Optimisme ETF Makin Meningkat, Harga Bitcoin Kembali Pulih Jelang Akhir 2023

Salah satu isu utama pendorong kenaikan ini adalah apakah persetujuan nyata terhadap produk tersebut akan memicu aksi ambil untung

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 28 Des 2023, 18:18 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 18:18 WIB
Optimisme ETF Makin Meningkat, Harga Bitcoin Kembali Pulih Jelang Akhir 2023
Bitcoin kembali pulih di tengah spekulasi baru regulator sekuritas AS hampir menyetujui beberapa pengajuan ETF Bitcoin Spot. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin kembali pulih di tengah spekulasi baru regulator sekuritas Amerika Serikat (AS) hampir menyetujui beberapa pengajuan ETF Bitcoin Spot. Bitcoin menguat sebanyak 2,1% dan diperdagangkan sekitar USD 43.000 atau setara Rp 663,1 juta (asumsi kurs Rp 15.421 per dolar AS).

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (28/12/2023), mata uang kripto lainnya juga menguat. Bitcoin Cash, salah satu cabang awal dari mata uang digital asli, menguat sebanyak 14% setelah investor masuk ke sarana investasi yang melacak token tersebut.

Salah satu isu utama pendorong kenaikan ini adalah apakah persetujuan nyata terhadap produk tersebut akan memicu aksi ambil untung. Dengan kata lain, potensi minat terhadap ETF Bitcoin yang direncanakan oleh perusahaan seperti BlackRock Inc. dan Fidelity Investments masih belum jelas.

Kenaikan bitcoin tahun ini juga didorong oleh ekspektasi penurunan suku bunga di AS. Reli ini telah memperbaiki sebagian kerusakan akibat kehancuran drastis pada 2022 yang terjadi di industri kripto. 

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) diprediksi akan menyetujui beberapa pendaftaran ETF Bitcoin pada awal 2024. Kripto terbesar di dunia ini, telah menguat sekitar 160% sepanjang 2023. 

Bahkan, hasil studi baru dari perusahaan konsultan Kaiko Research menunjukkan Bitcoin menjadi salah satu aset dengan kinerja terbaik pada 2023. 

Bitcoin, memulai perdagangan tahun ini dengan harga di bawah USD 17.000 atau setara Rp 262,2 juta baru-baru ini melampaui angka USD 44.000 atau setara Rp 678,6 juta dan sekarang akan mengakhiri 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Pendiri Microstrategy Michael Saylor Sebut ETF Bitcoin Bakal Picu Lonjakan Harga Kripto

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendiri Microstrategy, Michael Saylor menyatakan persetujuan ETF Bitcoin spot dapat memicu permintaan terpendam yang sangat besar terhadap kripto, sehingga memicu kenaikan harga yang drastis pada 2024.

Dalam sebuah wawancara di Bloomberg, Saylor berpendapat ETF Bitcoin spot akan memberi investor arus utama saluran yang sesuai dengan bandwidth tinggi pertama mereka untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin. 

“Hal ini dapat mendorong peningkatan permintaan sebesar 2 hingga 10 kali lipat, katanya,” kata Saylor dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/12/2023).

Pada saat yang sama, pasokan Bitcoin akan semakin sedikit pada April ketika peristiwa halving terjadi, sehingga mengurangi separuh pasokan baru yang dihasilkan setiap hari oleh para penambang.

Dengan meroketnya permintaan karena berkurangnya pasokan, Saylor memperkirakan harga akan lebih tinggi. Saylor percaya ETF spot akan menjadi perkembangan terbesar di Wall Street dalam 30 tahun, setara dengan penciptaan dana indeks S&P 500 pertama pada 1993 yang memberikan investor arus utama eksposur yang mudah ke pasar saham yang luas untuk pertama kalinya.

"Kami memperkirakan 2024 akan menjadi tahun yang baik bagi kelas aset. Kami tidak tahu sejauh mana aset tersebut akan berjalan pada saat ini," ujar Saylor.

Sebagai pendukun Bitcoin yang vokal, Saylor mengatakan MicroStrategy akan terus memanfaatkan leverage dan arus kas untuk memperluas kepemilikan Bitcoinnya daripada melikuidasi untuk berinvestasi di ETF spot.


CEO Galaxy Digital Mike Novogratz Harap SEC Setujui ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari 2024

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, CEO Galaxy Digital Mike Novogratz mengharapkan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari 2024. 

Dia memperkirakan kripto tersebut akan mendapatkan kembali level tertinggi sepanjang masa di angka USD 69.000 dan tidak akan terkejut jika harga kripto melampaui tingkat harga tersebut.  

Bahkan, ia juga memperkirakan kemajuan dalam regulasi kripto AS sekaligus mengharapkan perubahan kepemimpinan di Departemen Keuangan dan SEC setelah pemilihan presiden mendatang.

Mike Novogratz membahas perspektifnya tentang pasar kripto dan ekspektasinya mengenai persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). 

"Kami akan mendapatkan ETF ini sebelum 10 Januari,” kata dia dikutip dari Bitcoin, Minggu (24/12/2023).

Novogratz menambahkan, ETF Bitcoin Spot kemungkinan akan memakan waktu enam hingga delapan minggu setelah persetujuan untuk memulai perdagangan.  “Setelah itu, hal itu hanya akan menjadi bahan bakar. Saham kripto diperdagangkan seperti maniak,” katanya. 

Sebelumnya, ia menguraikan dampak institusi yang memasukkan 1% portofolionya ke dalam bitcoin atau ETF Bitcoin Spot. 

"Tidak banyak pasokan bitcoin. Kami memiliki pelanggan yang merupakan pelanggan platform dan (mereka) membeli cukup banyak bitcoin setiap hari untuk mengeluarkan semua penambang,” katanya. 

"Ketika Anda memikirkan dinamika penawaran atau permintaan, kami belum benar-benar mengalami situasi tersebut, di mana Anda memiliki pasar global dan Anda memiliki persediaan yang terbatas sehingga menurut saya bitcoin bisa naik jauh lebih tinggi,” sambungnya. 

Dengan demikian, ia pikir perhentian pertama tahun depan akan menjadi harga tertinggi yang lama USD 69.000. “Namun, saya tidak akan terkejut jika angkanya melampaui itu,” tegasnya. 


UU Telah Dikenalkan di Kongres

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Menanggapi pernyataan CEO JPMorgan Jamie Dimon dan Senator Elizabeth Warren (D-MA) mengenai penggunaan kripto dalam pendanaan teroris, dia menunjukkan teori ini telah dibantah.  

"Ya, beberapa kripto digunakan untuk hal-hal buruk, tetapi tidak sebanyak fiat. Bank Jamie Dimon telah membayar denda USD 38 miliar sejak dia berada di sana USD 38 miliar.  Tambahkan semua perdagangan buruk dengan kripto, jumlahnya tidak mencapai USD 38 miliar, jadi haruskah kita melarang JPMorgan?,” imbuhnya. 

Mengenai undang-undang kripto, dia mencatat bahwa beberapa rancangan undang-undang telah diperkenalkan di Kongres.  “Ada sekelompok Demokrat dan Republik di D.C. yang ingin meloloskan undang-undang.  Ada dua undang-undang yang benar-benar akan memberi kita kerangka kerja yang baik seputar stablecoin dan kripto lainnya, dan Elizabeth Warren dan Biden White House lah yang menghentikannya,” katanya. 

Meskipun demikian, CEO Galaxy Digital yakin bahwa kemajuan akan dicapai setelah pemilihan presiden AS tahun depan. 

 "Saya pikir pasca pemilu ini, kita akan memiliki pemerintahan baru, baik dari Partai Demokrat atau Republik. Namun bahkan jika Biden menang, saya rasa akan ada Menteri Keuangan baru dan kepala SEC baru yang pada akhirnya akan membuat beberapa kemajuan,” tandasnya. 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya