Kebakaran Hutan Landa 10 Negara Bagian di Barat AS, Banyak Warga Kehilangan Rumah

Kebakaran hutan melanda 10 negara bagian di wilayah Barat AS pada Selasa (13/7).

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Jul 2021, 08:33 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2021, 08:30 WIB
Kebakaran Hutan Hebat Landa California
Gumpalan asap membubung di atas jalan raya saat kebakaran di Hutan Nasional Plumas, California (8/7/2021). Kebakaran kali ini merusak 91 bangunan. (AP Photo/Noah Berger)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan membakar rumah-rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi di 10 negara bagian di wilayah Barat Amerika Serikat pada Selasa (13/7). 

Kebakaran hutan akibat kekeringan yang terbesar, melanda Negara Bagian Oregon. Bencana itu juga mengancam sebagian pasokan listrik di California.

Hampir 60 kebakaran hutan menghanguskan kayu kering dan semak belukar dari Negara Bagian Alaska hingga Wyoming, menurut National Interagency Fire Center, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (14/7/2021).

Negara Bagian Arizona, Idaho dan Montana menyumbang lebih dari setengah kebakaran besar yang aktif.

Kebakaran akibat kekeringan itu terjadi saat wilayah Barat AS dilanda suhu panas yang tinggi dan berbahaya dalam beberapa pekan terakhir.

Para ilmuan menyebut, kekeringan besar yang dipicu oleh perubahan iklim juga berkontribusi pada kondisi yang membuat kebakaran hutan semakin berbahaya.

The National Weather Service mengatakan bahwa gelombang panas telah mencapai puncaknya di banyak daerah di AS, dan peringatan suhu panas yang berlebihan diperkirakan akan berakhir pada Selasa malam.

"Sementara kami dengan bersemangat mengantisipasi tren pendinginan selama beberapa hari ke depan, kami masih memiliki hari yang panas untuk dilalui," kata kantor cuaca Medford, di Oregon.

Kebakaran terbesar di AS terjadi di kawasan pedesaan di Oregon.

The Bootleg Fire - yang telah merusak sekitar 818 kilometer persegi, area yang lebih besar dua kali dari ukuran Portland - mengancam sekitar 2.000 rumah, menurut pejabat pemadam kebakaran negara bagian itu.

Kebakaran itu telah merusak sekitar 21 rumah warga serta bangunan kecil lainnya, kata seorang juru bicara pemadam kebakaran bernama Daniel Omdal.

Petugas pemadam kebakaran juga berjuang untuk menangani kebakaran yang terjadi di Hutan Nasional Fremont-Winema, dekat kota Sungai Sprague di Distrik Klamath.

"Kami berada di bawah kondisi cuaca ekstrem. Kelembabannya rendah, bahannya sangat mudah terbakar dan semua itu menyediakan kondisi untuk kebakaran yang signifikan," beber Omdal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebakaran Hutan di California, Nevada, Hingga Idaho

Kebakaran Hutan Hebat Landa California
Kepulan asap dan api membubung di atas saat kebakaran di Hutan Nasional Plumas, California (8/7/2021). Dalam kurun waktu satu minggu ini telah terjadi 3 kebakaran besar. Lebih dari 70 persen dapat dikendalikan. (AP Photo/Noah Berger)

Kebakaran tersebut mengganggu layanan pada tiga saluran listrik yang menyediakan hingga 5.500 megawatt listrik di California, dan operator jaringan listrik negara bagian itu telah meminta penanganan oleh konservasi daya sukarela pada Senin malam.

Di California Utara, kobaran api yang dipicu oleh sambaran petir yang dijuluki Beckwourth Complex - menyebabkan kobaran api hingga 26 persen.

Perintah evakuasi juga diberlakukan untuk lebih dari 3.000 penduduk di daerah utara yang terpencil dan negara bagian Nevada.

Kebakaran hutan juga terjadi pada 11 Juli di Sierra, Nevada selatan, dan area Taman Nasional Yosemite.

Di tempat lain, kebakaran hutan yang terjadi saat badai petir di tenggara Washington mencapai 223 kilometer persegi. 

Terjadi juga kebakaran akibat kekeringan di wilayah barat Winthrop - menutup akses Jalan Raya Cascades Utara - rute paling utara melalui Cascade Range.

Jalan ini menyediakan akses ke Taman Nasional Cascades Utara dan Area Rekreasi Nasional Danau Ross.

Di Idaho, Gubernur Brad Little memobilisasi Pasukan Garda Nasional untuk membantu memerangi kebakaran ganda yang dipicu oleh sambaran petir - menghanguskan hampir 62 kilometer persegi kayu kering di daerah terpencil yang dilanda kekeringan.


Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala COVID-19

Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala COVID-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya