Pertukaran Kripto Bangkrut, FTX Berhasil Pulihkan Aset Rp 105,3 Triliun

FTX dan afiliasinya, saat ini memperkirakan jumlah aset pelanggan yang disalahgunakan sebesar USD 8,7 miliar. Sebagian besar uang itu, sekitar USD 6,4 miliar atau setara RP 96,2 triliun, berupa fiat dan stablecoin.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 29 Jun 2023, 21:15 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 21:15 WIB
Pertukaran Kripto Bangkrut, FTX Berhasil Pulihkan Aset Rp 105,3 Triliun
Pertukaran kripto yang bangkrut FTX telah memulihkan sekitar USD 7 miliar atau setara Rp 105,3 triliun hingga kini. (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto yang bangkrut FTX telah memulihkan sekitar USD 7 miliar atau setara Rp 105,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.989 per dolar AS) aset likuid sejauh ini, dan pencarian aset tambahan akan terus berlanjut.

Dilansir dari Cointelegraph, Kamis (29/6/2023), CEO FTX baru, John Ray dalam laporan interim kedua Debitur FTX, yang dirilis 26 Juni mengungkapkan ada percampuran dana yang ekstensif dari CEO sebelumnya mempersulit upaya mereka.

Debitur FTX, yang terdiri dari FTX dan afiliasinya, saat ini memperkirakan jumlah aset pelanggan yang disalahgunakan sebesar USD 8,7 miliar atau setara Rp 130,8 triliun. Sebagian besar uang itu, sekitar USD 6,4 miliar atau setara RP 96,2 triliun, berupa fiat dan stablecoin, yang tidak dibedakan oleh FTX dalam akuntansinya.

CEO FTX sebelumnya, Sam Bankman-Fried selalu mengatakan dalam kesaksiannya tidak mencampuradukkan dan menyalahgunakan simpanan pelanggan secara tidak sengaja dan dia menyembunyikan tindakannya dengan bantuan pengacara senior Grup FTX dan lainnya. 

Terlepas dari pekerjaan ekstensif oleh para ahli dalam akuntansi forensik, pelacakan dan pemulihan aset, dan analitik blockchain, antara lain, sangat menantang untuk melacak aset besar Debitur ke sumber pendanaan tertentu, atau untuk membedakan antara dana operasi Grup FTX dan simpanan yang dilakukan oleh nasabahnya.

Tingkat kekacauan didorong oleh diagram aliran uang pelanggan FTX dari rekening deposito utama sebagaimana diidentifikasi hingga saat ini. Aliran itu dimungkinkan dengan salah mengartikan tujuan mereka ke bank dan banyak representasi palsu lainnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Pertukaran Kripto Bangkrut, FTX Jual Anak Perusahaan Rp 747 Miliar

Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sebelumnya,  FTX telah mencapai kesepakatan untuk menjual anak perusahaannya yaitu LedgerX LLC ke afiliasi Miami International Holdings Inc seharga USD 50 juta atau setara Rp 747 miliar (asumsi kurs Rp 14.941 per dolar AS). 

FTX akan meminta persetujuan pengadilan kebangkrutan AS untuk penjualan pada sidang 4 Mei. 

"Kami senang mencapai kesepakatan ini dengan MIH, yang merupakan contoh dari upaya berkelanjutan kami untuk memonetisasi aset guna memberikan pemulihan kepada pemangku kepentingan," kata CEO FTX John Ray dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (26/4/2023).

Sejak mengajukan kebangkrutan pada November 2022, FTX telah memulihkan lebih dari USD 7,3 miliar atau setara Rp 109 triliun dalam bentuk tunai dan aset kripto likuid, perusahaan melaporkan awal bulan ini. 

FTX terus menjual aset sebagai bagian dari upaya itu, baru-baru ini FTX juga setuju untuk menjual sahamnya di Web3 startup Mysten Labs seharga USD 95 juta atau setara Rp 1,4 triliun.

Pembelinya, Miami International Holdings, memiliki Bursa Efek Bermuda dan beberapa bursa sekuritas yang terdaftar di AS., termasuk Bursa Efek Internasional Miami. MIH mengkonfirmasi perjanjian penjualan tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

LedgerX, yang diatur oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS diakuisisi tahun lalu untuk berekspansi ke kripto futures dan perdagangan opsi. 

FTX mengatakan awal bulan ini bahwa mereka sedang mengerjakan rencana kebangkrutan yang akan menjelaskan bagaimana niatnya untuk membayar kembali kreditur dan pelanggannya. FTX dapat mempertimbangkan untuk memulai kembali atau menjual pertukaran kripto sebagai bagian dari proses itu.

 


Selebritas yang Promosikan Pertukaran Kripto FTX Minta Investor Cabut Gugatan

Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik

Selebritas yang mempromosikan FTX, termasuk komedian Larry David, mengatakan gugatan investor yang mencari ganti rugi setelah jatuhnya pertukaran mata uang kripto FTX harus dibatalkan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu, (22/4/2023), gugatan perwakilan kelompok yang diusulkan di Miami menuduh akun pembawa hasil FTX adalah sekuritas tidak terdaftar yang dijual secara tidak sah di Amerika Serikat, yang mengharuskan promotor untuk mengungkapkan kompensasi yang mereka terima.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi dari pendiri FTX Sam Bankman-Fried bersama beberapa selebriti yang mempromosikan FTX termasuk David. Para korban keruntuhan FTX juga meminta ganti rugi dari tim National Basketball Association, Golden State Warriors yang mempromosikan FTX.

Para artis dan Warriors mengatakan dalam surat-surat pengadilan yang diajukan pada Jumat mereka tidak pernah mengajukan akun yang dipermasalahkan dalam kasus tersebut dan tidak menyebabkan kerugian investor.

Mereka mengatakan di bawah teori investor, aktor dalam iklan pialang mana pun akan bertanggung jawab untuk menjual sekuritas apa pun yang kemudian dibeli oleh pengguna individu menggunakan layanan pialang.

David membintangi iklan untuk FTX yang ditayangkan selama Super Bowl 2022 di mana dia memerankan karakter fiksi yang menolak inovasi penting sepanjang sejarah dan diakhiri dengan pesan "Jangan Lewatkan kripto."

Bankman-Fried berargumen di surat-surat pengadilan kasus terhadapnya harus dihentikan sementara saat dia melawan tuntutan pidana di New York. Permintaan itu tidak ditentang oleh investor.

Jaksa telah menuntut Bankman-Fried, 31, dengan mencuri miliaran dolar dalam dana pelanggan FTX untuk menutup kerugian di Alameda Research, dan menghasilkan puluhan juta dolar dalam sumbangan politik ilegal untuk membeli pengaruh di Washington, DC. Dia mengaku tidak bersalah.

 

 


Usai Bangkrut, Anak Perusahaan FTX Janji Kembalikan Dana Pelanggan

Ilustrasi Kripto. Foto: Freepik/Rawf8.com
Ilustrasi Kripto. Foto: Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kripto, mulai dari membelinya hingga menambang. Tapi ada cara lain yaitu melalui Faucet Kripto.Freepik/Rawf8.com

Sebelumnya, anak perusahaan FTX di Eropa, FTX Europe, telah meluncurkan situs web baru bagi pengguna untuk menarik dana dari platform cryptocurrency yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Permintaan penarikan harus diajukan melalui situs web baru dan akan tunduk pada pemeriksaan Know Your Customer (KYC) dan anti-pencucian uang. 

Pengumuman FTX EU untuk mengizinkan penarikan datang setelah FTX Jepang mengumumkan rencananya untuk membuka penarikan pada pertengahan Februari 2023. 

Mengenai anak perusahaan Eropa, perusahaan menyatakan akan memberi pelanggan pernyataan tentang saldo dana mata uang fiat mereka yang berhak sesuai dengan undang-undang Siprus. FTX EU terpaksa mengembalikan dana pelanggan setelah penangguhan lisensi perusahaan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Siprus.

Hanya klien FTX EU yang mendaftarkan akun setelah Maret 2022 yang memenuhi syarat untuk penarikan, dan beberapa mitra bisnis tidak akan disertakan. Selain itu, pelanggan harus menjalani verifikasi formal KYC dan anti-money-laundering (AML). 

“Penarikan pelanggan mungkin tertunda jika detail bank atau akun lainnya belum diverifikasi secara memadai,” kata perusahaan itu dalam siaran pers, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (18/4/2023).

FTX EU juga mengindikasikan mereka telah mengirim email kepada klien FTX EU mengenai proses penarikan. Setiap pelanggan FTX EU LTD berhak untuk menarik saldo mereka yang dipisahkan dalam akun pelanggan yang ditunjuk, pengumuman tersebut menjelaskan. 

Situs web baru mengharuskan pengguna untuk mengatur ulang kata sandi yang ada dan membuat kata sandi baru untuk situs penarikan. Situs web FTX EU juga disahkan dan diatur oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Siprus.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya