Arab Saudi Teken Traktat Kerja Sama dengan ASEAN, Komitmen Jaga Perdamaian di Kawasan

Acara penandatanganan TAC dihadiri oleh Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud dan dilakukan di sela-sela pertemuan ke-56 menlu ASEAN. Arab Saudi jadi negara ke-51 peneken traktat.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 12 Jul 2023, 16:03 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023, 16:03 WIB
Penandatanganan traktat kerja sama (TAC) antara Arab Saudi dan ASEAN dalam pertemuan ke-56 menlu ASEAN, Rabu (12/7/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)
Penandatanganan traktat kerja sama (TAC) antara Arab Saudi dan ASEAN dalam pertemuan ke-56 menlu ASEAN, Rabu (12/7/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi telah sepakat untuk menjadi negara ke-51 yang menandatangani traktat kerja sama atau Treaty of Amity and Cooperation (TAC) dengan ASEAN.

Acara penandatanganan yang dihadiri oleh Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud itu dilakukan di sela-sela pertemuan ke-56 menlu ASEAN. 

"Arab Saudi adalah negara ke-51 yang menandatangani TAC. Ini mencerminkan komitmen Arab Saudi yang kuat untuk mematuhi nilai-nilai dan prinsip-prinsip ASEAN yang diabadikan dalam TAC," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam acara penandatanganan TAC di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/7/2023). 

Retno menyebut bahwa dengan adanya hubungan kerja sama antara Arab Saudi dan ASEAN, ini menjadi bentuk komitmen baru bagi kedua pihak untuk bekerja sama, berkolaborasi, konsisten menegakkan hukum internasional, dan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara serta kawasan. 

"Kami menyambut Arab Saudi ke keluarga ASEAN. Bersama-sama, kita harus menjadi kekuatan positif untuk perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," tambah Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jelang ASEAN-GCC Summit

Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud dalam acara penandatanganan TAC dengan ASEAN di Hotel Shangri-La, Rabu (12/7/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)
Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud dalam acara penandatanganan TAC dengan ASEAN di Hotel Shangri-La, Rabu (12/7/2023). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Menlu Retno juga menantikan pertemuan KTT ASEAN-Gulf Cooperation Council (GCC) yang akan diselenggarakan pada Oktober 2023. 

"Kami menantikan KTT ASEAN-GCC Di Arab Saudi pada bulan Oktober tahun ini," kata Reno menambahkan. 

KTT tersebut menandakan pentingnya kerja sama antara ASEAN dan negara-negara Teluk.

Dilansir ThaiPBSWorld, di bawah kepemimpinan Indonesia, ASEAN menjangkau lebih banyak negara di Timur Tengah untuk memperluas keterlibatan dengan kawasan kaya minyak tersebut.

Arab Saudi menjadi negara kelima di Timur Tengah yang menandatangani TAC. Sebelumnya, Iran telah melakukannya terlebih dulu pada 2018, diikuti oleh Bahrain pada 2019 dan Uni Emirat Arab, Qatar, dan Oman pada 2022.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya