TikTok Tegaskan Perangi Disinformasi Soal Perang Hamas Vs Israel Pasca Kena Tegur Uni Eropa

Uni Eropa mengatakan bahwa mereka melihat indikasi TikTok digunakan untuk menyebarkan konten ilegal dan disinformasi terkait perang Hamas Vs Israel.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 15 Okt 2023, 22:50 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2023, 22:48 WIB
Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok. (Dok. unsplash/Olivier Bergeron)

Liputan6.com, Brussels - TikTok mengatakan bahwa pihaknya menugaskan lebih banyak orang untuk memerangi disinformasi pada platformnya menyusul perang Hamas Vs Israel.

Pernyataan tersebut muncul setelah Uni Eropa mengecam perusahaan media sosial asal China tersebut.

Dalam pernyataannya, TikTok menyatakan bahwa mereka telah segera mengerahkan sumber daya dan personel yang signifikan untuk membantu menjaga keamanan komunitas dan integritas platformnya. Selain itu, TikTok juga mengungkapkan telah menghapus lebih dari 500.000 video dan menutup 8.000 siaran langsung. Demikian seperti dilansir The Guardian, Minggu (15/10/2023).

TikTok telah berulang kali mendapat sorotan terkait perang, termasuk invasi Rusia ke Ukraina, konflik Nagorno-Karabakh, dan yang teranyar adalah perang Hamas Vs Israel.

Menurut TikTok, pihaknya telah meluncurkan pusat komando untuk memantau konflik terbaru, memperbarui sistem deteksi otomatisnya untuk mencari konten grafis dan kekerasan, serta menambahkan sejumlah moderator yang bisa berbahasa Arab dan Ibrani.

Mereka juga membatasi siaran langsung atau live mengingat meningkatnya risiko keselamatan dalam konteks situasi penyanderaan saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Facebook juga Kena Sentil

Perang Israel - Palestina
Pasukan Israel pada Minggu, 15 Oktober 2023, bersiap untuk melakukan serangan darat di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas ketika negara itu membalas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di wilayahnya. Sementara Iran memperingatkan "konsekuensi luas" jika pengeboman Israel tidak dihentikan. (AP Photo/Maya Allerruzzo)

Uni Eropa pada Jumat (13/10), mengatakan bahwa mereka telah membuka penyelidikan terhadap X alias Twitter atas disinformasi terkait perang Hamas Vs Israel. Sementara itu, mereka juga menegur pemilik Facebook, Meta.

Komisaris Uni Eropa untuk Industri Thierry Breton pada Kamis (12/10), menulis surat kepada CEO TikTok Shou Zi Chew, yang isinya menyerukan agar perusahaan tersebut meningkatkan upayanya untuk segera menanggapi permintaan penegakan hukum terkait penghapusan konten ilegal. Breton meminta agar suratnya direspons dalam kurun 24 jam.

Breton mengatakan, pihaknya telah melihat indikasi bahwa TikTok digunakan untuk menyebarkan konten ilegal dan disinformasi terkait perang Hamas Vs Israel di Uni Eropa.

"#TikTok mempunyai kewajiban khusus untuk melindungi anak-anak & remaja dari konten kekerasan & propaganda teroris — serta tantangan mematikan & konten yang berpotensi mengancam jiwa. #DSA menetapkan kewajiban yang sangat jelas yang harus dipatuhi oleh TikTok. Surat untuk CEO TikTok Shou Zi Chew⤵️"


Dukung Kebebasan Berekspresi dan Junjung Tinggi HAM

Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok. (Dok. antonbe via Pixabay)

TikTok memiliki tanggung jawab khusus untuk melindungi anak-anak dan remaja dari konten yang vulgar dan menyedihkan seperti video penyanderaan, kata Breton, dan gambar serta fakta palsu serta dimanipulasi beredar di platform tersebut.

Platform media sosial itu sendiri bersikeras bahwa mereka melawan terorisme.

"Kami syok dan tercengang dengan aksi teror mengerikan di Israel pekan lalu," ungkap TikTok.

"Kami juga sangat sedih dengan semakin parahnya krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza. Hati kami hancur untuk semua orang yang terkena dampaknya."

TikTok mengatakan pula bahwa pihaknya tetap fokus untuk mendukung kebebasan berekspresi, menjunjung tinggi komitmen terhadap hak asasi manusia, dan melindungi platform mereka selama perang Hamas Vs Israel.

Infografis Larangan TikTok Shop Cs Jualan dan Transaksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Larangan TikTok Shop Cs Jualan dan Transaksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya