Berhasil Atasi Ebola, Ini Pesan dari Eks Presiden Liberia Melawan Corona COVID-19

Mantan Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf telah berhasil berjuang melawan wabah ebola. Ini pesannya untuk dunia dalam menangani hal serupa yang kini terjadi, yaitu Virus Corona COVID-19.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 30 Mar 2020, 14:31 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2020, 14:31 WIB
Ellen Johnson Sirleaf, terpilih sebagai Presiden Liberia sekaligus jadi pemimpin wanita pertama di Afrika.
Ellen Johnson Sirleaf, terpilih sebagai Presiden Liberia sekaligus jadi pemimpin wanita pertama di Afrika. (Source: AP Photo/ Olamikan Gbemiga)

Liputan6.com, Monrovia - Ellen Johnson Sirleaf membuat sejarah sebagai presiden perempuan terpilih pertama di Afrika. Ia telah memimpin Liberia selama 12 tahun termasuk selama wabah Ebola pada tahun 2014-2016 yang menewaskan hampir 5.000 orang di negaranya.

Dilansir dari BBC, Senin (30/3/2020), ini pesannya kepada dunia dalam menangani pandemi Virus Corona COVID-19:

 

Saudara sesama warga dunia yang terkasih

Pada 19 Oktober 2014, di puncak wabah Ebola yang mematikan di Afrika Barat, ketika 2.000 warga negara saya telah meninggal dan infeksi berkembang secara eksponensial, saya menulis surat kepada dunia untuk memohon mobilisasi personel dan sumber daya.

Saya menuntut persatuan global untuk mencegah apa yang kami khawatirkan sebagai pandemi di seluruh dunia.

Hari ini, saya mengambil kesempatan ini untuk mengangkat suara saya dalam pesan solidaritas.

Hampir enam tahun yang lalu, saya menjelaskan bagaimana ekonomi pasca-konflik Liberia, dan sistem perawatan kesehatannya yang rapuh, membuatnya rentan terhadap penyebaran penyakit yang cepat, dan saya berpendapat bahwa bagaimana dunia menanggapi krisis lokal di Afrika Barat, akan menentukan kolektif kita keamanan kesehatan.

Saya berpendapat bahwa penularan yang tidak terkendali, di mana pun di dunia ini, dan tidak peduli seberapa terlokalisasi, merupakan ancaman bagi seluruh umat manusia.

Dunia merespons secara positif. Dan melakukannya dengan berani.

Mobilisasi massa sumber daya yang dipimpin oleh PBB, Organisasi Kesehatan Dunia, dan AS mengikuti. Kami mengalahkannya bersama. Sebagai hasilnya, hari ini ada vaksin eksperimental yang efektif dan antivirus berkat kolaborasi dari para ilmuwan ilmiah terbaik di seluruh dunia.

Dalam menghadapi wabah Virus Corona COVID-19, saya mengajukan permohonan serupa kepada sesama warga dunia. Saya melakukan ini dengan kesadaran yang mendalam bahwa sementara negara-negara Afrika sejauh ini telah terhindar dari yang terburuk, hanya masalah waktu sampai ia mengalahkan benua yang paling tidak siap untuk melawannya.

Kita harus bertindak untuk memperlambat, memutus rantai transmisi, dan meratakan kurva.

Jelas bahwa penyimpangan dilakukan sebagai respons awal terhadap virus, dari Asia ke Eropa, ke Amerika.

Isyarat tidak terjawab. Waktu terbuang sia-sia.

Informasi disembunyikan, diminimalkan, dan dimanipulasi. Kepercayaan hancur.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Pernah Lakukan Kesalahan yang Sama

Salah satu wabah Ebola terburuk di dunia meneror Republik Demokratik Kongo selama 2018 (AP/Al-hadji Kudro Maliro)
Salah satu wabah Ebola terburuk di dunia meneror Republik Demokratik Kongo selama 2018 (AP/Al-hadji Kudro Maliro)

Dalam lanjutan suratnya, Ellen mengakui bahwa ia melakukan kesalahan yang sama pada waktu itu. Ia pun mengajak bahwa ini saatnya untuk memperbaiki kesalahan tersebut. 

Katanya, aturan pembatasan pergerakan masyarakat serta penutupan wilayah merupakan keputusan paling bijak, tidak hanya untuk negara itu sendiri, namun juga seluruh dunia. 

Ellen pun yakin, dengan kerja sama yang kuat antar negara di seluruh dunia, Virus Corona COVID-19 mampu dikalahkan, layaknya apa yang ia perbuat terhadap wabah Ebola beberapa tahun lalu. 

 

Saya memiliki keyakinan penuh pada semangat individu yang tiada henti, keyakinan bahwa para pemimpin muncul pada masa krisis di setiap tingkat masyarakat, dan bahwa perbedaan agama dan komunal kita pucat dibandingkan dengan kepercayaan kolektif kita pada kekuatan doa, dan masing-masing kita untuk percatya terhadap Tuhan.

Ketika kita semua merunduk dalam beberapa minggu ke depan, saya berdoa untuk kesehatan dan kesejahteraan warga global kita, dan saya meminta agar semua orang ingat bahwa kemanusiaan kita sekarang bergantung pada kebenaran hakiki bahwa kehidupan yang dijalani dengan baik adalah kehidupan untuk melayani orang lain. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya