Pesawat Maskapai AS Delta Airlines Mendarat Darurat, Akibat Penumpang Dapat Makanan Basi

Pihak maskapai Delta Airlines masih menyelidiki insiden makanan basi di pesawat mereka. Sejauh ini, tidak ada korban yang dilaporkan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 04 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 14:00 WIB
Pasangan suami istri dipaksa turun oleh petugas maskapai Delta Airlines (AFP)
Pasangan suami istri dipaksa turun oleh petugas maskapai Delta Airlines (AFP)

Liputan6.com, New York - Penerbangan Delta Airlines terpaksa mendarat darurat di New York, Amerika Serikat (AS), setelah ada penumpang dilaporkan disuguhi makanan basi.

Menurut laporan New York Post yang dilansir dari NDTV, Kamis (4/7/2024), pesawat A330 yang mengangkut 277 penumpang meninggalkan Bandara Metropolitan Detroit Wayne County pada Selasa (2/7) malam. Namun, penerbangan tersebut kemudian dialihkan ke Bandara Internasional John F. Kennedy setelah diketahui bahwa sebagian makanan yang dibawa di kabin utama basi.

Menurut data Flight Radar 24, pesawat tersebut tengah berada di atas Saint Pierre dan Miquelon, sebuah kepulauan Prancis di selatan Newfoundland Kanada, ketika dialihkan.

Pesawat terpaksa mendarat darurat setelah berkonsultasi dengan ahli medis.

Sementara itu, pihak maskapai masih belum mengungkap bagaimana makanan yang terkontaminasi tersebut terdeteksi. Pihaknya juga belum menyampaikan berapa banyak penumpang yang telah mengonsumsi makanan tersebut, serta penumpang yang menunjukkan gejala keracunan.

Pesawat akhirnya berhasil mendarat di Bandara New York pada Rabu (3/7) pukul 04.00 waktu setempat. Tim medis segera menemui penumpang pesawat dan awak kabin yang terkena dampak.

Sebanyak 12 penumpang telah dievaluasi namun menolak menerima perawatan medis maupun dibawa ke rumah sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Proses Penyelidikan

Ilustrasi Delta Airlines
Ilustrasi Delta Airlines (Wikipedia/Public Domain)

Pihak maskapai kini tengah menyelidiki insiden tersebut dan merilis permintaan maaf kepada konsumennya.

Delta Airlines mengonfirmasi insiden tersebut dan menyatakan, "Penerbangan Delta 136 dari Detroit ke Amsterdam dialihkan ke JFK New York pada Rabu (3/7) pagi setelah laporan bahwa sebagian dari layanan makanan dalam penerbangan Kabin Utama terkontaminasi."

"Tim Keamanan Pangan Delta telah melibatkan pihak pemasok untuk segera mengisolasi produk tersebut dan melakukan penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut. Ini bukan layanan yang biasa digunakan Delta, dan kami dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan kami atas ketidaknyamanan dan keterlambatan perjalanan mereka," lanjut pernyataan itu.


Air Europa Mendarat Darurat

Ilustrasi penerbangan pesawat Air Europa terkena turbulensi. (AFP/File)
Ilustrasi penerbangan pesawat Air Europa terkena turbulensi. (AFP/File)

Sementara itu, belum lama ini maskapai Air Europa juga terpaksa melakukan pendaratan darurat karena turbulensi. 

"Lusinan penumpang terluka pada Senin 1 Juli 2024 ketika penerbangan Air Europa dari Madrid ke Montevideo mengalami turbulensi hebat, sehingga memicu pendaratan darurat di Brasil," kata pejabat maskapai dan pemerintah tersebut seperti dikutip dari AFP, Selasa (2/7/2024).

 Pesawat tersebut, Boeing 787-9 Dreamliner dengan 325 orang di dalamnya, dialihkan pada dini hari ke bandara Natal di timur laut Brasil, di mana lebih dari selusin ambulans menunggu.

Selengkapnya di sini...

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya