Kripto Tornado Cash Catatkan Arus Masuk USD 1,9 Miliar di Semester I-2024

Platform mata uang kripto, Tornado Cash mencatatkan deposit senilai USD 1,9 miliar atau setara Rp 30,7 miliar pada semester-I 2024 ini.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 21 Jul 2024, 15:29 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 15:29 WIB
Ilustrasi Kripto. Foto: Freepik/Rawf8.com
Ilustrasi Kripto. Foto: Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kripto, mulai dari membelinya hingga menambang. Tapi ada cara lain yaitu melalui Faucet Kripto.Freepik/Rawf8.com

Liputan6.com, Jakarta Platform mata uang kripto, Tornado Cash mencatatkan deposit senilai USD 1,9 miliar atau setara Rp 30,7 miliar pada semester-I 2024 ini. Angka setoran ini meningkat sekitar 50 persen dari total deposito uang kripto tahun lalu.

Padahal, Tornado Cash sebelumnya mendapatkan sanksi dari otoritas Amerika Serikat pada 2022 lalu. Kala itu, sanksi yang dijatuhkan Kantor Kontrol Aset Luat Negeri (OFAC) membuat arus deposito Tornado Cash terjun hampir 90 persen.

Mengutip Cryptopotato, data terbaru yang dirilis perusahaan analisis blockchain, Flipside Crypto menunjukkan bahwa Tornado Cash menerima lebih dari USD 1,9 miliar dalam deposito hanya pada paruh pertama 2024. Ini setara peningkatan 50 persen dari total deposito sepanjang 2023.

Arkham Intelligence mencatat, peretas Poloniex Exchange, yang mencuri lebih dari USD 100 juta tahun lalu, mentransfer USD 76 juta ke Tornado Cash dalam dua bulan terakhir.

Demikian pula, Exploiters HECO Bridge dan Orbit Chain memindahkan USD 166 juta dan USD 47,7 juta ke platform itu tahun ini. Ini karena sifat desentralisasi Tornado Cash telah membuatnya menantang bagi otoritas AS untuk mengatur penggunaannya secara efektif.

Dirancang untuk menegakkan privasi, prinsip inti dari ruang crypto yang terdesentralisasi, protokol ini mencampur dana dari berbagai transaksi sebelum mendistribusikan ulang, sehingga mengaburkan sumber aslinya. Penekanan pada privasi ini, pada gilirannya, menjadikan tornado tunai pilihan yang menarik bagi individu yang ingin mencuci dana ilegal.

Dalam sebuah laporan baru -baru ini, perusahaan analitik blockchain Chainalysis juga mencatat peningkatan umum dalam aktivitas pasar dan kebangkitan layanan pencampuran pada tahun 2024.

“Ketika melihat pertumbuhan layanan pencampuran individu secara keseluruhan, kami melihat bahwa Wasabiwallet, Jointmarket, dan Tornado Cash telah tumbuh paling besar,” kata laporan itu, dikutip Minggu (21/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sanksi OFAC

Ilustrasi harga kripto (Foto By AI)
Ilustrasi harga kripto (Foto By AI)

Pada Agustus 2022 lalu, OFAC memberikan sanksi Tornado Cash setelah menilai kelompok peretasan Korea Utara Lazarus telah menggunakan platform itu untuk mencuci sekitar USD 455 juta dalam dana ilegal.

Sanksi OFAC mengharuskan siapa pun yang terlibat dengan Tornado Cash akan ditempatkan pada "daftar hitam," mencegah dompet mereka diterima di pertukaran crypto yang sesuai secara hukum.

Sanksi juga telah menyebabkan tantangan hukum dan peraturan yang signifikan untuk co-founder Tornado Cash, Alexey Pertsev, Roman Storm, dan Semenov Roman.

Pada 2023, Alexey Pertsev dijatuhi hukuman lima tahun dan empat bulan di sebuah penjara Belanda setelah dihukum dengan tuduhan pencucian uang.

Roman Storm ditangkap dengan tuduhan serupa di Amerika Serikat pada bulan Agustus dan mengaku tidak bersalah. Dia dibebaskan dengan obligasi USD 2 juta dan sejak itu mengajukan mosi untuk memberhentikan semua tuduhan pada 31 Maret. Salah satu pendiri ketiga, Roman Semenov, masih bebas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya