Media Arab Panggil Lionel Messi dengan Gelar Sheikh Usai Juara Piala Dunia 2022

Kemenangan Sheikh Messi menjadi sorotan di media Arab.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 19 Des 2022, 18:18 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 07:35 WIB
Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menyerahkan penghargaan Bola Emas kepada Lionel Messi sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) bertepuk tangan pada akhir pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball sebagai perlambang pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Doha - Timnas Argentina menjadi juara di Piala Dunia pertama yang digelar di Timur Tengah. Argentina menang dari Prancis lewat adu penalti.Kapten Lionel Messi turut mencetak dua gol.

Rakyat Argentina tentunya girang karena negaranya kembali menang Piala Dunia usai lebih dari tiga puluh enam tahun. Media Arab pun turut memberikan respons positif kepada Argentina dan Messi. 

Arab News dari Arab Saudi bahkan menyebut kapten Argentina sebagai Sheikh Messi.

"Messi akhirnya memahkotai karier pemecah rekornya dengan mengklaim hadiah terbesar di sepak bola dengan performa yang akan tercatat sejarah," tulis Arab News dalam artikel bertajuk ‘Sheikh’ Messi leads Argentina to World Cup win in Doha, dikutip Senin (19/12/2022).

Arab News juga ingat bagaimana Messi merasakan pahitnya kalah di final melawan Jerman pada 2014, tetapi Lionel Messi bangkit di Piala Dunia terakhirnya.

"Ia (Messi) telah merasakan pahitnya kekalahan di final 2014 melawan Jerman, tetapi pada Piala Dunianya yang kelima dan terakhir, sosok 35 tahun ini akhirnya menyaingi idola Argentina Diego Maradona dengan memimpin negaranya meraih kemenangan Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak kemenangan Maradona di Meksiko pada 1986," tulis Arab News.

Lionel Messi mengaku bersyukur karena kariernya mendapatkan penutup yang spektakuler, tetapi ia belum menegaskan akan pensiun.

"Tentunya saya ingin mengakhiri karier saya seperti ini. Saya tidak bisa meminta yang lain lagi," ujar Lionel Messi kepada televisi Argentina.

"Saya ingin terus merasakan pengalaman beberapa pertandingan lagi sebagai juara dunia," ucap Lionel Messi.


GOAT

Momen Keakraban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang Pernah Tertangkap Kamera
Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, berjabat tangan dengan striker Argentina, Lionel Messi, pada laga persahabatan di Stadion Old Trafford, (18/11/2014). (AFP/Paul Ellis)

Dilaporkan Citizen Liputan6.com, Perdebatan antara dua pemain Greatest Of All Time (GOAT), Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tampaknya sudah selesai. Perdebatan tersebut harus ditentukan di final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Qatar pada Minggu malam (18/12).

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo diketahui menjadi bahan perdebatan selama satu dekade terakhir oleh kalangan penggemar sepak bola maupun bukan di seluruh penjuru dunia.

Kini, perdebatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah usai. Messi berhak memenangkan perdebatan tersebut dengan meraih trofi Piala Dunia 2022.

Ini merupakan trofi pertama bagi Messi sejak keikutsertaannya selama lima edisi berbeda (2006, 2010, 2014, 2018, 2022) dan dua kali ke final Piala Dunia (2014 dan 2022).

Dalam laga final Argentina vs Prancis, Lionel Messi mencetak dua gol sekaligus pada menit ke-23 dan ke-108 serta sumbang satu assist yang diberikan kepada Angel Di Maria di menit ke-36.

Alhasil, Lionel Messi cs dan Argentina juara Piala Dunia 2022 lewat drama adu penalti dengan skor 4-2. Sebelumnya, kedua tim berakhir imbang 3-3 akibat Kylian Mbappe mencetak hattrick. 

Selain itu, Messi juga unggul dalam torehan Ballon d'Or sebanyak tujuh trofi (2009, 2011, 2012, 2013, 2016, 2019, dan 2021).

Bahkan, La Pulga bisa menjadi kandidat terkuat untuk meraih lagi Ballon d'Or ke-8 di sepanjang kariernya berkat meraih trofi Piala Dunia.

Sementara Cristiano Ronaldo hanya memiliki lima gelar Ballon d'Or yakni 2008, 2014, 2015, 2016, dan 2017 tanpa memiliki trofi Piala Dunia.


Para Pemain Terbaik

Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022
(kiri ke kanan) Enzo Fernandez meraih penghargaan pemain muda terbaik, Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik, Emiliano Martinez meraih penghargaan kiper terbaik, dan Kylian Mbappe meraih penghargaan pencetak gol terbanyak berpose setelah pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)

Lionel Messi bukanlah satu-satunya bintang Timnas Argentina yang menyabet gelar individual di partai puncak Piala Dunia 2022. Enzo Fernandez juga diganjar predikat pemain muda terbaik, sementara Emiliano Martinez berhak atas Golden Glove Award.

Tak dapat dimungkiri, Martinez juga menjadi sosok krusial di balik keberhasilan Argentina menyabet gelar juara FIFA World Cup edisi ini. Kiprah gemilang penjaga gawang Aston Villa itu terlihat saat Argentina dipaksa beradu penalti dengan Prancis di babak final.

Martinez sanggup menggagalkan aksi Kingsley Coman yang menjadi algojo kedua Les Bleus. Setelahnya, eksekusi Aurelien Tchouameni juga meleset, sehingga Tim Tango berhasil mengungguli lawannya dengan 4–2.

Skenario serupa juga sempat terjadi kala La Albiceleste terlibat drama adu penalti dengan Belanda di perempat final. Keberhasilannya menepis tendangan Virgil van Dijk dan Steven Berghuis memberi hadiah tiket semifinal buat Argentina.


Daftar Penghargaan

Duka Kylian Mbappe Usai Prancis Kalah dari Argentina di Final Piala Dunia 2022
Ekspresi pemain Prancis Kylian Mbappe saat berjalan melewati trofi Piala Dunia 2022 usai melawan Argentina pada pertandingan final di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti melawan Prancis setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3. (AP Photo/Martin Meissner)

Berikut adalah daftar lengkap peraih penghargaan individual di Piala Dunia 2022:

FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)

Golden Glove Award: Emiliano Martinez (Argentina)

Golden Boot Award: Kylian Mbappe (Prancis)

Golden Ball Award: Lionel Messi (Argentina)

Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya