2 Diplomat China Dibunuh di Sebuah Restoran di Filipina

Aparat keamanan sudah menahan satu pasangan asal China, termasuk seorang perempuan yang dicurigai melepaskan tembakan.

oleh Rinaldo diperbarui 22 Okt 2015, 04:51 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2015, 04:51 WIB
Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi Pembunuhan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Cebu - 2 Diplomat China ditembak mati dan seorang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden di sebuah restoran di Kota Cebu, Filipina.

Mereka yang ditembak mati adalah Wakil Konsul Jenderal dan seorang diplomat di bagian ekonomi. Adapun yang mengalami luka-luka adalah Konjen Song Ronghua.

Penembakan terjadi di Lighthouse, restoran populer yang menyajikan masakan Filipina. Satu ruang khusus disewa oleh rombongan diplomat China untuk merayakan ulang tahun Konjen Song Ronghua.

Beberapa pelayan restoran, kata manajer restoran, Stephen John Patero, mendengar para tamu saling berteriak sebelum terdengar serangkaian tembakan.

Menurut Kepala Kepolisian Cebu, Prudencio Tom Banas, Song Ronghua sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan kondisinya stabil setelah peluru menembus lehernya.

Disebutkan bahwa aparat keamanan sudah menahan satu pasangan asal China, termasuk seorang perempuan yang dicurigai melepaskan tembakan.

"Kami menahan tersangka, seorang perempuan China, tetapi kami memerlukan penerjemah untuk mewawancarainya tentang apa yang sebenarnya terjadi," kata Banas seperti dikutip BBC, Kamis (22/10/2015).

Hingga kini motif pembunuhan masih dalam penyelidikan. Yang jelas, perempuan tersebut diketahui bekerja di Konsulat Jenderal China di Cebu.

Sementara itu, juru bicara Kedutaan Besar China di Manila, Li Lingxiao, mengatakan belum bisa memberikan keterangan sebab pihaknya sedang menggali fakta di lapangan. (Ado/Mar)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya