Sarkasme Membuat Kita Lebih Kreatif?

Sarkasme: humor pedas penentu kreativitas? (foto: Thinkgeek.com)

oleh Indy Keningar diperbarui 27 Jul 2015, 13:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2015, 13:30 WIB
Sarkasme Membuat Kita Lebih Kreatif?
Sarkasme: wujud kejenakaan terendah atau pemicu kreatifitas? (foto: Thinkgeek.com)

Liputan6.com, Jakarta Studi membuktikan, sarkasme membuat orang tiga kali lipat lebih kreatif.

Walau selama ini dianggap sebagai bentuk humor yang paling rendah karena hanya perlu mengungkapkan yang sebaliknya dari yang dimaksudkan, orang-orang sarkastis bisa jadi lebih cerdas dan kreatif.

Tim riset yang terdiri atas banyak lulusan sekolah bisnis AS (termasuk Harvard dan Instead) melakukan rangkaian eksperimen untuk menganalisis bagaimana sebuah komentar mempengaruhi kreativitas kita.

Setelah berbagai tes aneh dan rumit seperti menyalakan lilin dan memasangnya di dinding tanpa membiarkan lilin menetes ke lantai, sebuah studi menemukan bahwa mengungkapkan dan mendengar komentar sarkastis bermanfaat bagi proses kreatif.

Pemimpin riset, Dr. Li Huang, mengungkapkan pada Metro News: “Kami menemukan bahwa sarkasme bisa menstimulasi munculnya kreativitas, ide yang terus-menerus muncul, masukan atau solusi yang tidak biasa namun berguna.

“Oscar Wilde, sastrawan terkenal dari Irlandia, percaya bahwa sarkasme merepresentasikan bentuk humor rendahan, namun kami menemukan bahwa jenis humor ini mengkatalisasi bentuk pemikiran yang lebih tinggi.”

Dalam eksperimen yang dilakukan, 300 orang dikumpulkan untuk melakukan tugas mengurusi lilin tersebut setelah mengatakan dan menerima komentar sarkastis.

Level kreativitas mereka diukur dan studi menunjukkan 64 persen dari partisipan yang melontarkan komentar sarkastis mampu menemukan solusi yang kreatif dan menyelesaikan tugas. Sementara, mereka yang menerima komentar sarkastis mendapat hasil yang lebih baik, dengan 75 persennya menyelesaikan tugas.

Sayang, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa eksperimen ini harus menggunakan lilin dan bukannya benda lain. (Ikr/hdy)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya