Sekjen ASEAN: Keragaman di Asia Tenggara Harus Jadi Kekuatan dan Pendorong Kemajuan

Sekjen ASEAN mendorong kerja sama dan kolaborasi antar negara anggota di kawasan Asia Tenggara dalam menciptakan masyarakat yang toleran.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 11 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 16:00 WIB
Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn dan Menlu RI Retno Marsudi menjelang pertemuan menlu ASEAN yang membahas Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone.
Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn dan Menlu RI Retno Marsudi menjelang pertemuan menlu ASEAN yang membahas Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone. Dok: Kemlu RI

Liputan6.com, Jakarta - Keragaman agama dan budaya yang dimiliki oleh kawasan Asia Tenggara seharusnya bisa menjadi kekuatan dan pendorong kemajuan bagi masyarakatnya. Demikian diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

"Meskipun masing-masing negara anggota ASEAN mungkin memiliki pendekatan berbeda terhadap multikulturalisme, kita tetap bersatu dalam merangkul keragaman budaya dan agama, yang berkontribusi terhadap kekayaan warisan budaya dan tatanan sosial komunitas dan Kawasan," kata dia dalam salah satu sesi panel "International Conference on Cross-Cultural Religious Literacy" yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) dan Institut Leimena di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

"Keragaman ini bukan sekadar ciri khas identitas kita, namun merupakan kekuatan yang dapat memperkaya masyarakat kita dan mendorong kemajuan kolektif kita."

Hourn menyebut bahwa dengan adanya multikulturalisme, masyarakat ASEAN justru dapat saling bertukar ide, pengalaman dan perspektif yang diharapkan dapat mendorong inovasi dan ketahanan.

Dengan keragaman budaya yang dimiliki oleh kawasan ini, ia juga mengatakan bahwa ASEAN terus berupaya untuk merangkul seluruh negara anggota dan menciptakan inklusivitas.

"Lebih dari 5,5 dekade sejak kami berdiri, kami bekerja sama tanpa kenal lelah untuk hidup berdampingan dan menciptakan kesetaraan bagi seluruh masyarakat ASEAN," tuturnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menegaskan integrasi masyarakat yang berbasis partisipatif, inklusif dan berkelanjutan guna menjamin kesejahteraan bersama, terutama di kalangan kelompok rentan dan tidak meninggalkan siapa pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Dialog Antar Agama

Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN
Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN. (Gambar oleh Thuận Tiện Nguyễn dari Pixabay )

Sekjen asal Kamboja tersebut juga menekankan soal pentingnya dialog antar agama dan budaya dalam meningkatkan toleransi dan menciptakan perdamaian.

"Sangat penting untuk melakukan dialog dan program-program yang memberikan wawasan tentang multiagama sebagai cara untuk mendorong rasa saling pengertian dan perdamaian serta melawan ujaran kebencian, sejalan dengan hukum hak asasi manusia internasional," tutur Hourn.

Ia juga menegaskan pentingnya upaya melawan kejahatan rasial guna melindungi kelompok tertentu. Menurutnya, pendidikan dan sanksi dapat digunakan sebagai alat untuk mencegah hal tersebut terjadi.

"Pemerintah harus melakukan upaya untuk mencegah, menyelidiki dan menghukum tindakan kekerasan terhadap kelompok minoritas," sambungnya.

Selain itu, Hourn menyebut bahwa pendidikan juga menjadi komponen kunci dalam upaya kolektif untuk memperkuat dialog lintas budaya dan antar agama.


Peran Pendidikan

Bendera ASEAN
Ilustrasi ASEAN. (Gunawan Kartapranata/Creative Commons)

Pendidikan, sebut Hourn, juga memiliki peran yang lebih luas dalam mempromosikan toleransi dan keharmonisan antar agama.

"Dengan memasukkan Pendidikan ke dalam kurikulum, kita dapat membekali generasi masa depan dengan alat yang mereka perlukan untuk menavigasi dunia yang beragam dengan keterbukaan dan rasa hormat," tutur dia.

Literasi digital, sebagai bagian dari pendidikan, juga memainkan peran penting untuk memberdayakan warga negara dalam memahami toleransi keragaman.

Infografis Ragam Tanggapan KTT ASEAN Ke-43 2023 Digelar di Jakarta. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan KTT ASEAN Ke-43 2023 Digelar di Jakarta. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya