Spesial Tahun Baru Imlek, Tol Gratis di Malaysia

Kebijakan tol gratis dalam rangka perayaan Imlek ini berlaku bagi seluruh jenis kendaraan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 19 Jan 2023, 12:31 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 12:31 WIB
Sebelum Natal, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi II-IV Siap Diresmikan
Ilustrasi pembangunan tol

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menyambut Tahun Baru Imlek, warga Malaysia akan menikmati tol gratis selama dua hari, yaitu pada 20-21 Januari. Hal tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

Menurut Anwar Ibrahim, kebijakan tol gratis yang berlaku bagi semua jenis kendaraan tersebut akan menelan biaya sebesar 40 juta ringgit.

"Inisiatif ini akan meringankan (beban keuangan) setiap orang yang bepergian ke kampung halamannya. Bukan hanya orang Tionghoa, tapi juga Melayu, India dan lain-lain," ungkap Anwar Ibrahim seperti dikutip dari Malaysia Kini, Kamis (19/1/2023).

Anwar Ibrahim menambahkan, "Saya mengimbau agar pengguna jalan tetap berkendara dengan aman dan mengikuti aturan mengingat statistik kecelakaan terus meningkat setiap tahun."

Selain itu, Kementerian Perhubungan dan Pekerjaan juga mengumumkan kebijakan pengurangan batas kecepatan kendaraan di jalan-jalan nasional di seluruh negeri, yakni 10 km per jam, mulai 18-17 Januari. Langkah ini juga diambil terkait dengan perayaan Tahun Baru Imlek.

PLUS Expressways Berhad, pemegang konsesi jalan tol terbesar di Malaysia, memperkirakan akan ada dua juta kendaraan per hari di sepanjang jalur tol Lebuhraya Utara-Selatan atau North-South Highway. Angka tersebut melonjak 20 persen dari biasanya.

Hari libur untuk perayaan Tahun Baru Imlek di Negeri Jiran jatuh pada 22, 23, dan 24 Januari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Mudik Imlek di China

Arus Mudik ala Warga China
Penumpang mendorong troli barang bawaan saat tiba di Bandara Internasional Beijing pada Senin (20/1/2020). China berada di tengah-tengah kesibukan migrasi manusia tahunan ketika jutaan orang pulang ke kampung halaman mereka untuk menikmati libur Tahun Baru Imlek bersama keluarga. (WANG Zhao/AFP)

Selain Malaysia, tingginya arus mudik saat Imlek juga terjadi di China. 

China telah melonggarkan aturan COVID-19, sehingga masyarakat bisa mudik pada Imlek 2023. 

Pemerintah memprediksi perjalanan musim Imlek tahun ini bisa melonjak hingga 99,5 persen ketimbang tahun lalu. Adapun jumlah perjalanan penumpang (passenger trip) diperkirakan dapat mencapai 2,1 miliar.

Warga China kini tidak perlu lagi menampilkan kode kesehatan atau tes negatif COVID-19 ketika memasuki sarana transportasi. Meski demikian, sejumlah foto menampilkan masih banyak warga yang memakai masker.

Selama dua tahun terakhir, perjalanan massal seperti ini tak bisa terjadi karena kebijakan COVID-19 yang ketat.


Promo Tiket KAI

KAI Daop 8 Surabaya menambah 8 delapan kereta api sambut libur Natal dan tahun baru. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
KAI Daop 8 Surabaya menambah 8 delapan kereta api sambut libur Natal dan tahun baru. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Sementara di Indonesia, dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, PT. KAI memberikan diskon.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan promo Imlek 2023 tiket kereta api New Year Deals. Mereka menyediakan total 18.576 tiket kereta api dengan harga khusus mulai dari Rp100 Ribu.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, promo New Year Deals diadakan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan bertepatan dengan momen Tahun Baru 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574.

Joni mengatakan, ada 38 kereta api yang tersedia dalam promo New Year Deals dengan berbagai rute dari dan menuju Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan sejumlah kota lainnya. 

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya