadap kripto. Dia menilai crypto tidak memiliki nilai intrinsik dan perdagangannya harus diatur seperti perjudian.

"Perdagangan dalam cryptocurrency mirip dengan perjudian dan harus diperlakukan seperti itu," kata dia melansir laman CNBC, Kamis (18/5/2023).

Dia menegaskan jika token yang tidak didukung seperti bitcoin dan eter tidak didukung oleh aset dasar dan "tidak memiliki nilai intrinsik. Hal ini diungkapkan dalam sebuah laporan yang disampaikan di Komite Pemilihan Keuangan Inggris.

Dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar USD 737,7 miliar, bitcoin dan ether saja menyumbang dua pertiga dari semua cryptocurrency.

Berbagai peristiwa terjadi di industri kripto pada tahun lalu. Mulai dari jatuhnya pertukaran crypto FTX hingga penurunan eksperimen stablecoin Terra. Hal telah menarik perhatian yang meningkat dari regulator, yang khawatir dengan efek negatif pada konsumen.

Dalam laporannya, Komite Pemilihan Keuangan mengatakan volatilitas yang tinggi dan potensi kehilangan uang dalam jumlah besar berarti bahwa cryptocurrency menimbulkan risiko yang signifikan bagi konsumen.

“Mengingat perdagangan ritel dalam crypto yang tidak didukung lebih mirip perjudian daripada layanan keuangan, anggota parlemen meminta Pemerintah untuk mengaturnya seperti itu,” kata anggota parlemen.

“Peristiwa tahun 2022 telah menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh industri cryptoasset kepada konsumen, yang sebagian besar tetap liar,” kata Harriett Baldwin, ketua Komite Pemilihan Keuangan.

“Regulasi yang efektif jelas dibutuhkan untuk melindungi konsumen dari bahaya, serta untuk mendukung inovasi produktif di industri jasa keuangan Inggris,” tambahnya.

“Namun, tanpa nilai intrinsik, volatilitas harga yang besar, dan tidak ada kebaikan sosial yang dapat dilihat, perdagangan konsumen mata uang kripto seperti Bitcoin lebih menyerupai perjudian daripada layanan keuangan, dan harus diatur seperti itu. Dengan bertaruh pada 'token' yang tidak didukung ini, konsumen harus sadar bahwa semua uang mereka bisa hilang.”

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya