Bos Aplikasi Keuangan Ini Sebut ETF Bitcoin Bisa Dongkrak Reputasi Aset Kripto

ETF Bitcoin akan menghasilkan dampak yang bertahan lama pada reputasi keseluruhan mata uang kripto dan aset digital tertentu.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 17 Jul 2023, 13:04 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 13:04 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
ketika ETF Bitcoin Blackrock dan manajer aset lainnya disetujui, ini dapat menghasilkan dampak yang bertahan lama pada reputasi keseluruhan mata uang kripto dan aset digital tertentu. (Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri dan CTO aplikasi keuangan dan pendapatan Brighty App, Nikolay Denisenko mengomentari terkait banyaknya pendaftaran untuk ETF Bitcoin dari perusahaan besar, seperti BlackRock.

Denisenko mengatakan kemungkinan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan menyetujui ETF Bitcoin raksasa manajemen aset Blackrock, Denisenko menyoroti profil dan pengaruh CEO Blackrock Larry Fink sebagai salah satu alasan mengapa banyak pemain di ruang kripto optimis.

Dia berpendapat ketika ETF Bitcoin Blackrock dan manajer aset lainnya disetujui, ini dapat menghasilkan dampak yang bertahan lama pada reputasi keseluruhan mata uang kripto dan aset digital tertentu.

“Saya ingat seorang kenalan saya yang bekerja di industri manajemen aset pernah berkata ada cerita ini di antara para veteran industri. Dikatakan satu-satunya orang di dunia yang bisa mendapatkan penunjukan ad-hoc dengan kepala negara atau kepala pemerintahan mana pun adalah Larry Fink, CEO Blackrock,” kata Denisenko, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (17/7/2023).

Menurutnya terkait Blackrock dan pilihan Coinbase oleh manajer aset lainnya sebagai mitra berbagi pengawasan mereka. Dia juga merinci beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh startup fintech dan penduduk di Inggris sekarang karena aturan kripto dan stablecoin telah menerima persetujuan kerajaan.

Tak hanya itu, CTO Brighty App itu turut menuturkan pandangannya soal mata uang digital bank sentral (CBDC) yang menurutnya kurang aman dan rentan mengalami peretasan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendaftaran ETF Bitcoin BlackRock Diterima SEC

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, aplikasi pendaftaran BlackRock untuk menawarkan ETF Bitcoin telah masuk ke peta resmi Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ditinjau sebagai bagian dari proses perubahan aturan yang diusulkan.

Dilansir dari Decrypt, Senin (17/7/2023), aplikasi untuk ETF Bitcoin yang diajukan hampir sebulan yang lalu, memicu gelombang optimisme baru di seluruh pasar kripto, dan mendorong perusahaan terkemuka lainnya untuk mendaftar ETF Bitcoin. 

SEC memberi isyarat bulan lalu bahwa aplikasi BlackRock kurang. Kemudian perusahaan mengajukan aplikasi yang direvisi, menambahkan klausul berbagi pengawasan yang akan melibatkan pemantauan pertukaran kripto Coinbase dan melaporkan kemungkinan aktivitas ilegal.

Tak lama kemudian, Valkyrie memperbarui aplikasinya dengan ketentuan yang sama, seperti halnya Fidelity dan ARK Invest. ETF Bitcoin spot akan melacak nilai Bitcoin tanpa mengharuskan aset dipegang secara langsung. Ini juga dapat diperdagangkan di bursa saham tradisional.

Dengan aplikasi BlackRock sekarang di kalender resmi SEC, itu akan diterbitkan dalam Daftar Federal dan memicu periode komentar publik selama 21 hari.

Sementara itu, empat aplikasi lain yang diajukan pada Jumat, 14 Juli 2023 terkait dengan Cboe BZX Exchange, yang merupakan entitas pertama yang mengajukan ETF Bitcoin pada Maret 2021. 

Mereka termasuk Wise Origin Bitcoin Trust, WisdomTree Bitcoin Trust, VanEck Bitcoin Trust, dan Invesco Galaxy ETF Bitcoin, yang juga akan memasuki periode komentar tiga minggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya