Terkait Kudeta, Atase Militer Turki di Kuwait Diringkus

Ankara kini memuat daftar diplomat militer yang terkait dengan kudeta Turki.

oleh Arie Mega Prastiwi diperbarui 18 Jul 2016, 13:39 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2016, 13:39 WIB
20160716-Pendukung Erdogan Rayakan Kegagalan Upaya Kudeta Militer di Turki-Istanbul
Pendukung Presiden Turki, Tayyip Erdogan meneriakkan slogan saat berdiri di sekitar Monumen Republik, pusat kota Istanbul, Sabtu (16/7). Ratusan warga turun ke jalan untuk merayakan kegagalan kudeta militer di Turki. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Liputan6.com, Kuwait - Atase militer Turki di Kuwait diringkus di salah satu bandara di Arab Saudi. Ia yang tengah persiapan menuju Eropa, diduga kuat terkait kudeta di negeri pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Seperti dilansir dari Tass, Senin (18/7/2016), Ankara kini memuat daftar diplomat militer yang terkait dengan kudeta dan da. Atase yang tak disebutkan namanya itu, ditangkap saat berada di bandara al-Dammam di timur Arab Saudi.

Sejauh ini rezim Erdogan telah menahan 6.000 orang terkait kudeta militer gagal. Ia bersumpah akan membasmi para pembangkang serta mengganjar 'bayaran' yang mahal.

Militer yang ditangkap termasuk Komandan Pangkalan Incirlik, Jenderal Bekir Ercan Van. Amerika Serikat menggunakan bandara militer itu untuk meluncurkan serangan udara atas ISIS di Irak dan Suriah.

Perintah penahanan juga telah dikeluarkan untuk Ali Yazici, pembantu senior militer Presiden Erdogan, demikian dikabarkan Andalou, seperti dikutip dari CNN.

Malam horor kudeta militer Turki pada 16 Juli terjadi di Ankara dan Istanbul. Para pembangkang mencoba menggulingkan pemerintahan yang sah.

Menurut data terakhir 200 orang tewas dan 1.440 terluka.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya