Top 3: Harga Makanan di Kabul Meroket Usai Taliban Kuasai Afghanistan

Top 3 berita global: melonjaknya harga di Kabul, proses evakuasi di Afghanistan, dan situasi COVID-19 di Indonesia.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 24 Agu 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2021, 18:00 WIB
Kehidupan di Afghanistan Usai Taliban Berkuasa
Perempuan Afghanistan dengan burqa berjalan di sebuah jalan di Kabul, pada Minggu (22/8/2021). Taliban merebut kembali kendali Afghanistan, hampir dua dekade setelah mereka digulingkan koalisi pimpinan AS. (AP Photo/ Rahmat Gul)

Liputan6.com, Jakarta - Warga Afghanistan kini tidak hanya menghadapi masalah politik dan sosial usai Taliban berkuasa. Harga bahan-bahan pangan juga meningkat. 

Kondisi dipersulit dengan tutupnya bank, serta tergerusnya dukungan dari internasional. Pemerintahan Afghanistan sebelum Taliban mendapat sokongan dari Amerika Serikat yang sejauh ini menolak mengakui Taliban. 

Berita mengenai kondisi di Afghanistan menjadi kabar yang paling disorot pembaca kanal global di Liputan6.com, Selasa (24/8/2021). 

Selain kondisi masyarakat, kabar mengenai evakuasi juga menarik perhatian publik. 

Kasus COVID-19 di Asia Tenggara juga menjadi sorotan karena angkanya yang tertinggi di dunia. Berikut daftar beritanya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Harga Pangan Naik di Kabul

FOTO: Taliban Duduki Istana Kepresidenan Afghanistan
Pejuang Taliban menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Seorang pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebut Presiden Afghanistan Ghani telah pergi ke Tajikistan. (AP Photo/Zabi Karimi)

Mengutip Channel News Asia, kekhawatiran sehari-hari tentang makanan dan sewa menambah ketidakpastian di negara yang ekonominya rapuh tersebut. Situasi pun semakin dihancurkan oleh hilangnya dukungan internasional.

Selama seminggu, seorang mantan polisi mengatakan dia mencoba menjual beberapa cincin dan sepasang anting-anting milik istrinya, tetapi seperti banyak bisnis, pasar emas ditutup dan dia tidak dapat menemukan pembeli. 

 

Baca selengkapnya...


2. Pentagon Evakuasi 16 Ribu Orang Per Hari di Kabul

Selamatkan Diri dari Taliban, Warga India Ramai-Ramai Tinggalkan Afghanistan
Warga negara India duduk di atas pesawat militer India untuk dievakuasi setelah pengambilalihan Afghanistan oleh pejuang Taliban di bandara di Kabul (17/8/2021). Sebagian kecil warga India tetap di negara tersebut dan tengah diupayakan untuk dibawa kembali oleh pihak berwenang. (AFP Photo)

Sekitar 16.000 orang dievakuasi selama 24 jam terakhir dari Afghanistan melalui bandara Kabul. Hal itu disampaikan oleh Pentagon pada Senin (23/8), ketika AS berupaya menyelesaikan pengangkutan udaranya dengan batas waktu 31 Agustus.

Jenderal Hank Taylor mengatakan sebanyak 61 penerbangan militer, komersial dan charter yang melibatkan sejumlah negara, terbang keluar dari Bandara Internasional Hamid Karzai dalam 24 jam hingga pukul 03.00 pagi waktu setempat pada Senin (23/8). 

Baca selengkapnya...


3. Kematian Akibat COVID-19 di Asia Tenggara Tertinggi Sedunia

Suasana Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan
Petugas memakamkan jenazah korban Covid-19 di TPU Rorotan Cilincing, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Pemakaman jenazah dengan protokol covid-19 terus meningkatdalam satu pekan terakhir, seiring dengan lonjakan kasus corona di Ibu kota. (merdeka.com/Imam Buhori)

Belum meratanya distribusi vaksin COVID-19 di tengah lonjakan kasus akibat varian Delta, membuat Asia Tenggara mencetak angka kematian tertinggi di dunia. Menurut data John Hopkins University, Asia Tenggara dalam dua minggu terakhir mencatat sekitar 38.522 kematian akibat COVID-19.

Federasi Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah (IFRC) menyatakan, lonjakan kasus COVID-19 berdampak pada kapasitas rumah sakit di Vietnam, Malaysia, hingga Myanmar yang disebabkan peningkatan kekhawatiran pada angka kematian yang mungkin akan melonjak karena penyebaran virus yang pesat di area perkotaan. 

 

Baca selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya