China Yakin Bisa Menang Melawan Wabah Virus Corona

Pemerintah China optimistis bisa melawan wabah Virus Corona Wuhan.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 31 Jan 2020, 13:37 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2020, 13:37 WIB
Kota Wuhan, China, awal mula virus corona menyebar.
Kota Wuhan, China, awal mula virus corona menyebar. (Source: AFP/ H. Retamal)

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Republik Rakyat China menjamin bisa menjinakkan Virus Corona yang berasal dari Wuhan. Langkah paling maksimal terus dijalankan China dalam melawan virus ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying berkata pemerintah China telah melakukan tindak pencegahan yang paling komprehensif sebelum virus ini ditetapkan sebagai wabah global oleh WHO. Kesehatan rakyat menjadi prioritas utama.

"Kami memiliki kepercayaan diri dan kapabilitas penuh untuk memenangkan pertempuran melawan wabah ini," ujarnya seperti dikutip media pemerintah China X inhua, Jumat (31/1/2020).

Pihak China juga menyebut sudah mengambil langkah-langkah yang lebih banyak di luar apa yang diminta regulasi kesehatan internasional. Dari segi kedokteran, China juga tetap transparan terkait Virus Corona.

WHO juga sudah berkunjung ke Wuhan untuk membahas Virus Corona. Pemerintah China juga berkata PBB dan WHO memberikan kepercayaan kepada usaha China.

Media China juga mengutip pernyataan berbagai kepala negara yang mengapresiasi kapabilitas China melawan virus ini, termasuk dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan Presiden AS Donald Trump.

"WHO dan banyak negara telah mengakui dan memuji ini," ujar Hua Chunying.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Petugas Kesehatan Sosialisasi ke Lapangan

Situasi Wuhan Saat Diisolasi Akibat Virus Corona
Orang-orang berjalan melewati Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)

Petugas kesehatan di China juga terpantau melakukan sosialisasi ke lapangan. Kegiatan ini tak hanya berlangsung di Wuhan, melainkan berbagai daerah.

Di stasiun kereta di Nanchang, provinsi Jiangxi, dokter mengajarkan cara menggunakan masker kepada anak-anak. Dokter itu memakai baju pengamanan kesehatan yang lengkap.

Petugas kesehatan juga memeriksa kendaraan di dekat wilayah Tibet. Warga desa di wilayah Xining, provinsi Qinghai, sampai ikut menyempor disinfektan untuk kendaraan yang masuk ke desa mereka.

Penumpang mobil di Hefei, provinsi Anhui, juga diperiksa temperatur tubuhnya oleh petugas kesehatan. China pun memastikan melakukan langkah pencegahan di seluruh daerah. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya