Sejarah Perayaan Hari Ciuman Internasional 6 Juli dan Fakta Unik Soal Kissing

Peringatan ini tidak hanya merayakan cinta tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengungkapkan kasih sayang dalam sebuah hubungan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Jul 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi ciuman (iStockphoto)
Ilustrasi ciuman (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Kissing atau ciuman merupakan bentuk dan simbol cinta atau kasih sayang, yang dapat menyampaikan perasaan seseorang tanpa harus berbicara. 

Setiap ciuman memiliki makna yang berbeda.

Ciuman antar pasangan, ciuman antara orang tua dan anak bahkan hingga ciuman kepada hewan peliharaan tersayang. Semuanya memiliki arti yang berbeda, tetapi jelas tujuannya adalah untuk menyampaikan rasa cinta. 

Dalam rangka memperingati World Kissing Day atau Hari Ciuman Internasional pada 6 Juli setiap tahunnya, ini adalah kesempatan sempurna untuk mengingatkan orang yang Anda cintai tentang pentingnya mereka dalam hidup Anda dengan ciuman yang tulus dan bermakna. 

Dilansir News 18, Kamis (6/7/2023), sejarah perayaan itu bermula pada tahun 2006 yang didedikasikan untuk merayakan pentingnya memberikan ciuman --gerakan yang menghangatkan hati-- kepada orang yang tersayang. 

Peringatan ini konon pertama kali dirayakan di Inggris, yang kemudian mendapat pengakuan luas dari orang-orang di seluruh dunia. Sejak itu setiap tanggal 6 Juli, banyak orang akan mengungkapkan cinta mereka dan memperkuat ikatan mereka dengan pasangan melalui kekuatan ciuman.

Menariknya, tanggal 13 Februari juga diperingati sebagai Kiss Day, tepat sehari sebelum Hari Valentine pada 14 Februari.

Perayaan Hari Ciuman Internasional mendorong individu untuk berhenti sejenak dari rutinitas dan mengungkapkan cinta mereka melalui ciuman.

Entah itu merupakan ciuman sebelum berangkat kerja atau ciuman setelah beraktivitas di hari yang sibuk, gerakan kecil ini memiliki kekuatan besar dalam menjaga agar kehidupan romansa tetap hidup.

Selain itu, peringatan ini tidak hanya merayakan cinta tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengungkapkan kasih sayang dalam sebuah hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta Unik Soal Ciuman

Ciuman (iStock)
Ilustrasi ciuman (iStockphoto)

Berikut adalah beberapa fakta unik soal ciuman:

  1. Budaya kuno di Prancis awalnya menyebut French Kiss sebagai Soul Kiss, dan percaya bahwa ciuman tersebut memadukan jiwa dua kekasih menjadi satu.
  2. Ciuman dapat menyebabkan pertukaran 10 juta hingga 1 miliar bakteri, tetapi juga membantu membersihkan kotoran di gigi. 
  3. Berciuman diperkenalkan oleh orang Romawi sebagai tindakan simbolis mengikat perjanjian antara dua jiwa selama upacara pernikahan.
  4. The May Irwin Kiss, difilmkan pada tahun 1896, menandai ciuman pertama yang ditayangkan dan berlangsung selama 30 detik yang mengesankan.
  5. Menurut beberapa survei, rata-rata orang menghabiskan dua minggu dalam hidupnya untuk berciuman.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya