Kanye West Berulah, Ini Reaksi Publik hingga Kim Kardashian Angkat Bicara

Sebagai imbas dari perbuatan Kanye West, publik pun memberikan reaksinya termasuk mantan istrinya, Kim Kardashian.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 26 Okt 2022, 13:13 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 12:32 WIB
[Bintang] Kim Kardashian dan Kanye West
Seorang sumber mengatakan bahwa sebenarnya Kanye hanya ingin istirahat sementara selama enam bulan. Ia ingin rehat sejenak dari aktivitas ketenarannya dan kehidupan di Hollywood. (AFP/Bintang.com)

Liputan6.com, Los Angeles - Kanye West telah dikecam secara luas karena komentar anti-semitnya baru-baru ini, tetapi rapper tersebut memang kerap membuat banyak komentar kontroversial.

Pria berusia 45 tahun tersebut, yang secara resmi mengubah namanya menjadi Ye tahun lalu, telah dibongkar oleh film dokumenter lengkap tentang dirinya sendiri dan dijatuhkan oleh agensinya, merek fashion Balenciaga dan banknya, JP Morgan. Adidas pun menjadi perusahaan terbaru yang mengakhiri kemitraannya dengan West.

Dilansir News Sky, Rabu (26/10/2022), awal bulan ini West menulis di Twitter yang berbunyi "going death con 3 ON JEWISH PEOPLE". Namun, ia tidak menganggap pernyataannya salah karena menurutnya, orang kulit hitam merupakan Yahudi juga. 

Dia menambahkan: "Kalian telah mempermainkan saya dan mencoba menghitamkan siapa pun yang menentang agenda Anda".

Postingan tersebut pun kemudian telah dihapus.

Cuitan itu terjadi setelah dia menuduh produser rekaman Sean "Diddy" Combs dikendalikan oleh "orang-orang Yahudi" dalam sebuah posting di Instagram.

Banyak orang mengutuk pernyataan West dan beberapa perusahaan pun telah menjauhkan diri darinya.

Dia dilarang memposting, berkomentar, dan mengirim pesan di Instagram dan akunnya dikunci di Twitter.

Sebagai tanggapan, West mengatakan dia akan membeli platform media sosial Parler, yang menampilkan dirinya sebagai "aplikasi media sosial netral sudut pandang yang didedikasikan untuk kebebasan berekspresi, wacana sipil, dan privasi pengguna".


Kim Kardashian Angkat Bicara

Kim Kardashian - Kanye West
Kim Kardashian dan Kanye West (Dimitrios Kambouris / AFP)

Mantan istrinya, Kim Kardashian telah mengutuk komentarnya. Ia memposting di Instagram dan Twitter: "Ujaran kebencian tidak pernah baik atau dapat dimaafkan. Saya berdiri bersama dengan komunitas Yahudi dan menyerukan kekerasan yang mengerikan dan retorika kebencian terhadap mereka untuk segera diakhiri."

Pada tahun 2020, dia membuka tentang perjuangan suaminya saat itu dengan gangguan bipolar.

Dia berkata "mereka yang dekat dengan Kanye tahu hatinya dan mengerti kata-katanya terkadang tidak sejalan dengan niatnya".

Menanggapi pernyataan terbarunya, komedian Sarah Silverman mentweet: "Kanye mengancam orang-orang Yahudi kemarin di Twitter dan itu bahkan tidak menjadi tren. Mengapa kebanyakan orang Yahudi yang berbicara menentang kebencian Yahudi? Keheningan begitu keras".


Ada yang Mendukung

Kanye West
Kanye West membuat penampilan kampanye presiden pertamanya di North Charleston, Amerika Serikat pada 19 Juli 2020. Kanye West menyampaikan monolog panjang dalam kampanye pertamanya setelah mendeklarasikan diri sebagai kandidat presiden AS. (Lauren Petracca Ipetracca/The Post And Courier via AP)

Namun, ada juga yang mendukung Kanye West, dengan kelompok kebencian antisemit di AS dilaporkan membentangkan spanduk bertuliskan "Kanye benar tentang orang-orang Yahudi" di jalan layang Los Angeles dan memberi hormat Nazi.


Banyaknya Pernyataan Kontroversial

Ye, sebelumnya dikenal sebagai Kanye West. (AP Photo/Michael Wyke, File)
Ye, sebelumnya dikenal sebagai Kanye West. (AP Photo/Michael Wyke, File)

West juga telah membuat beberapa pernyataan kontroversial baru-baru ini, termasuk saran bahwa perbudakan adalah "pilihan" dan menyebut vaksin COVID-19 sebagai "tanda binatang".

Dia menyebabkan keributan di Paris Fashion Week setelah mengenakan T-shirt "White Lives Matter" sebagai tanggapan atas gerakan Black Lives Matter. The Southern Poverty Law Centre, yang melacak kelompok-kelompok kebencian, mengatakan White Lives Matter adalah kelompok neo-Nazi.

Dalam sebuah penampilan di acara Fox News Tucker Carlson, West membuat beberapa komentar tentang Yahudi dan uang.

Dia sebelumnya juga dikritik karena menyuarakan dukungan untuk Donald Trump dan mengenakan topi Make America Great Again (MAGA).

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya