Bom Kembar di Ambulans Irak, 21 Orang Tewas

Serangan kembar itu berlangsung di Tikrit dan Samarra, ketika pasukan Irak dan pasukan keamanan berjuang untuk ISIS.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Nov 2016, 09:47 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2016, 09:47 WIB
Kota Samara di Irak. (Reuters)
Kota Samara di Irak. (Reuters)

Liputan6.com, Tikrit - Seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di dalam ambulans. Pelaku meledakkannya di dalam kendaraan, di sebuah pos pemeriksaan dan area parkir untuk peziarah Syiah di dua kota Irak pada Minggu, 6 November 2016 waktu setempat.

"Ledakan bom menewaskan sedikitnya 21 orang dan melukai puluhan lainnya," kata para pejabat seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (7/11/2016).

Serangan kembar itu berlangsung di Tikrit dan Samarra, ketika pasukan Irak dan pasukan keamanan berjuang untuk merebut kembali kota utara Mosul dari ISIS. Wilayah itu telah dikuasai lebih dari dua tahun.

ISIS muncul dan menjadi bagian dari serangkaian konflik antara Sunni dan Syiah, yang melanda kota Kirkuk. Kota kaya minyak itu dikendalikan Kurdi selama perebutan Mosul dalam tiga pekan terakhir.

Kantor berita ISIS, Amaq mengatakan serangan itu dilakukan oleh kelompok militannya.

Di Tikrit, bomber meledakkan bahan peledak dengan media ambulans di pintu masuk selatan ke kota pada jam sibuk pagi hari. "Menewaskan 13 orang," kata polisi dan sumber rumah sakit.

Penyerang lain meledakkan kendaraan di tempat parkir mobil peziarah yang mengunjungi salah satu tempat suci Islam Syiah, Masjid al-Askari di Samarra, sebelah selatan Tikrit.

"Bom itu menewaskan sedikitnya delapan orang, termasuk dua peziarah Iran. Perintah operasi lokal, militer dan polisi gabungan, mengatakan kendaraan yang digunakan di Samarra juga ambulans," ujar pejabat setempat.

Pihak berwenang di kedua kota menyatakan saat ini tengah diberlakukan jam malam, khawatir terjadi serangan lanjutan.

Amaq mengatakan dua pengebom bunuh diri menyerang di Samarra, yang pertama meledakkan sebuah bom mobil dan kedua mengaktifkan sebuah bahan peledak rompi di antara sekelompok orang yang selamat dari ledakan pertama. Sementara serangan di Tikrit itu dilakukan oleh seorang pengebom mobil tunggal.

Pasukan Irak dan pasukan keamanan, yang didukung oleh koalisi internasional yang dipimpin AS tengah berjuang keras merebut Mosul dari ISIS. Pasukan khusus telah memasuki distrik timur, di mana mereka menghadapi perlawanan sengit dari kelompok militan yang mengerahkan bom mobil, penembak jitu dan mortir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya