Cicit Elizabeth II: Inilah Para Anak-Anak Calon Raja atau Ratu Inggris

Ratu Elizabeth II juga merupakan seorang nenek buyut. Berikut nama anak-anak kecil

oleh Tommy K. Rony diperbarui 12 Mei 2023, 19:53 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 18:35 WIB
Foto keluarga Ratu Elizabeth II bersama cucu dan cicitnya yang termuda.
Foto keluarga Ratu Elizabeth II bersama cucu dan cicitnya yang termuda. Duduk di sisi kiri sang ratu adalah Savannah Philips, cicit tertuanya. Pangeran George ada di kanan belakang sang ratu, sementara Putri Charlotte tepat ada di belakang sang nenek buyut. Pangeran Louis tampak tersenyum jahil di sisi kiri. Dua remaja yang berdiri di belakang adalah Lady Louise Windsor dan James, Earl of Wessex. Keduanya adalah anak-anak dari Pangeran Edward, anak bungsu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II juga merupakan seorang nenek buyut. Ia memiliki 12 cicit, ada yang memiliki gelar anggota kerajaan, tetapi ada juga yang tidak. 

Hal itu terjadi karena ada anak dari Ratu Elizabeth II yang menolak memberikan gelar kerajaan ke anak-anaknya. Pilihan itu diambil oleh Anne, sang Princess Royal. 

Alhasil, para cucu dari Putri Anne juga tidak mendapat gelar kebangsawanan, meski Anne sendiri masih setia menjalankan tugas kerajaan. 

Walau tidak memiliki gelar kebangsawanan seperti Princess, Countess, Viscount, atau Lady, nama-nama anggota keluarga yang tak punya gelar tetaplah ada di garis penerus takhta kerajaan. 

Berikut 11 cicit dari Ratu Elizabeth II yang masih kecil, tetapi bisa menjadi raja atau ratu Inggris di masa depan, berdasarkan data situs Royal.uk, Rabu (10/5/2023).

1. Pangeran George 

<p>Pangeran George bertugas membawa jubah monarki pada momentum penobatan Raja Charles III. [Foto: Instagram/ Kate_middleton_royal]</p>

Usia: 9 tahun

Urutan di garis takhta: 2 

Pangeran George merupakan anak tertua dari Pangeran William dan Putri Catherine. Ketika ia menjadi raja kelak, maka ia akan bergelar George VII.

Sebagai informasi, Raja George VI adalah kakek buyutnya, yakni ayah dari Ratu Elizabeth II. 

2. Putri Charlotte

Pangeran Louis dan Putri Charlotte, tiba untuk Penobatan Raja Charles III di London, Sabtu (6/5/2023). (Dan Charity/pool photo via AP)

Usia: 8 tahun 

Urutan di garis takhta: 3 

Putri Charlotte adalah anak kedua dan satu-satunya anak perempuan Pangeran William. Nama Charlotte merupakan bentuk feminin dari Charles. Nama lengkap gadis ini adalah Charlotte Elizabeth Diana.

3. Pangeran Louis

Usia: 5 tahun 

Urutan di garis takhta: 4 

Pangeran Louis merupakan anak bungsu dari Pangeran William dan Putri Catherine. Meski masih kecil, tingkah laku Louis yang jahil seringkali menarik perhatian media. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak-Anak Pangeran Harry

FOTO: Pangeran Harry dan Meghan Markle Perlihatkan Wajah Lilibet Diana kepada Dunia
Lilibet Diana Mountbatten-Windsor lahir pada 4 Juni 2021 pukul 11.40 pagi di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat. Namanya merupakan kombinasi dari nama sang nenek, Putri Diana, dan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. (Instagram/alexilubomirski)

4. Pangeran Archie

Usia: 4 tahun 

Urutan di garis takhta: 6 

Pangeran Arthur merupakan putra bungsu dari Pangeran Harry dan Meghan Markle. Meski Harry-Meghan telah keluar dari kerajaan Inggris, beserta tugas-tugasnya, anak-anak mereka tetap mendapatkan gelar. 

5. Putri Lilibet 

Usia: 1 

Urutan di garis takhta: 7 

Putri Lilibet baru lahir pada 4 Juni 2021 lalu. Nama tengah dari Lilibet adalah "Diana" sebagai penghormatan bagi neneknya: Putri Diana. 

6. Master August Brooksbank

Usia: 2 

Urutan di garis takhta: 12 

August Brooksbank merupakan anak dari Putri Eugenie dan pebisnis Jack Brooksbank. Putri Eugenie merupakan anak dari Pangeran Andrew dan cucu dari Ratu Elizabeth II. 


Cucu dari Princess Royal

Putri Anne berkuda dengan atribut lengkap saat meninggalkan Westminster Abbey dalam perannya sebagai penjaga keselamatan Raja Charles III dan Ratu Camilla usai penobatan keduanya pada Sabtu 6 Mei 2023. (Dok. Ist)
Putri Anne berkuda dengan atribut lengkap saat meninggalkan Westminster Abbey dalam perannya sebagai penjaga keselamatan Raja Charles III dan Ratu Camilla usai penobatan keduanya pada Sabtu 6 Mei 2023. (Dok. Ist)

7. Miss Savannah Phillips

Usia: 12 tahun

Urutan di garis takhta: 18

Savannah Phillips merupakan cicit tertua dari Ratu Elizabeth II dan cucu dari Putri Anne, sang Princess Royal.

Gelar Princess Royal diberikan untuk anak perempuan tertua dari raja atau ratu Inggris. Putri Anne mendapat gelar itu karena anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II.

Namun, Putri Anne tidak memberikan gelar kerajaan ke dua anak-anaknya. Savannah adalah putri dari Peter Philips, anak laki-laki Putri Anne. Savannah hanya disebut sebagai Nona Savannah Philips di situs royal.uk.

8. Miss Isla Phillips

Usia: 11 tahun

Urutan di garis takhta: 19

Isla merupakan anak kedua dari Peter Phillips. Sama seperti Savannah, ia hanya dipanggil Nona Isla Phillips di situs royal.uk.

9. Miss Mia Tindall

Usia: 9 tahun

Urutan di garis takhta: 21

Mia merupakan anak dari Zara Phillips, anak perempuan dari Putri Anne.

Zara juga bisa saja menjadi Putri seperti sepupunya, Beatrice dan Eugenie, akan tetapi Putri Anne tidak ingin anaknya menyandang gelar tersebut.

Mirip seperti ibunya, Zara juga menjadi penunggang kuda berprestasi.

10. Miss Lena Tindall

Usia: 4 tahun 

Urutan di garis takhta: 22

Lena merupakan adil dari Mia Tindall. Nama Tindall berasal dari ayahnya, yakni Mike Tindall. 

Mike Tindall adalah seorang pebisnis dan mantan pemain rugby. Zara dan Mike menikah pada tahun 2011 di Edinburgh, Skotlandia. 

11. Master Lucas Tindall 

Usia: 2 tahun 

Urutan di garis takhta: 23 

Lucas adalah putra dari Zara da Mike Tindall. Foto Lucas yang masih bayi sempat diambil bersama nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. Foto itu diambil di Balmoral pada musim panas 2022. 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya