Menlu AS Antony Blinken Bakal ke Jakarta Indonesia, Ini Sederet Misinya

Sejumlah negara di Asia masuk dalam daftar lawatan resmi Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony J. Blinken pada 9-17 Desember 2021, salah satunya Indonesia.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 09 Des 2021, 10:36 WIB
Diterbitkan 09 Des 2021, 10:26 WIB
Antony Blinken. (AFP)
Antony Blinken. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony J. Blinken akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Sejumlah negara di Asia masuk dalam daftar lawatan resminya, salah satunya Indonesia. Lainnya adalah Malaysia dan Thailand.

Dua negara lain yang akan Antony Blinken kunjungi dalam lawatan yang dijadwalkan pada 9-17 Desember 2021 adalah Inggris, dan Hawaii.

 

"Menlu Blinken akan mengawali perjalanan dengan mengunjungi Liverpool, Inggris, pada 10-12 Desember untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7. Menlu berharap untuk berbincang dengan anggota G7 dan negara-negara lain yang tergabung sebagai tamu undangan, termasuk Australia, India, Korea Selatan, dan anggota-Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)," ujar pernyataan pers juru bicara Deplu AS, Ned Price seperti disampaikan Kedutaan Besar AS di Jakarta yang dikutip Kamis (9/12/2021).

"Menlu Blinken akan membahas berbagai isu, termasuk geopolitik dan keamanan, pasukan Rusia yang membangun kekuatan di perbatasan Ukraina, pembangunan infrastruktur melalui prakarsa Build Back Better World (B3W), vaksin COVID-19 dan keamanan kesehatan global, serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Indo-Pasifik," imbuh Ned Price.

Setelah itu, sambung Ned Price, Menlu AS Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand, pada 13-16 Desember. Sederet misi penting telah dipersiapkan olehnya dalam kunjungan ke negara Asia ini.

"Di Jakarta, Menlu akan menyampaikan pidato tentang kawasan Indo-Pasifik yang signifikan dan menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia," tuturnya lagi.

Di Malaysia, Menlu Blinken dijadwalkan akan mendorong kemitraan AS-Malaysia dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk dalam COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Di Thailand, Menlu Blinken akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap aliansi perjanjian AS-Thailand, bekerja sama menuju pemulihan ekonomi pascapandemi, dan mengatasi krisis iklim," papar Ted Price. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Isu Myanmar Bakal Dibahas di Semua Negara yang Dikunjungi

Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)

Di setiap negara, Menlu Blinken akan membahas krisis yang kian memburuk di Burma

Selama kunjungan, Menlu Blinken akan bertemu dengan pejabat pemerintahan, pemimpin organisasi masyarakat sipil, pemangku kepentingan bisnis, dan personel kedutaan AS.

Menlu akan mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Honolulu, Hawaii, pada 17 Desember untuk bertemu dengan Komandan INDOPACOM Laksamana John Aquilino.


Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi COVID-19

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya