17-1-1929: 'Hari Lahir' Popeye si Pelaut

Hari ini tahun 1929, menjadi momentum kemunculan perdana tokoh Popeye si Pelaut atau Popeye the Sailor Man. Berikut kisahnya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 17 Jan 2015, 06:02 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2015, 06:02 WIB
Thimble Theatre Popeye. (Wikipedia)
Thimble Theatre Popeye. (Wikipedia)

Liputan6.com, New York - Tahukah Anda kapan Popeye si Pelaut atau Popeye the Sailor Man 'lahir'? Hari ini tahun 1929, ternyata adalah momen kemunculan perdananya.

Tokoh fiksi kartun Popeye pertama kali muncul dalam bentuk komik di harian Amerika Serikat King Features, Thimble Theatre. Ia lahir dari hasil kreasi seniman bernama Elzie Cisler Segar.

Sejak debut pertamanya, karakter Popeye yang memiliki bentuk mulut khas serta tangan berotot dengan tato jangkar, telah menarik perhatian. Bahkan menjadi salah satu yang paling populer dari King Features, selama tahun 1930-an.

Ciri khas lain Popeye adalah pipa cangklong yang dapat mengeluarkan bunyi seperti peluit kapal, serta gaya bicaranya yang seperti orang bergumam.

Pada tahun 1933, Max and Dave Fleischer Studios mengadaptasi karakter Thimble Theatre menjadi serial film kartun pendek Popeye the Sailor untuk Paramount Pictures. Film animasi ini terbukti menjadi salah satu yang paling populer dari tahun 1930-an, kemudian terus memproduksi sampai 1957.

Kartun pendek ini sekarang dimiliki oleh Turner Entertainment, anak perusahaan dari Time Warner, dan didistribusikan oleh perusahaan Warner Bros Entertainment.

Setelah kematian Segar pada tahun 1938, Thimble Theatre dilanjutkan oleh beberapa penulis dan seniman, terutama sang asisten Bud Sagendorf. Kemudian strip komik itu muncul di edisi hari Minggu, yang ditulis dan digambar oleh Hy Eisman.

Bertahun-tahun setelahnya, Popeye juga muncul di buku komik, kartun televisi, dan video game. Ratusan iklan dan produk bergambar si pelaut itu juga bermunculan.

Bahkan diproduksi dalam bentuk film live-action Popeye pada 1980, disutradarai oleh Robert Altman dan diperankan oleh komedian Robin Williams.

Setiap film animasi Popeye selalu melibatkan tiga tokoh utama selain si pelaut bertangan kekar, yakni Olive -- kekasih Popeye, serta musuh bebuyutan bernama Bluto.

Selain kemunculan perdana Popeye, pada tanggal yang sama tahun 1899 tercatat sebagai hari lahir Al Capone, seorang gangster Amerika.

Sementara pada 17 Januari 1773, Kapten James Cook dan krunya menjadi orang Eropa pertama yang berlayar di Antartika. (Tnt/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya