10 Fakta Menarik Laba-Laba, Berdarah Biru hingga Mampu Goda Lawan Jenis Seperti Manusia

Laba-laba adalah hewan yang unik, mulai dari bentuk tubuh dan cara mereka menggoda lawan jenis sangat menarik.

oleh Santi Rahayu diperbarui 28 Jul 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 20:20 WIB
Mimpi Laba-Laba yang Membawa Peruntungan
Ilustrasi Mimpi Laba-Laba Credit: pexels.com/Alessandro

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang tinggal di belahan Bumi utara, musim dingin adalah waktu yang tepat untuk mengenakan kembali mantel tebal, syal, sarung tangan, dan topi.

Ketika musim dingin datang membawa salju, malam-malam yang nyaman di dekat perapian, serta perayaan Thanksgiving dan Natal, ada satu hal lagi yang suka tinggal di rumah selama periode ini... Laba-laba!

Selama bulan-bulan saat musim gugur, laba-laba jantan meninggalkan tempat bersarangnya dan menjelajahi rumah kita untuk mencari kekasih baru.

Meskipun jenis arakhnida (serangga berkaki delapan) ini bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang menderita arachnofobia (rasa takut yang berlebihan terhadap laba-laba), namun sebenarnya mereka adalah makhluk yang menarik dan luar biasa.

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang laba-laba yang bisa bikin Anda terpukau, dilansir dari westernexterminator.com, Minggu (28/7/2024):

1. Laba-Laba Ada di Semua Tempat!

Hal ini mungkin akan membuat Anda merasa takut, tetapi penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak akan pernah berada lebih dari 3 meter dari seekor laba-laba.

Namun jangan khawatir, sebagian besar waktu mereka bersembunyi di suatu tempat di celah-celah sempit untuk mengerjakan urusan mereka sendiri.

2. Ada Banyak Sekali Laba-Laba di Dunia 

Laba-laba memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, masing-masing dengan tampilan dan karakteristik yang unik.

Ada sekitar lebih dari 30.000 spesies laba-laba yang saat ini diketahui. Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa masih banyak lagi yang belum terungkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Tidak Semua Gigitan Laba-Laba Mematikan

Ilustrasi Laba Laba
Ilustrasi Laba Laba Bertelur (PIxabay)

Ada beberapa laba-laba yang dapat menyebabkan serangan gigitan yang berbahaya, karena racunnya dapat menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan kesehatan manusia. 

Mayoritas laba-laba tidak akan menggigit manusia dan jika mereka menggigit manusia, racun mereka tidak cukup kuat untuk menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Sayangnya, dan memang sedikit mengecewakan, digigit laba-laba tidak akan memberikan Anda kekuatan seperti Spider-Man! Racun mereka tidak memiliki efek seperti itu. 

4. Laba-Laba Betina Memiliki Nafsu Makan yang Lebih Besar

Namun, ini bukan kabar baik bagi laba-laba jantan.

Dalam beberapa kasus, tergantung pada spesiesnya, laba-laba betina akan memakan laba-laba jantan sebelum, selama, atau setelah persetubuhan!

Apakah Anda tahu bahwa perilaku kanibalisme seksual ini adalah yang menginspirasi nama bagi laba-laba widow, seperti black widow?

5. Laba-Laba Suka Melakukan YMCA

Ya, Anda tidak salah baca, beberapa jenis Laba-laba suka suka melakukan YMCA (tari energik seperti huruf YMCA)

Laba-laba merak, Maratus volans, melakukan tarian sebagai bagian dari ritual perkawinan mereka dan ini terlihat seperti YMCA. Ditambah lagi, warna-warna cerah yang ada di perut mereka membuat tarian ini menjadi tontonan yang menarik untuk dilihat.

Sayangnya, jika laba-laba jantan yang menirukan YMCA tidak membuat laba-laba betina terkesan, ia akan berusaha menyerang, membunuh, dan bahkan memakannya.


6. Sutra Laba-Laba itu Sebenarnya Sangat Kuat

Sempat Turun Hujan Laba-laba Di Brazil, Begini Kata Pakar
(Foto: krzysztofniewolny/Pixabay) Ilustrasi laba-laba.

Sutra laba-laba sebenarnya sangat kuat. Mungkin terlihat lemah dan rapuh, tapi itu hanya karena ukurannya yang tipis.

Faktanya, sutra pada jaring laba-laba sebenarnya lima kali lebih kuat dari seutas baja dengan ketebalan yang sama. Jaring laba-laba yang terbuat dari untaian setebal pensil juga dipercaya dapat menghentikan pesawat yang sedang terbang!

7. Laba-Laba Memiliki Darah Biru

Tidak seperti manusia, laba-laba memiliki darah biru.

Sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk hal ini. Pada manusia, oksigen terikat pada molekul yang mengandung zat besi, hal ini yang membuat darah kita berwarna merah. 

Namun, pada laba-laba, molekul tempat oksigen berada mengandung tembaga, yang memberikan warna biru pada darah mereka.

8. Sutra Laba-Laba Berbentuk Cair

Hal ini mungkin terdengar aneh, mengingat kita terbiasa melihat sutra laba-laba dalam bentuk jaring, tetapi tahukah Anda bahwa sutra laba-laba sebenarnya adalah cairan? Ketika sutra bersentuhan dengan udara, sutra akan mengeras, sehingga memungkinkan mereka untuk membuat dan membangun jaringnya.


9. Laba-Laba Jantan Suka Memberi Hadiah

Ilustrasi laba-laba
Ilustrasi laba-laba. (iStock)

Beberapa spesies laba-laba tidak hanya suka menggoda atau memikat calon pasangannya dengan tarian, tetapi mereka juga suka menawarkan hadiah yang dibungkus sutra kepada orang yang mereka cintai untuk mencoba dan berbicara dengan cara yang manis untuk mengajaknya berkencan.

Namun, terkadang pejantan ini bisa sangat licik dan sedikit murahan. Alih-alih menawarkan hadiah seperti lalat atau serangga lainnya, mereka menawarkan tiruan murah seperti potongan daun, atau hadiah lama yang belum berhasil dengan wanita lain.

10. Laba-Laba Memiliki Otot yang Unik

Sejujurnya, cara kerja otot laba-laba cukup menarik. Otot-otot mereka hanya bisa menarik kaki mereka ke dalam tapi tidak bisa memanjangkannya lagi. 

Untuk mengatasi masalah ini, laba-laba akan memompa cairan encer ke dalam kaki mereka untuk membantu mendorongnya keluar lagi.

Inilah sebabnya mengapa setiap kali Anda melihat laba-laba mati, kakinya selalu melengkung ke dalam karena tidak ada cairan yang disebarkan untuk menariknya kembali.

 

Ada Cara Seru Kenalkan Beragam Hewan Kepada Anak-Anak, Seperti Apa Itu?
Infografis Kinderjoy
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya