Desa Dhordo di Gujarat India Jadi yang Terbaik Versi UNWTO PBB, Ini Alasannya

Desa di distrik Kutch Gujarat dianugerahi gelar "Desa Wisata Terbaik" oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dari PBB.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 24 Okt 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 20:10 WIB
Desa di distrik Kutch Gujarat dianugerahi gelar "Desa Wisata Terbaik" oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dari PBB (Prime Minister Office India).
Desa di distrik Kutch Gujarat dianugerahi gelar "Desa Wisata Terbaik" oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dari PBB (Prime Minister Office India).

Liputan6.com, Dhordo - Sebuah desa Dhordo dianggap punya kontribusi besar bagi pariwisata berkelanjutan, pelestarian budaya, dan pedesaan yang berkembang.

Oleh karena itu, desa di distrik Kutch Gujarat dianugerahi gelar "Desa Wisata Terbaik" oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dari PBB, demikian dikutip dari laman ANI News, Selasa (23/10/2023).

Dhordo adalah desa tenang dan terletak di Great Rann of Kutch dan terkenal secara global sebagai tuan rumah acara bernama Rann Utsav yang digelar tahunan.

Festival budaya Rann Utsav yang semarak ini berfungsi sebagai panggung megah untuk pameran seni, musik, dan kerajinan tradisional.

Pengunjung dari seluruh dunia mempunyai kesempatan unik untuk menyelami budaya lokal dengan latar belakang Rann of Kutch yang menakjubkan.

Pengakuan Dhordo sebagai "Desa Wisata Terbaik" mempunyai implikasi luas terhadap perekonomian wilayah tersebut.

Rann Utsav, sebuah ekstravaganza tahunan yang diadakan di Dhordo, telah meningkatkan perekonomian lokal secara signifikan.

Festival ini menarik lebih dari 98.000 wisatawan India dan 7.400 wisatawan internasional, yang semakin menekankan pentingnya festival ini sebagai tujuan wisata utama.

Komunitas lokal Dhordo memainkan peran penting dalam transformasi desa tersebut. Partisipasi aktif mereka dalam pelestarian budaya, kerajinan tradisional, dan layanan perhotelan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potensi Desa Dhordo Digali Lewat Festival Seni

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)
Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Pemerintah Gujarat menyadari potensi Dhordo dan meluncurkan Rann Utsav setiap tahunnya.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan kegembiraannya atas pengakuan Dhordo oleh UNWTO.

Ia berbagi kegembiraannya di media sosial, merayakan kekayaan warisan budaya dan keindahan alam yang diwujudkan oleh Dhordo.

Modi juga menyampaikan undangan kepada masyarakat untuk berbagi kenangan dan pengalaman mereka di Dhordo, dengan harapan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mengunjungi desa yang luar biasa ini.

 


Penghargaan Bergengsi Untuk Desa di Dunia

Ilustrasi bendera India. (Unsplash)
Ilustrasi bendera India. (Unsplash)

Penghargaan Desa Wisata Terbaik UNWTO adalah pengakuan bergengsi yang memberikan penghargaan kepada desa-desa atas pencapaian luar biasa mereka di berbagai bidang.

Hal ini mencakup pembangunan pedesaan, pelestarian bentang alam asli, promosi warisan dan keanekaragaman budaya, serta pelestarian nilai-nilai lokal dan tradisi kuliner.

Proses evaluasinya bertumpu pada sembilan kriteria utama yang meliputi ekonomi, sosial, dan kelestarian lingkungan, sumber daya budaya dan alam, serta integrasi rantai nilai.

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi
Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya