Populer di Tengah Pandemi COVID-19, Lockdown Dinobatkan Jadi Word of The Year 2020

Kamus The Collins English Dictionary menobatkan kata lockdown sebagai Word of The Year 2020.

oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com diperbarui 11 Nov 2020, 16:33 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2020, 15:49 WIB
Potret Inggris yang Kembali Masuki Masa Lockdown
Seorang pria bersepeda melewati deretan toko yang tutup di Leeds, Inggris, pada 5 November 2020. Inggris memasuki karantina wilayah (lockdown) selama sebulan mulai Kamis (5/11) untuk meredam merebaknya kembali penularan virus corona. (Xinhua/Jon Super)

Liputan6.com, Jakarta- Kamus The Collins English Dictionary menobatkan kata "lockdown" yang digunakan untuk penguncian wilayah sebagai pencegahan menyebarnya COVID-19, sebagai Word of The Year 2020.

Menurut kamus Collins, penggunaan kata lockdown melonjak dari 4.000 pada 2019, menjadi lebih dari seperempat juta pada 2020, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (11/11/2020).

Kata lockdown mengacu pada "tindakan penutupan wilayah yang diterapkan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk mengurangi penyebaran COVID-19."

Meski kepopuleran masih diraih oleh kata lockdown, ada beberapa kata populer terkait pandemi COVID-19 lainnya yang juga muncul seperti "jarak sosial" dan "Virus Corona".

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Kepopuleran juga Diraih oleh Sebutan Megxit dan BLM

Potret Inggris yang Kembali Masuki Masa Lockdown
Papan informasi publik untuk menggalakkan upaya pencegahan COVID-19 terlihat di Leeds, Inggris, pada 5 November 2020. Inggris memasuki karantina wilayah (lockdown) selama sebulan mulai Kamis (5/11) untuk meredam merebaknya kembali penularan virus corona. (Xinhua/Jon Super)

Namun, tidak semua pesaing kata lockdown terkait dengan pandemi. Adapun kata populer lainnya seperti "BLM" atau yang dikenal sebagai Black Lives Matter, dan "Megxit" yang juga bersaing pada 2020.

Istilah Megxit, mengacu pada keputusan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, untuk meninggalkan Keluarga Kerajaan Inggris.

Lockdown, "Dengan bunyi suku katanya yang keras dan dikaitkan dengan situasi yang lebih berat, adalah kondisi yang paling kita takuti pada tahun 2020 - keadaan stasis nasional, di mana hampir semua bentuk kehidupan publik yang normal ditangguhkan,"  demikian menurut rilis pers dari kamus tersebut. 


Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya