China Diberi Tenggat Waktu 72 Jam oleh AS untuk Tutup Konsulatnya di Houston

Pihak AS memberi waktu hanya 72 jam bagi China untuk menutup konsulatnya.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 23 Jul 2020, 10:55 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2020, 09:30 WIB
Pemadam kebakaran di luar konsulat Tiongkok pada 22 Juli 2020 di Houston.
Pemadam kebakaran di luar konsulat Tiongkok pada 22 Juli 2020 di Houston. (Foto: AP / David J Phillip)

Liputan6.com, Houston - Amerika Serikat hanya memberi China waktu selama 72 jam untuk menutup konsulatnya di Houston di tengah tuduhan kegiatan mata-mata. Hal ini pun tentu menandai kemunduran dramatis dalam hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Melansir Channel News Asia, Kamis (23/7/2020), kementerian luar negeri China menyebut langkah itu sebagai suatu "eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya" dan mengancam akan melakukan pembalasan yang tidak ditentukan. 

Juru bicara Kementerian Hua Chunying mengatakan bahwa Kedutaan Besar China di Amerika Serikat telah menerima "ancaman bom dan kematian" karena "noda & kebencian" yang dipancarkan oleh Washington.

"AS harus mencabut keputusannya yang salah," tulisnya di Twitter. 

"China pasti akan bereaksi dengan tindakan tegas."

Penguasa Partai Komunis di Beijing sedang mempertimbangkan untuk menutup konsulat AS di pusat kota Wuhan sebagai pembalasan, kata sebuah sumber dengan pengetahuan tentang masalah tersebut.

Departemen Luar Negeri mengatakan misi China di Houston ditutup "untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi Amerika".

Langkah ini dilakukan menjelang pemilihan presiden AS November, di mana Presiden Donald Trump dan saingan Demokratnya, Joe Biden, keduanya berusaha terlihat tangguh dalam menanggapi China.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tuduhan Mata-Mata

Menlu AS Mike Pompeo (AP PHOTO / Pool)
Menlu AS Mike Pompeo (AP PHOTO / Pool)

Berbicara dalam kunjungan ke Denmark, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengulangi tuduhan tentang pencurian oleh China atas kekayaan intelektual AS dan Eropa, yang katanya menelan biaya "ratusan ribu pekerjaan."

Sementara tidak memberikan rincian tentang konsulat Houston, Pompeo merujuk pada dakwaan Departemen Kehakiman AS pada hari Selasa atas dua warga negara China atas apa yang disebutnya kampanye spionase maya selama satu dekade yang menargetkan kontraktor pertahanan, peneliti COVID-19 dan ratusan korban lainnya di seluruh dunia.

"Presiden Trump telah mengatakan: 'Cukup. Kami tidak akan membiarkan ini terus terjadi,'" kata Pompeo kepada wartawan. 

"Itulah tindakan yang menurut Anda diambil oleh Presiden Trump, kami akan terus terlibat dalam hal ini."

Senator Republik Marco Rubio, penjabat ketua Komite Intelijen Senat, menggambarkan konsulat Houston di Twitter sebagai "simpul pusat dari jaringan mata-mata & pengaruh besar Partai Komunis di Amerika Serikat".

The New York Times mengutip diplomat top AS untuk Asia Timur, David Stilwell, yang mengatakan bahwa konsulat Houston telah berada di "pusat" upaya tentara Tiongkok untuk memajukan keunggulan perangnya dengan mengirim siswa ke universitas-universitas AS.

"Kami mengambil langkah praktis untuk mencegah mereka melakukan itu," kata Stilwell.

Seorang diplomat China, yang berbicara dengan syarat anonim, membantah tuduhan mata-mata itu dan mengatakan misi Houston bertindak seperti konsulat China lainnya di Amerika Serikat - mengeluarkan visa, mempromosikan kunjungan dan bisnis. Namun, diplomat itu mengatakan bahwa tidak jelas mengapa Houston menjadi sasaran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya