AS Hengkang dari Afghanistan, Parade Taliban Pamer Jarahan Kendaraan Militer Milik Pasukan AS

Kelompok militan Taliban menunjukkan alat militer milik pasukan AS yang berhasil direbut.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 02 Sep 2021, 15:28 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2021, 15:28 WIB
FOTO: AS Angkat Kaki, Pasukan Taliban Kuasai Bandara Kabul
Pasukan Taliban berjaga-jaga dalam Bandara Internasional Hamid Karzai setelah penarikan Amerika Serikat (AS) di Kabul, Afghanistan, Selasa (31/8/2021). Taliban memegang kendali penuh atas Bandara Kabul setelah pesawat AS terakhir meninggalkan landasan pacu. (AP Photo/Kathy Gannon)

Liputan6.com, Jakarta - Taliban pada Rabu (1/9) mengarak beberapa perangkat militer yang mereka rebut selama pengambilalihan Afghanistan, ketika sebuah tim dari Qatar mendarat di bandara Kabul -- ini merupakan langkah pertama untuk mengembalikan fasilitas itu dan sebagai jalur bantuan.

Penerbangan Qatar Airways, yang pertama mendarat di Kabul sejak AS menarik diri dari Afghanistan pada hari Senin, membawa tim ahli teknis untuk bekerja di bandara, kata seorang sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada AFP.

Tujuannya adalah untuk melanjutkan penerbangan bantuan, setelah PBB memperingatkan "bencana kemanusiaan" yang menjulang di Afghanistan yang dilanda perang, dan untuk memberikan jalan keluar bagi mereka yang ingin melarikan diri dari rezim baru.

Pembicaraan sedang berlangsung tentang siapa yang sekarang akan menjalankan bandara. Hal ini hanya salah satu dari banyak tantangan menakutkan yang dihadapi Taliban saat mereka beralih dari kelompok pemberontak ke kekuasaan pemerintahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Parade Kemenangan Taliban

Potret Pasukan Khusus Taliban
Pasukan khusus Taliban tiba di dalam Bandara Internasional Hamid Karzai setelah penarikan militer AS, di Kabul, Afghanistan, Selasa (31/8/2021). Taliban menguasai penuh bandara internasional Kabul pada Selasa, setelah pesawat AS meninggalkannya landasan pacu. (AP Photo/Khwaja Tawfiq Sediqi)

Kelompok Taliban merayakan penarikan AS sebagai kemenangan bersejarah setelah menguasai Afghanistan dua minggu lalu.

Kedatangan Taliban di Kabul mengakhiri serangan selama dua minggu yang mencengangkan di seluruh negeri dan mengakhiri aksi pemberontakan mereka selama 20 tahun.

Pada hari Rabu, barisan panjang mobil Humvee hijau dan kendaraan tempur lapis baja melaju dalam satu barisan di sepanjang jalan raya di luar Kandahar sebagai tempat kelahiran spiritual gerakan militan, sambil mengibarkan bendera putih-hitam Taliban.

Sebuah helikopter terbang di atas membuntuti standar Taliban saat para anggotanya yang mengenakan penutup kepala melambai di bawahnya.

Setidaknya satu helikopter Black Hawk terlihat terbang di atas Kandahar dalam beberapa hari terakhir, menunjukkan seseorang dari mantan tentara Afghanistan berada di kemudi karena Taliban kekurangan pilot.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan:

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya