Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia Hari ke-42, Kematian di Bucha Ukraina Disorot

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-42 perang Rusia Ukraina pada Rabu 6 April 2022.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Apr 2022, 10:48 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2022, 10:31 WIB
Di utara Kiev, kota yang hancur muncul setelah Rusia pergi
Puing-puing mobil terlihat di alun-alun pusat Borodianka, barat laut Kiev, pada 4 April 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Saat pasukan Rusia mundur, kota kecil Borodianka, 50 km barat laut Kiev, menjadi reruntuhan. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Liputan6.com, Bucha - Kamis (7/4/2022) merupakan hari ke-43 invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah perkembangan telah terjadi dalam operasi militer Negeri Beruang Merah itu, kendati demikian belum ada pertanda bahwa perang akan berakhir.

Citra satelit perusahaan AS yang menunjukkan kuburan massal di mana jasad-jasad bergelimpangan di Bucha, Ukraina menyudutkan Rusia sebagai pelaku genosida yang hingga kini dibantah.

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-42 perang Rusia Ukraina pada Rabu 6 April, dikutip dari Aljazeera:

Pertempuran

  • Pertempuran sengit dan serangan udara Rusia berlanjut di Mariupol, menurut intelijen militer Inggris.
  • "Situasi kemanusiaan di kota itu memburuk,” kata kementerian pertahanan Ukraina. "Sebagian besar dari 160.000 penduduk yang tersisa tidak memiliki penerangan, komunikasi, obat-obatan, pemanas, atau air. Pasukan Rusia telah mencegah akses kemanusiaan, kemungkinan akan menekan para pembela HAM untuk menyerah."
  • Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya akan "membebaskan" Mariupol dari "nasionalis" Ukraina.
  • Presiden AS Joe Biden menyetujui pengiriman rudal penusuk lapis baja Javelin senilai $100 juta ke Ukraina, menurut seorang pejabat pemerintah.
  • Pihak berwenang di wilayah timur Ukraina, Luhansk, mendesak warga untuk keluar "selagi aman" melalui lima "koridor kemanusiaan".

Kematian di Bucha

  • Ombudswoman hak asasi manusia Ukraina mengatakan antara 150 dan 300 jasad mungkin berada di kuburan massal di sebuah gereja di Bucha, di mana Ukraina menuduh pasukan Rusia membunuh warga sipil.
  • Rusia menyebut tuduhan tentang Bucha sebagai "pemalsuan mengerikan" yang bertujuan merendahkan tentara Rusia. Duta Besar Rusia untuk PBB mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa pasukan Rusia tidak menargetkan warga sipil.
  • Associated Press mengatakan para wartawannya melihat "kaki kecil seorang anak yang menghitam" di antara tumpukan enam jasad yang terbakar di Bucha.
  • "Apa yang kami lihat di Bucha bukanlah tindakan acak dari unit nakal," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. "Ini adalah kampanye yang disengaja untuk membunuh, menyiksa, memperkosa, melakukan kekejaman."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klaim Evakuasi Rusia hingga Sanksi untuk Moskow

Hari ke-40 Perang, Warga Ukraina berduka menghadiri pemakaman
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memeriksa lokasi pertempuran baru-baru ini di Bucha dekat dengan Kiev, Ukraina, Senin, 4 April 2022. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

600.000 Dievakuasi ke Rusia

  • Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan lebih dari 600.000 orang dievakuasi ke Rusia selama konflik, menyangkal klaim Kiev tentang deportasi massal.
  • "Kami tidak berbicara tentang segala jenis pemaksaan atau penculikan, melainkan keputusan sukarela oleh orang-orang ini,” katanya kepada Dewan Keamanan.

Sanksi

  • Sanksi baru diumumkan oleh AS dan sekutunya pada hari Rabu waktu setempat, untuk menargetkan bank dan pejabat Rusia, dan melarang investasi di Rusia.
  • Pembuat chip AS Intel Corporation mengatakan telah menangguhkan operasi bisnis di Rusia.
  • Selama kunjungannya ke Polandia, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengumumkan bahwa Inggris telah membekukan "peti perang Putin" senilai $350 miliar, membuat lebih dari 60 persen cadangan mata uang asing rezim tidak tersedia.
  • Putin membalas dengan mengatakan Moskow akan "dengan hati-hati memantau" ekspor makanan ke negara-negara “bermusuhan”. Dia mengutip "kekurangan pangan global" untuk perlunya kehati-hatian dalam mengekspor "ke negara-negara yang jelas-jelas memusuhi kita".

 


Upaya Diplomasi hingga Pembatasan Akses Twitter

FOTO: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Temui Tentara yang Terluka
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina pada 13 Maret 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah) berjalan melewati seorang tentara yang terluka saat kunjungannya ke sebuah rumah sakit di Kiev, Ukraina. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Diplomasi

  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menantang PBB untuk "bertindak segera" atau "membubarkan diri sama sekali".
  • Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan penemuan jasad di Bucha adalah "provokasi" yang ditujukan untuk menggagalkan pembicaraan antara Moskow dan Kiev.
  • Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan bahwa perang adalah “"salah satu tantangan terbesar bagi tatanan internasional dan arsitektur perdamaian global". Dia menambahkan bahwa dia "tidak akan pernah melupakan gambar mengerikan dari warga sipil yang terbunuh di Bucha".

Akses Twitter Dibatasi

  • Twitter mengatakan akan memperkenalkan tindakan baru terhadap akun pemerintah Rusia untuk mengurangi efek propaganda resmi.
  • Moskow membatasi akses ke Twitter, memblokir Facebook dan Instagram.

Sementara itu, Rusia kemungkinan akan melancarkan serangan baru di wilayah Donbas timur Ukraina dalam beberapa minggu ke depan, Sekretaris Jenderal NATO Jensen Stoltenberg mengatakan pada Selasa (6 April), menambahkan bahwa sekutu punya waktu untuk membantu mempersiapkan militer Ukraina.

Berbicara sehari sebelum para menteri luar negeri NATO berkumpul di Brussel untuk membahas lebih banyak dukungan keuangan, militer dan kemanusiaan untuk Ukraina, Stoltenberg mengatakan Rusia sedang merencanakan serangan "sangat terkonsentrasi". Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis 7 April 2022.

"Kami sekarang melihat pergerakan signifikan pasukan (Rusia) menjauh dari Kiev untuk berkumpul kembali, mempersenjatai kembali dan memasok kembali dan mengalihkan fokus mereka ke timur," kata Stoltenberg dalam konferensi pers.

"Dalam beberapa minggu mendatang, kami mengharapkan dorongan Rusia lebih lanjut di Ukraina timur dan selatan untuk mencoba menguasai seluruh Donbas dan membuat jembatan darat ke Krimea yang diduduki," katanya sebelum pertemuan para menteri luar negeri NATO pada Rabu.

Komentar Stoltenberg tampaknya mengkonfirmasi pengumuman Moskow pada akhir Maret bahwa pihaknya memfokuskan kembali pada "pembebasan penuh Donbas", sebuah kawasan industri yang sebagian berada di bawah kendali separatis yang didukung Rusia sejak 2014.


Putri Vladimir Putin Jadi Target Sanksi Uni Eropa

Presiden Rusia Vladimir Putin
Putri Presiden Rusia Vladimir Putin jadi target sanksi. (AFP)

Terancam Kena Sanksi Uni Eropa

Dua putri dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, terancam terkena sanksi dari Barat. Langkah ini diprediksi bisa menarik perhatian dari Presiden Vladimir Putin yang sedang menyerang Ukraina. 

Presiden Putin memiliki dua putri: Katerina dan Maria. Maria berbisnis di bidang kesehatan, sementara Katerina aktif meneliti kecerdasan buatan di Moscow State University. Keduanya pandai berbagai bahasa. 

Berdasarkan laporan Time, Rabu 6 April 2022, wacana sanksi itu sedang dibahas oleh Uni Eropa di tengah kabar pembunuhan rakyat sipil Ukraina di Bucha. Daftar orang yang terancam sanksi termasuk tokoh politik, taipan, anggota keluarga mereka, serta penyebar propaganda Rusia. 

Wacana ini harus disetujui oleh semua negara-negara anggota Uni Eropa sebelum terlaksana. Masih ada pula potensi perubahan daftar nama yang terancam sanksi. 

Sementara, pihak pemerintah Rusia mengaku belum mendalami ancaman sanksi tersebut. Jubir Kremlin, Dmitry Peskov, memilih lebih dahulu melihat proposal sanksi itu ketika rilis secara resmi.


Putri Vladimir Putin Kena Sanksi AS

Presiden Rusia Vladimir Putin
Putri Presiden Rusia Vladimir Putin jadi target sanksi (Mikhail Klimentyev/Pool Photo via AP)

Sementara itu, AS telah memberlakukan sanksi terhadap lingkaran dalam Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk putrinya.

Daftar itu juga termasuk keluarga Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dan bank-bank besar.

Langkah-langkah tersebut mengikuti pengungkapan baru kekejaman oleh pasukan Rusia di Ukraina, termasuk gambar jasad warga sipil yang tersebar di jalan-jalan Bucha, dekat ibukota Kiev. Rusia mengatakan, tanpa bukti, gambar-gambar itu dibuat oleh pejabat Kiev. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Kamis 7 April 2022.

Meskipun citra satelit menunjukkan warga sipil tewas ketika Rusia menguasai Bucha, Putin pada Rabu menggambarkan peristiwa itu sebagai "provokasi kasar dan sinis oleh rezim Kiev".

Mengacu pada pembunuhan Bucha, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Rabu: "Tidak ada yang kurang terjadi daripada kejahatan perang besar." 

"Negara-negara yang bertanggung jawab harus bersatu untuk meminta pertanggungjawaban para pelaku ini," tambah Biden.

AS mengatakan bahwa putri Putin, Katerina Vladimirovna Tikhonova dan Maria Vladimirovna Vorontsova, dikenai sanksi "karena menjadi anak-anak Putin yang sudah dewasa, di mana properti dan kepentingannya diblokir".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya