40 Tewas di 2 Ledakan Bom Nigeria, Ulah Boko Haram?

Sejauh ini belum jelas penyebab kedua ledakan yang terjadi di Kota Jos itu. Meski serangan sebelumnya dilakukan Boko Haram.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 12 Des 2014, 10:43 WIB
Diterbitkan 12 Des 2014, 10:43 WIB
Kota Jos kembali dilanda serangan bom yang menewaskan 40 orang. (VOA News)
Kota Jos, NIgeria kembali dilanda serangan bom yang menewaskan 40 orang. (VOA News)

Liputan6.com, Jos - Dua ledakan terjadi di dekat sebuah stasiun bus di Kota Jos, Nigeria tengah. Ledakan dari pembom bunuh diri itu dilaporkan menelan nyawa 40 orang.

"Sedikitnya 11 jenazah ditemukan pada lokasi ledakan pertama, dan 29 jenazah lainnya dilaporkan pada lokasi ledakan kedua," demikian diberitakan VOA News, Jumat (12/12/2014).

Sejauh ini belum jelas penyebab kedua ledakan yang terjadi dekat lokasi pemboman Mei lalu, yang menewaskan 118 orang dan dicurigai dilakukan kelompok militan Boko Haram.

Sebelumnya, hari Rabu 10 Desember, pembom bunuh diri menewaskan setidaknya empat orang di sebuah pasar Kota Kano -- kota kedua terbesar di Nigeria.

"Dua penyerang bunuh diri perempuan meledakkan bom di tempat parkir pasar Kantin Kwari di Kota Kano. Harian Daily Trust di Nigeria melaporkan paling tidak 12 orang lainnya cedera," ujar salah satu juru bicara polisi.

Sejauh ini belum ada yang mengaku bertanggungjawab. Meski kelompok radikal Boko Haram sebelumnya telah mengaku bertanggungjawab atas sejumlah serangan di Kano, termasuk pemboman masjid utama kota itu akhir bulan lalu yang menewaskan lebih dari 80 orang. (Tnt)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya