Raja Charles III dan Ratu Camilla Naik Kereta Lapis Emas ke Istana Buckingham, Diikuti Rombongan Keluarga Pangeran William

Setelah dinobatkan, Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham melalui rute yang sama dengan menaiki kereta Gold State Coach.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Mei 2023, 05:58 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 19:49 WIB
Usai upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey, London, Inggris pasangan tersebut menaiki Gold State Coach. (Youtube/The Royal Family)
Usai upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey, London, Inggris pasangan tersebut menaiki Gold State Coach. (Youtube/The Royal Family)

Liputan6.com, London - Setelah dinobatkan, Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham melalui rute yang sama dengan menaiki kereta Gold State Coach, kereta kencana berlapis emas.

Raja yang baru dinobatkan telah meninggalkan Westminster Abbey dan memasuki Gold State Coach, yang akan membawanya kembali ke Istana Buckingham.

Kereta kuda itu telah digunakan di setiap penobatan sejak William IV pada tahun 1831, memberikan hubungan yang kuat dengan upacara rumit sebelumnya.

Prosesi ini akan dilakukan dalam skala yang jauh lebih megah dan lebih besar, dan melibatkan ribuan anggota angkatan bersenjata dari Inggris, Persemakmuran, dan Wilayah Seberang Laut Inggris yang akan berbaris dan berbaris di sepanjang rute, bersama dengan pengawal dan Royal Watermen.

Pada kesempatan ini, publik juga akan bisa melihat Raja Charles III dan Ratu Camilla secara sekilas.

Kereta mereka ditarik oleh delapan Windsor Grey atau kuda abu-abu Windsor dan didampingi oleh pengawal kedaulatan dari Kavaleri Rumah Tangga.

Pantauan Liputan6.com di akun Youtube The Royal Family, Sabtu (6/5/2023), terlihat Raja Charles III dan Ratu Camilla melambaikan tangan dan melempar senyum kepada publik yang berdiri di sepanjang jalan rute parade mereka dengan Gold State Couch.

Mengutip The National, gerbong berangkat dari Westminster Abbey kembali ke Istana Buckingham, di mana Royal Salute dari Inggris dan Angkatan Bersenjata Persemakmuran akan memberikan penghormatan kepada Raja Charles dan Ratu Camilla pada hari istimewa mereka.

Gold State Couch adalah kereta delapan kuda yang menakjubkan yang kaya akan sejarah, sekali lagi akan menghiasi jalan-jalan London untuk penobatan Raja Charles III.

Pantauan dari akun Youtube The Royal Family menunjukkan bahwa iring-iringan Raja Charles III dan Ratu Camilla di dengan Gold State Couch diikuti dengan rombongan keluarga Pangeran William. 

Di dalam kereta yang membawa keluarga Pangeran William terlihat Kate Middleton, Putra tertua Pangeran dan Putri Wales, Pangeran George dan Putri Charlotte juga ada di dalam gerbong. Sementara anak bungsu pasangan tersebut, Louis yang baru berusia 5 tahun tidak terlihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prosesi yang Dinanti

Detail Prosesi Penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023, dari Kereta Kuda Emas hingga Emoji Spesial
Kereta kencana Gold State akan dipakai untuk membawa Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham seusai upacara penobatan di Westminster Abbey. (dok. Frank Augstein / POOL / AFP)

Laporan CNN menyebut prosesi ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak pendukung kerajaan sepanjang hari -- Raja dan Ratu, diikuti oleh parade besar tentara, musisi, dan kuda, melewati kerumunan yang bersorak dalam perjalanan mereka ke Istana Buckingham.

Kereta Gold State Coach yang membawa raja dan istrinya sangat berat -- seberat 4 ton -- artinya hanya bisa berjalan dengan kecepatan berjalan kaki.

Menjelang perayaan, Sally Goodsir, kurator seni dekoratif Royal Collection Trust, mengatakan: “Tingginya hampir empat meter. Panjangnya lebih dari tujuh meter. Beratnya empat ton. Karena itu, itu hanya dapat digunakan dengan berjalan kaki, yang benar-benar menambah keagungan dan keagungan prosesi kerajaan yang agung ini."

"Hanya sedikit monarki yang mempertahankan kereta yang bekerja pada usia ini, dan oleh karena itu merupakan hal yang sangat istimewa untuk dilihat," tambahnya.

Kereta itu ditutupi dengan panel-panel yang dicat "sebagai contoh" apa yang diyakini oleh George III --raja ketika gerbong itu dibangun pada tahun 1762--  akan ia bawa ke negara itu. "Melindungi seni seperti arsitektur dan patung; melindungi perdamaian di negara ini, ada sosok Mars dan Minerva, dewa perang klasik, tetapi mereka tidak berperang, mereka sebenarnya mengangkat Kerajaan Inggris. Jadi, banyak pesan dan simbolismenya,” kata Goodsir.

 


Sah Jadi Raja, God Save The King

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III menjadi raja ke-40, ia juga akan menjadi kepala negara dari 14 negara Persemakmuran. (Victoria Jones/Pool via AP)

Sebelumnya, Charles III resmi menjadi raja Inggris per hari ini, Sabtu 6 Mei 2023, setelah menerima sejumlah simbol kekuasaan monarki, ia pun dinyatakan sah sebagai pemimpin monarki Inggris.

"God Save The King," ujar Uskup Agung Canterbury Justin Welby yang memahkotainya.

Untuk pertama kalinya dalam tujuh dekade, mengutip CNN, Sabtu (6/5/2023), seorang raja Inggris yang baru secara resmi dinobatkan.

Uskup Agung Canterbury Justin Welby menempatkan Mahkota St. Edward di atas kepala Charles III, bagian terpenting dari upacara penobatan.

Saat Uskup Agung Canterbury Justin Welby bersiap untuk memahkotai Raja Charles III, ia berkata: "Raja segala raja berkatilah, kami mohon kepadamu, Mahkota ini, dan sucikanlah hambamu Charles, yang di atas kepalanya hari ini engkau menempatkannya sebagai tanda keagungan kerajaan. Agar dia dapat dimahkotai dengan kebaikanmu yang murah hati dan dipenuhi dengan rahmat yang melimpah dan semua kebajikan; melalui dia yang hidup dan memerintah, tertinggi atas segala sesuatu, satu Tuhan, dunia tanpa akhir. Amin."

Setelah memahkotai Raja, Welby berkata: "God Save the King."

Raja Charles III menjadi monarki Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya saat ibunya, Ratu Elizabeth, wafat pada September 2022.


Sah Jadi Ratu Inggris, Camilla Duduk Bersanding Raja Charles III

Camilla sah menjadi Ratu Inggris mendampingi Raja Charles III (Youtube/Royal Family).
Camilla sah menjadi Ratu Inggris mendampingi Raja Charles III (Youtube/Royal Family).

Setelah Raja Charles III dimahkotai, giliran Ratu Camilla menerima penobatannya sendiri - meskipun dalam bentuk yang sedikit berbeda.

Seperti suaminya, Queen Consort atau Permaisuri Ratu Camilla diurapi dengan minyak suci oleh Uskup Agung Canterbury, tetapi tanpa sekat, yang menunjukkan sifat yang berbeda dari mengurapi seorang permaisuri dibandingkan dengan penguasa yang memerintah, Raja Charles III.

Mengutip CNN, Sabtu (6/5/2023), The Keeper of the Jewel House kemudian mempersembahkan Consort’s Ring atau Cincin Permaisuri, yang melambangkan janji dan komitmen, "menikahinya" dengan Raja dan dengan Tuhan dan rakyatnya.

Selanjutnya, dia dimahkotai dengan Mahkota Ratu Mary, menandai pertama kalinya dalam sejarah baru-baru ini bahwa mahkota baru tidak dibuat khusus untuk acara ini, dan disandingkan dengan Sceptre dan Rod (tongkat kerajaan).

Kemudian ia duduk bersanding dengan Raja Charles III yang telah dimahkotai lebih dahulu.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya