12 Satwa Aneh dan Unik Khas Australia, Ada Mamalia Bertelur Hingga Laba-laba Merak

Australia memiliki beberapa hewan asli yang hanya hidup di benua itu. Berikut adalah 12 satwa aneh tetapi unik khas Australia.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 26 Feb 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 21:00 WIB
Ocean sunfish atau ikan Mola-mola. (Unsplash/LeoPatrizi)
Ocean sunfish atau ikan Mola-mola. (Unsplash/LeoPatrizi)

Liputan6.com, Canberra - Australia memiliki beberapa hewan asli yang hanya hidup di benua itu. 

Australia juga terkenal dengan hewan-hewannya yang aneh dan menakjubkan. Beberapa satwa unik Australia adalah alien blue-ringed octopus (gurita cincin biru alien), yang mempunyai racun untuk membunuh 26 manusia dewasa dalam hitungan menit, serta platipus berparuh bebek dengan anatomi tambal sulamnya.

Australia penuh dengan spesies yang bagi seluruh dunia tidak masuk akal. Ini karena spesies aneh ini sering kali tidak ditemukan di tempat lain di Bumi

Sekitar 87 persen mamalia Australia, 93 persen reptil, dan 45 persen spesies burungnya hanya dapat ditemukan di Australia, menurut Australian Wildlife Conservancy.

Selama evolusi geografis Bumi, Australia sebagai benua terkecil dari tujuh benua, memisahkan diri dari benua bernama Gondwana, yang mendominasi lanskap dunia ratusan juta tahun lalu.

Artinya, spesies yang hidup di Australia tidak berevolusi dengan cara yang sama seperti hewan di tempat lain di Bumi, kecuali spesies yang bermigrasi yang dapat terbang atau berenang di luar pantai Australia. Oleh sebab itu, menghasilkan beberapa hewan yang paling menarik, menakutkan, dan benar-benar aneh yang pernah hidup di planet ini.

Berikut ini 12 satwa aneh sekaligus unik khas Australia, dilansir dari Live Science, Jumat (24/2/2023):

1. Ocean sunfish (Mola-mola)

Meski tidak endemik di Australia, makhluk aneh ini terlihat berenang di sekitar pantai selatan benua. Ocean sunfish atau ikan mola-mola adalah ikan bertulang terberat yang diketahui di Bumi yakni mencapai berat 2.300 kg.

Yang paling menonjol dari ikan ini adalah sirip punggung dan duburnya yang sangat besar, sehingga tingginya lebih dari 4 meter. Raksasa laut ini menyelam jauh ke dalam perairan yang sangat dingin untuk memakan zooplankton dan menghindari pemangsa.

Untuk menghangatkan diri kembali, ikan mola-mola bergerak mendekati permukaan untuk berjemur di bawah terik matahari.

2. Kelabang raksasa

Kelabang raksasa (Ethmostigmus rubripes) ini memiliki panjang lebih dari 16 sentimeter dan terdiri dari 27 segmen tubuh yang menopang hingga 23 pasang kaki.

Untuk mempertahankan ukuran tubuhnya, kelabang raksasa ini memakan serangga, siput, dan cacing.

Untuk menangkap dan membunuh mangsanya, kelabang ini memiliki kaki yang dimodifikasi yang disebut forcipules yang melengkung di sekitar kepala dan dapat mengeluarkan racun yang kuat. Racunnya cukup kuat untuk membunuh hewan besar dengan cepat dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah pada manusia.

3. Laba-laba penebar jaring

Australia terkenal dengan banyak laba-laba yang menakutkan, tetapi laba-laba penebar jaring (Deinopis ravidus) adalah yang paling inovatif.

Alih-alih membangun jaring sutra dan secara pasif menunggu mangsa terjerat, laba-laba ini mengambil pendekatan proaktif yakni menggunakan jaring sutra untuk menjebak makanan mereka.

Laba-laba ini biasanya menggunakan jaringnya untuk menangkap semut, kumbang, dan bahkan laba-laba lainnya pada malam hari. Untuk membantu mereka melihat dalam kegelapan, laba-laba ini memiliki dua mata besar, membuat mereka mendapat julukan "laba-laba berwajah raksasa".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Laba-laba merak

Peacock spider atau laba-laba merak. (Jürgen Otto)
Peacock spider atau laba-laba merak. (Jürgen Otto)

Laba-laba merak (Maratus volans) ditemukan di bagian selatan Australia dan terkenal dengan tarian pacaran mereka yang rumit.

Laba-laba jantan melambai di sekitar kaki ketiga mereka dan memperlihatkan perut mereka yang cerah untuk menarik perhatian betina. Laba-laba itu kecil, berukuran panjang sekitar seperdelapan inci.

5. Giant fishkiller (Raksasa pembunuh ikan raksasa)

Seperti namanya, pembunuh ikan raksasa (Lethocerus insulanus) ini adalah sejenis kutu air yang tampak agresif dan menyukai ikan kecil, bersama dengan berudu, katak, dan siput.

Untuk menangkap mangsanya, kutu besar ini duduk di batang tanaman yang terendam air, menangkap ikan yang lewat menggunakan kaki depannya yang panjang dan berujung jarum. Mereka kemudian menyuntikkan enzim pencernaan ke dalam tubuh mangsa untuk mencairkan jaringan, membuatnya siap untuk dikonsumsi.

6. Echidna berparuh pendek

Echidna (Tachyglossus aculeatus) tidak hanya salah satu hewan teraneh di Australia, tetapi mungkin di seluruh dunia.

Makhluk mirip landak ini adalah satu dari hanya dua jenis mamalia di Bumi yang bertelur, sedangkan lainnya adalah platipus berparuh bebek.

Menambah keanehan mereka, echidna memiliki rahang ompong, sehingga mereka menghancurkan mangsa serangga mereka di antara lidah dan langit-langit mulut mereka.

Echidna makan pada malam hari untuk menghindari suhu siang hari yang tinggi dan untuk mempertahankan suhu tubuh rendah mereka 32 derajat Celcius.


7. Siput panda raksasa

Giant panda snail atau siput panda raksasa. (Australian Museum)
Giant panda snail atau siput panda raksasa. (Australian Museum)

Siput panda raksasa (Hedleyella falconeri) dinamakan sedemikian karena sepasang tangkai hitamnya yang panjang.

Siput panda raksasa memiliki cangkang mencapai panjang 10 cm, menjadikan mereka siput darat terbesar di Australia.

Siput panda raksasa menghabiskan waktunya di hutan hujan subtropis di Australia timur, memakan jamur di lantai hutan setelah atau selama hujan.

8. Serangga daun berduri 

Ahli kamuflase, serangga daun berduri (Extatosoma tiaratum) ini telah mengembangkan kerangka luar yang meniru dedaunan habitat hutan mereka.

Serangga jantan dapat terbang ketika mereka merasa terancam, tetapi yang betina tidak dapat terbang sehingga sepenuhnya bergantung pada kemampuan mereka untuk berbaur dengan lingkungannya.

Serangga ini juga ditemukan bergoyang tertiup angin untuk meniru gerakan vegetasi agar tetap tersembunyi dari pemangsa. Serangga daun berduri menggulung perutnya agar terlihat seperti kalajengking.

9. Arafura file snake

Ular jenis Arafura file snake (Acrochordus arafurae) ini dapat tumbuh hingga sepanjang 2,5 m dan menghabiskan waktunya dengan berenang di perairan laguna, kolam, dan padang rumput yang tergenang air.

Ular kikir Arafura makan ikan dan dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berburu di bawah air.

Untuk melumpuhkan mangsanya, mereka membungkus dan menghimpit ikan yang beratnya mencapai 1 kg sebelum menelannya.

Mereka terbantu dalam hal ini oleh kulitnya yang kasar, dari situlah ular mendapatkan namanya.


10. Kadal berlidah biru

Blue-tongued skink atau kadal berlidah biru. (Unsplash/Cavan Images)
Blue-tongued skink atau kadal berlidah biru. (Unsplash/Cavan Images)

Ditemukan berkeliaran di rerumputan tussock dan serasah daun hutan, dengan panjang sekitar 60 cm, kadal ini terkenal karena menjulurkan lidah birunya.

Kadal berlidah biru (Tiliqua scincoides) ini menggunakan lidah mereka yang berwarna cerah untuk menangkal pemangsa, menjulurkan lidah mereka dan membusungkan tubuh mereka agar tampak lebih besar dan lebih mengancam.

Bagian depan lidah memantulkan sinar ultraviolet (UV). Hal ini menunjukkan bahwa pemangsa kadal biasa, seperti spesies burung yang dapat melihat sinar UV, akan dibuat bingung oleh kilatan UV dan berpikir dua kali untuk menyerang mereka.

11. Tikus tanah Marsupial 

Tikus tanah Marsupial (Notoryctes typhlops) ini tikus tanah tidak biasa di Australia.

Tidak seperti sepupunya dari seluruh dunia, mamalia kecil ini memiliki siklus hidup yang lebih mirip dengan kangguru daripada tikus tanah biasa.

Sebagai Marsupial, janin sebagian berkembang di dalam rahim, sebelum muncul ke dalam kantong ibu untuk menyusu sampai mereka cukup dewasa untuk keluar. Namun, belum ada penampakan anak tikus berkantung yang tercatat di alam liar, jadi masih belum jelas berapa lama mereka tinggal di kantong induknya.

Sedikit yang diketahui tentang tikus tanah Marsupial. Tidak diketahui apakah mereka membuat jaringan terowongan perumahan atau liang permanen, atau apakah mereka pengembara yang menyendiri.

Tikus tanah ini diyakini terus menggali melalui pasir sekaligus mengisi terowongan di belakang mereka. Mereka telah berevolusi sedemikian rupa sehingga memungkinkan mereka bertahan hidup dengan persentase oksigen yang kecil di antara butiran pasir.

12. Dugong

Sering disebut sebagai sapi laut, mamalia laut ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari rumput laut dari perairan pantai yang dangkal.

Tidak seperti sepupu mereka yaitu manatee, dugong memiliki ekor seperti lumba-lumba dan tidak hidup di air tawar.

Dugong dapat ditemukan sebagian besar di perairan Australia utara dan barat. Dugong dapat memiliki berat hingga sekitar 360 kg, mengonsumsi hingga 40 kg lamun setiap hari.

Mamalia ini dilengkapi dengan bibir berotot bulat, yang disebut celah, yang merobek lamun dari dasar laut.

Bahaya Sampah Plastik di Laut
Infografis bahaya sampah plastik di laut. (dok. TKN PSL)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya