Mengenal Ilmu Geologi, Jurusan Impian Granata Van Ridho Anak Penjual Nasi Goreng Peraih Beasiswa

Granata Van Ridho, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lampung Timur jadi sorotan usai mendapat beasiswa dari dua universitas terkemuka.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 09 Mar 2023, 12:06 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 12:05 WIB
GRANATA VAN RIDHO ANAK PENJUAL NASI GORENG BUKTIKAN BISA RAIH 2 BEASISWA LUAR NEGERI
GRANATA VAN RIDHO ANAK PENJUAL NASI GORENG BUKTIKAN BISA RAIH 2 BEASISWA LUAR NEGERI

Liputan6.com, Jakarta - Granata Van Ridho, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lampung Timur jadi sorotan usai mendapat beasiswa dari dua universitas terkemuka, University of British Columbia Vancouver Canada dan University of New South Wales Sydney, Australia.

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Perpusnas 2023 jenjang S1 Luar Negeri bidang Ilmu Geologi atau Geology Science, berhasil didapatkan oleh Granata Van Ridho, yang merupakan sosok sederhana lantaran ayahnya bekerja sebagai penjual nasi goreng.

"Capaian yang luar biasa. Mudah-mudahan menginspirasi yang lainnya. Ini bukti Madrasah Mandiri Berprestasi," ujar Kakanwil Lampung Timur, Minggu, 5 Maret 2023.

Lantas apa itu Ilmu Geologi atau Geology Science?

Melansir dari laman Eee Science, geologi adalah salah satu studi ilmiah tentang bumi, termasuk proses fisik dan kimia, bahan penyusunnya yang terjadi di permukaan. Geologi merupakan bidang multi faceted yang memuat banyak bidang spesialisasi yang berbeda-beda.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi Ini merupakan salah satu definisi yang cukup sederhana untuk sesuatu yang begitu kompleks. Melansir dari laman study.com, geologi juga melibatkan serta mempelajari bahan-bahan yang membentuk bumi, fitur dan struktur yang ditemukan di bumi serta proses yang bertindak atas mereka.

Geologi adalah studi ilmiah yang juga memiliki kaitan erat dengan studi tentang sejarah, serta semua kehidupan yang pernah hidup atau hidup di bumi sekarang. Dengan mempelajari bagaimana kehidupan dan planet kita telah berubah dari waktu ke waktu adalah salah satu bagian penting dari geologi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Jenis Geologi, Ilmu yang Akan Dipelajari Oleh Granata Van Ridho

Granata Van Ridho
Granata Van Ridho. (Foto: tangkapan layar Youtube Granata Van Ridho)

Terdapat dua jenis geologi yang paling utama, yang dilansir dari laman study.com. pada umumnya geologi dibagi menjadi dua kategori diantaranya: 

1. Geologi Fisik

Melansir dari sumber yang sama, geologi fisik memiliki kaitan erat dengan studi tentang fitur fisik bumi serta proses yang bekerja pada mereka. hal ini juga termasuk 

  • Gunung berapi
  • Gempa bumi
  • Bebatuan
  • Lautan dan hampir semua fitur yang ada di bumi

2. Geologi Sejarah

Selain geologi fisik, melansir dari sumber yang sama geologi sejarah merupakan salah satu studi tentang sejarah bumi. Ahli geologi sejarah juga berfokus pada apa yang terjadi pada Bumi sejak pembentukannya. Mereka juga mempelajari perubahan dari masa ke masa dalam kehidupan sepanjang waktu. Dalam geologi sejarah, pada dasarnya dapat melakukan perjalanan kembali ke masa pembentukan bumi, yang bergerak maju melalui waktu, menyaksikan perubahan di bumi itu sendiri serta kehidupan yang ada di dalamnya.


Cabang Ilmu Geologi

FOTO: Melihat Keindahan Alam Zhangye Geopark di China
Pemandangan bentang alam Danxia di Zhangye Geopark, Zhangye, Provinsi Gansu, China, 26 Juli 2020. Taman geologi ini diakui sebagai Global Geopark oleh Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) dalam sidang ke-209 pada 7 Juli 2020. (Xinhua/Fan Peishen)

Adapun cabang ilmu dari geologi yang dilansir dari Eee Science adalah: 

Ahli Geologi Teknik

Menyelidiki sifat teknik batuan, sedimen dan tanah di bawah struktur buatan manusia seperti jalan, jembatan, gedung bertingkat, bendungan, serta bandara, dll.

Ahli Geologi Lingkungan

Mempelajari akan dampak lingkungan dari pencemaran di tanah, air permukaan dan bahan permukaan (batuan, sedimen dan tanah), serta melakukan rekomendasi solusi untuk masalah lingkungan. Mereka juga tertarik untuk memahami, memprediksi, serta mengurangi dampak bencana alam, seperti banjir, erosi, tanah longsor, letusan gunung berapi, gempa bumi, dll.

Ahli Geokimia

Melakukan penyelidikan terkait komposisi kimia dan sifat bahan bumi, terutama air tanah dan permukaan yang tercemar, bahan bakar fosil (seperti minyak bumi dan batu bara) dan sumber daya lain yang bernilai ekonomi.

Ahli Geomorfologi

Mempelajari tentang asal usul dan evolusi lanskap di permukaan benua.

Ahli Geofisika

Dapat menggunakan prinsip-prinsip fisika untuk menyelidiki secara struktur bagian dalam bumi, mengeksplorasi sumber daya ekonomi di bawah permukaan, dan memantau polusi di air tanah.

Ahli Geologi Glasial atau Kuarter

Mempelajari tentang sejarah gletser (periode Kuarter) yang baru secara geologis serta endapan sedimen dan bentang alam yang dihasilkannya.

Ahli Hidrogeologi

Mempelajari tentang air di bawah permukaan bumi, termasuk sumber, kualitas, kelimpahan dan pergerakannya.

Ahli hidrologi

Mempelajari tentang air di permukaan bumi, termasuk curah hujan, penguapan dan limpasan, dan kelimpahan dan kualitas di sungai dan danau.

 


Seismolog

Anak Anak di Pengungsian
Seorang wanita berjalan di sebuah kamp untuk pengungsi Suriah di Turki yang didirikan oleh lembaga bantuan Turki AFAD di distrik Islahiye, Gaziantep, Rabu (15/2/2023). Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo yang melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2) kemungkinan akan menjadi salah satu bencana yang paling mematikan dalam dekade ini, ungkap para seismolog. (OZAN KOSE/AFP)

Merupakan ahli geofisika yang mempelajari gempa bumi, baik untuk lebih memahami proses fisik yang terlibat dan untuk menafsirkan struktur internal dalam Bumi.

Stratigraphers

Menyelidiki hubungan waktu dan ruang antara batuan sedimen dan lainnya pada skala lokal hingga global, dan juga tertarik pada geokronologi (penanggalan absolut dengan metode radiometrik) dan kandungan fosil lapisan batuan.

Ahli Geologi Struktural

Mempelajari tentang pelipatan, rekahan, patahan, dan bentuk-bentuk deformasi lainnya yang dialami oleh batuan di bawah permukaan bumi, dan juga tertarik pada bagaimana proses-proses ini berhubungan dengan Lempeng Tektonik global.

Ahli Vulkanologi

Menyelidiki gunung berapi, terutama letusan dan endapannya, untuk lebih memahami proses fisik yang terlibat dan untuk memprediksi letusan gunung berapi.

Infografis PB Djarum Setop Audisi Beasiswa Bulu Tangkis
Infografis PB Djarum Setop Audisi Beasiswa Bulu Tangkis. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya