Tank Tempur AS Masuk Kota Perbatasan dengan Rusia

Militer Inggris juga ikut serta, seolah menunjukkan kesolidan Barat di hadapan Rusia.

oleh Rizki Gunawan diperbarui 26 Feb 2015, 00:30 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2015, 00:30 WIB
Tank Tempur AS Masuk Kota Perbatasan dengan Rusia
Militer Inggris juga ikut serta, seolah menunjukkan kesolidan Barat di hadapan Rusia.

Liputan6.com, Narva - Kendaraan militer Amerika Serikat melakukan parade melintasi Kota Narva di Estonia yang dekat dengan perbatasan Rusia. Letaknya sekitar 300 meter dari batas wilayah antara Estonia dengan Rusia.

Parade ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Estonia yang jatuh pada tanggal 24 Februari. Demikian yang dimuat Washington Post, Kamis (26/2/2015).

Dalam pawai tersebut, sejumlah anggota militer angkatan darat mengendarai kendaraan tempur, termasuk tank. Militer Inggris juga ikut serta, seolah menunjukkan kesolidan Barat di hadapan Rusia.

Narva adalah kota terbesar ke-3 yang terletak di paling utara Estonia. Kota ini berhadapan dengan Ivangorod, sebuah kota di Rusia yang ada di seberang Sungai Narva. Sebelum Perang Dunia II, Ivangorod (Jaanilinn) masih menjadi bagian Narva.

Sekitar 90 % penduduk Narva adalah orang Rusia, yang kebanyakan merupakan imigran dari bekas Uni Soviet maupun keturunannya.

Kota ini disebut sebagai salah satu target potensial Rusia jika negeri itu mengalihkan perhatiannya dari Ukraina ke negara-negara Baltik.

Amerika Serikat sebelumnya juga menggelar parade militer di Jalan Kota Riga, Latvia, negara yang juga bekas Uni Soviet seperti Estonia.

Di kawasan Baltik, AS dan negara Barat lainnya mendirikan pangkalan militer NATO yang bisa melancarkan sewaktu-waktu jika ada ancaman kepada negara mereka. (Riz)


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya