Invasi Rusia Masuk Bulan Ketiga, Menlu dan Menhan AS Kunjungi Ukraina

Di tengah invasi Rusia yang memasuki bulan ketiga, Menlu Anthony Blinken dan Menhan Lloyd Austin mengunjungi Ukraina.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 24 Apr 2022, 12:03 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2022, 12:03 WIB
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)

Liputan6.com, Jakarta - Kiev pada Sabtu (23/4) bersiap untuk kunjungan pertama pada masa perang dari dua pejabat tinggi Amerika Serikat, ketika Ukraina menuduh Rusia membunuh delapan orang dalam serangan di Odesa yang mengubur harapan gencatan senjata untuk Paskah Ortodoks.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada hari Minggu akan datang pada momen simbolis - pada hari perang memasuki bulan ketiga - dan dengan pertempuran sengit berlanjut di timur negara itu.

Kunjungan itu juga terjadi ketika situasi di kota pelabuhan Mariupol yang hancur masih suram. Upaya terakhir dari banyak upaya untuk mengevakuasi warga sipil gagal pada hari Sabtu, dan situasi yang dihadapi unit pejuang Ukraina yang berlindung di terowongan di bawah pabrik baja yang luas di sana tampak semakin putus asa.

Sejumlah pemimpin Eropa telah melakukan perjalanan ke Kiev untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan menggarisbawahi dukungan mereka, tetapi Amerika Serikat - donor keuangan dan persenjataan terkemuka - belum mengirim pejabat tinggi.

Diminta oleh AFP untuk mengomentari perjalanan yang sangat sensitif oleh dua anggota kabinet utama Presiden Joe Biden, Departemen Luar Negeri menolak.

Zelenskyy, yang mengumumkan kunjungan itu, juga mengeluarkan seruan baru untuk pertemuan dengan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin "untuk mengakhiri perang".

"Saya pikir siapa pun yang memulai perang ini akan dapat mengakhirinya," kata Zelenskyy, seraya menambahkan bahwa dia "tidak takut" untuk bertemu dengan pemimpin Rusia itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kondisi di Mariupol

Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja
Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja

Namun, dia kembali menekankan bahwa Kiev akan mengabaikan pembicaraan dengan Moskow jika pasukannya di Mariupol terbunuh.

Zelenskyy juga mengkritik keputusan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk mengunjungi Moskow pada Selasa, sebelum menuju ke Kiev.

"Tidak ada keadilan dan logika dalam tatanan ini," katanya.

Sekitar 200 warga berkumpul di titik evakuasi yang ditentukan di Mariupol pada hari Sabtu tetapi "dibubarkan" oleh pasukan Rusia, pejabat kota Petro Andryushchenko mengatakan di Telegram, menambahkan: "Evakuasi digagalkan."

Dia mengklaim bahwa orang lain telah diberitahu untuk naik bus menuju ke tempat-tempat yang dikendalikan oleh Rusia.

Mariupol, yang diklaim Kremlin telah "dibebaskan", sangat penting bagi rencana perang Rusia untuk membangun jembatan darat ke Krimea yang diduduki Rusia - dan mungkin sampai ke Moldova.

 


Serangan Udara oleh Rusia

Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja
Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja

Tetapi pada hari Sabtu, seorang penasihat presiden Ukraina, Oleksiy Arestovich, mengatakan bahwa pasukan Rusia telah melanjutkan serangan udara di pabrik tersebut.

"Pembela kami bertahan terlepas dari situasi yang sangat sulit dan bahkan melakukan serangan balik," katanya.

Lebih jauh ke barat, sebuah rudal menghantam sebuah bangunan tempat tinggal di pelabuhan Laut Hitam Odesa, menewaskan delapan orang, termasuk seorang bayi berusia tiga bulan, dan melukai sedikitnya 18 orang, menurut Zelenskyy.

Dan kementerian pertahanan Rusia juga mengatakan bahwa mereka telah menargetkan depot besar yang menyimpan senjata asing di dekat Odesa, serangan yang mengubah ketenangan relatif kota yang telah dinikmati sejak awal perang.

Moskow juga menuduh layanan khusus Ukraina di Odesa mempersiapkan "provokasi dengan penggunaan zat kimia beracun" yang kemudian dapat disalahkan pada Rusia.

Kekuatan Barat telah menuduh Rusia di masa lalu membuat tuduhan semacam itu sebagai kedok atau pengalihan untuk serangan yang direncanakan pasukannya sendiri.

Ada serangan baru semalam di kota kedua Ukraina Kharkiv, di timur laut.

"Itu adalah malam yang menakutkan," kata Yelena, dengan kantong hitam di bawah matanya yang memerah karena air mata. Penduduk di sana mengatakan bahwa serangan Rusia bisa datang kapan saja, siang atau malam.

"Semuanya bergetar," kenangnya. "Ada dua pemogokan, kemudian ada lagi, kami tidak bisa lagi tidur dan menghabiskan sepanjang malam di koridor."


Dikuasai Rusia

Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja
Desa Ukraina menghadapi Paskah tanpa gereja

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleg Sinegubov, mengatakan di Telegram bahwa pasukan Ukraina telah merebut kembali tiga desa di dekat perbatasan Rusia setelah "pertempuran sengit" yang menewaskan dua orang.

Di dekat Luhansk, gubernur Sergiy Gaiday mengatakan bahwa penembakan itu "sepanjang waktu", dan mendesak orang-orang di dekat garis depan untuk "mengevakuasi jika Anda memiliki kesempatan".

Pertempuran terakhir terjadi sehari setelah seorang perwira senior militer Rusia mengumumkan dimulainya "tahap kedua dari operasi khusus".

"Salah satu tugas tentara Rusia adalah membangun kendali penuh atas Donbas dan Ukraina selatan," kata Mayor Jenderal Rustam Minnekaev.

Pasukan Rusia, yang mundur dari sekitar Kiev dan utara Ukraina setelah frustrasi dalam upaya mereka untuk merebut ibu kota, telah menduduki sebagian besar wilayah Donbas timur dan selatan.

Minnekaev mengatakan bahwa fokusnya adalah untuk "menyediakan koridor darat ke Krimea", yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014, dan mungkin menuju Transnistria, wilayah Moldova yang pro-Rusia yang memisahkan diri di mana sang jenderal mengklaim orang-orang berbahasa Rusia "ditindas".

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya