Kenalkan Keju Kualitas Tinggi California ke Pasar Indonesia, Chef AS Olah Pakai Bumbu Rendang dan Kentang Lokal

Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Dewan Penasehat Susu California mengadakan acara yang bertajuk "Exclusive California Cheese Chef's Table Lunch" oleh Chef Barbara Alexander pada 11 Agustus 2023.

oleh Erina Putri diperbarui 13 Agu 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2023, 07:00 WIB
Chef Barbara Alexander
Chef Barbara Alexander sedang menunjukan proses memasak salah satu makanannya. (Liputan6.com/Erina Putri)

Liputan6.com, Jakarta - California Milk Advisory Board (CMAB) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Dewan Penasehat Susu California mengadakan acara bertajuk "Exclusive California Cheese Chef's Table Lunch" oleh Chef Barbara Alexander, koki konsultan Institut Kuliner Amerika, dalam upayanya untuk memperkenalkan keju berkualitas tinggi California ke pasar Indonesia.

Acara ini berlangsung pada Jumat, 11 Agustus 2023, di The Westin Hotel, Jakarta.

CMAB ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapat edukasi tentang kualitas serta karakteristik dari produk olahan susu California dengan mengajak para tamu untuk mencicipi olahan makanan dengan keju California.

Momen ini juga jadi kali pertama keju-keju ini dapat dicicipi di Indonesia sebelum memasuki pasar.

Keju California memiliki kualitas dan fungsi uniknya sendiri, di acara ini para tamu juga dapat melihat berbagai macam keju asli olahan dari California seperti Monterey Jack, Sharp Cheddar, Mozzarella, CheeseBits dengan rasa wasabi dan strawberi, blue cheese, hingga keju yang dianugerahi sebagai salah satu dari 20 keju terbaik dunia pada tahun 2022, Toma Truffle.

Secretary Karen Ross dari California Department of Food & Agriculture menyatakan, "saya merasa senang dan bangga karena memiliki kesempatan untuk mengenalkan olahan susu California di Indonesia. Saya menyarankan untuk mencoba susu dan keju dari California, rasanya sangat enak."

Segel Real California Milk menunjukkan bersertifikat sebagai produk yang dibuat dengan 100% susu asli California, serta jadi produsen susu terbesar pertama dan produsen keju terbesar kedua di Amerika Serikat.

Lebih dari 1.100 petani susu dan hampir 46 persen dari semua susu California dikerahkan untuk membuat keju California.

"Saya harap acara ini mengedukasi, kami juga berencana akan sering datang ke sini dari sebelumnya karena ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung Pemerintah California, termasuk lewat bekerja sama dengan Indonesia," ujar Ted McKinney, CEO dari NASDA (The National Association of State Departments of Agricultural) Trade Delegation to Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Undang Para Influencer

Keju California
Beragam keju-keju dari California. (Liputan6.com/Erina Putri)

Selaras dengan misi CMAB untuk memperkenalkan keju California, mereka turut mengundang beberapa Influencer atau akrab disebut Foodvloger seperti Mgdalenaf, Ken dan Grat, Felix Kurniawan, dan masih banyak lagi, untuk ikut hadir dan mencicipi hidangan spesial dari Chef Barbara Alexander.

Makanan-makanan yang disajikan pun unik, keju California dipadukan dengan bumbu khas Asia sampai menjadi olahan makanan yang nikmat serta familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Keju California pun dikreasikan dengan kearifan lokal Tanah Air, bumbu khas Indonesia menjadi perpaduan dalam masakannya, pada hidangan Rendang Grilled Cheese, bumbu rendang berhasil dipadukan dengan krim keju yang enak dan dimakan dengan sourdough.

Selain itu, kentang lokal pun digunakan dalam hidangan Chips and Dip. "Orang-orang kaget saat saya mencoba membuat chipsnya dengan kentang lokal. Tapi tetap saya coba, dan hasilnya lebih baik daripada menggunakan kentang beku yang saya bawa dari Amerika," ujar Chef Alexandra.

Potret Prawnche (@foodventurer_)
Potret salah satu Foodvloger Indonesia, Prawnche (@foodventurer_) (Liputan6.com/Erina Putri)

Olahan keju California pada acara hari ini, sukses menarik minat untuk kembali mencoba mengolah sendiri kreasi makanan dari keju-keju California seperti yang disampaikan oleh salah satu foodvloger dengan 82 ribu pengikut di Instagram, Prawnche (@foodventurer_) kepada Liputan6.com.

"Menarik sekali dan eye opening banget, ternyata tipe keju dari California ada banyak dan bisa diaplikasiin ke makanan Indonesia juga. Apalagi Chips and Dip nya, enak banget pakai kentang lokal yang mereka buat crunchy," lanjutnya.

Acara ditutup dengan DIY Cheese Platter, di mana para tamu diminta untuk mengisi kotak makanan dengan keju serta makanan ringan yang setelahnya dapat dibawa pulang.


Makanan-makanan yang Disajikan dengan Keju California

Makanan-makanan yang diolah dengan keju California
Makanan-makanan yang diolah dengan keju California. (Liputan6.com/Erina Putri)

Apa saja makanan dan minuman yang disajikan Chef Alexander dalam rangka mengenalkan keju California ini?

Menu pertama dibuka dengan minuman manis Orange Creamsicle dengan cream cheese foam. Terbuat dari jus jeruk dan diberi keju yang diolah dengan teknik mousse. Minuman ini memberikan rasa asam tapi juga manis berkat kejunya.

Makanan kedua adalah Smoked Onion Chips and Dip. Dalam olahan ini keju California dijadikan isian untuk kentang yang dipotong tipis dan digoreng garing. Rasa keju yang berpadu dengan bawang ini, sangat cocok dengan kentang.

Makanan ketiga, Gochujang Corn Ribs. Ini adalah makanan dari jagung, ribs yang dimaksud bermakna makanan ini dapat dimakan dengan tangan, seperti makan ribs atau rusuk. Jagung dimasak ala Korea dengan Gochujang, dan tentu saja keju menjadi pemanis setelah makanan ini dibakar. 

Makanan keempat, Rendang Grilled Cheese. Ini adalah makanan tradisional AS yang di modifikasi dengan sourdough. Lembaran keju menjadi pelengkap makanan ini, lalu ditimpa dengan krim bawang dengan bumbu rendang serta sekali lagi keju, namun kali ini mozzarella. Yang unik soal makanan ini, bukannya menggunakan butter atau margarin, Chef Alexander memasak rotinya dengan mayones.

Makanan kelima adalah Potato & Truffle Toma with Brown Butter & Sage. Dalam hidangan ini keju yang digunakan mengandung truffle di dalamnya. 

Makanan keenam, Cheesy Crab Double Baked Souffles. Ini adalah makanan souffle dengan kepiting di dalamnya. Makanan ini disajikan hangat, tepat setelah dipanggang. Keju mozzarella yang menyelimutinya meleleh menggugah selera.

Makanan terakhir, menjadi penutup rangkaian makanan yang disajikan, yaitu Iced Coffee Cheesecake Puff.

Dalam olahan ini, keju dijadikan krim dengan campuran kopi. Rasanya manis dan dingin, menjadi akhir yang menyegarkan.

Infografis Macam-Macam Diet
Infografis Macam-Macam Diet. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya