Update Korban Perang Israel Vs Hamas di Gaza: 38.983 Orang Tewas, Termasuk 64 Kematian dalam 24 Jam

89.727 orang dilaporkan terluka di Jalur Gaza sejak perang Israel vs Hamas pada 7 Oktober 2023.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 22 Jul 2024, 11:17 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 11:17 WIB
Potret Sekolah Al-Razi di Nuseirat Gaza yang Luluh Lantak Dibombardir Israel
Selain kerusakan pada bangunan, serangan Israel di sekolah tersebut menewaskan sejumlah orang. (Eyad BABA/AFP)

Liputan6.com, Jalur Gaza - Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pada Minggu (21/7/2024), setidaknya 38.983 orang tewas dalam perang Israel vs Hamas Palestina di Gaza.

Melansir laporan AFP menurut angka kementerian kesehatan Gaza yang dikutip Senin (22/7), jumlah tersebut termasuk 64 kematian dalam 24 jam. Sementara itu, 89.727 orang dilaporkan terluka di Jalur Gaza sejak perang dimulai ketika militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023.

"Banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan karena tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka,” tambah kementerian kesehatan Gaza mengutip Anadolu Agency.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Lebih dari sembilan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentara Israel Terus Gempur Gaza hingga Terdeteksi Virus Polio

Militer Israel Kembali Bombardir Jalur Gaza
Warga Palestina memeriksa kerusakan di sekitar bangunan tempat tinggal setelah serangan udara Israel di kamp pengungsi Rafah di Jalur Gaza Selatan pada 1 Desember 2023, (SAID KHATIB/AFP)

Melansir Xinhua, pasukan Pertahanan Israel (IDF) atau tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan IDF terus beroperasi di Jalur Gaza dari darat, udara, dan laut.

Selama operasi di daerah Rafah di Gaza selatan, “sebuah pesawat IDF mengidentifikasi sel teroris bersenjata yang bergerak menuju pasukan, yang merespons dengan cepat dan melenyapkan sel tersebut,” kata IDF.

“Di Jalur Gaza tengah, pasukan IDF melakukan operasi yang ditargetkan pada beberapa struktur militer, menemukan berbagai jenis persenjataan,” tambah pernyataan IDF.

Dalam pernyataan terpisah pada hari Minggu (21/7), IDF mengatakan mereka menemukan virus polio di Jalur Gaza dan meluncurkan kampanye untuk memvaksinasi pasukan daratnya.

Enam sampel lingkungan dari varian virus polio tipe 2 telah terdeteksi dari Khan Younis dan Deir al Balah di Gaza, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada platform media sosial X pada hari Jumat, dan mencatat bahwa tidak ada kasus kelumpuhan yang terdeteksi.

“Kehancuran sistem kesehatan, kurangnya keamanan, hambatan akses, perpindahan penduduk yang terus-menerus, kekurangan pasokan medis, buruknya kualitas air, dan melemahnya sanitasi meningkatkan risiko penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, termasuk polio,” tambahnya.

Polio, atau Poliomyelitis, adalah penyakit virus yang sangat menular yang sebagian besar menyerang anak-anak balita, dan virus ini terutama menyebar melalui penularan dari orang ke orang, terutama melalui jalur fecal-oral, menurut WHO. 


ICJ Sebut Pendudukan Israel di Wilayah Palestina Melanggar Hukum, Picu Kecaman hingga Seruan 'Angkat Kaki'

Sidang tudingan genosida di Gaza oleh Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan pada Jumat 12 Januari 2024 di International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional. (AFP)
Sidang tudingan genosida di Gaza oleh Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan pada Jumat 12 Januari 2024 di International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional. (AFP)

Sementara itu, International Court of Justice atau Mahkamah Internasional memutuskan pada hari Jumat (19/7/2024) bahwa kehadiran Israel di wilayah pendudukan Palestina adalah ilegal, dan meminta negara tersebut untuk berhenti membangun pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas memuji keputusan tersebut, sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan keputusan tersebut tidak dapat mengubah "legalitas pemukiman Israel di seluruh wilayah tanah air kami".

Mengutip AP dan AFP, Minggu (21/7/2024), Mahkamah Agung PBB mengatakan pada hari Jumat (19/7) bahwa kehadiran Israel di Wilayah Palestina "melanggar hukum" dan menyerukan Israel angkat kaki, agar kehadiran Israel di wilayah tersebut diakhiri dan pembangunan pemukiman segera dihentikan. Hal ini menimbulkan kecaman yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pemerintahan Israel atas tanah yang mereka rebut 57 tahun lalu.

Dalam pendapat yang tidak mengikat, Mahkamah Internasional atau ICJ merujuk pada serangkaian kebijakan, termasuk pembangunan dan perluasan pemukiman Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, penggunaan sumber daya alam di wilayah tersebut, aneksasi dan pemaksaan terhadap Israel. kendali permanen atas tanah dan kebijakan diskriminatif terhadap warga Palestina, yang semuanya dikatakan melanggar hukum internasional.

Panel yang beranggotakan 15 hakim mengatakan "penyalahgunaan status Israel sebagai kekuatan pendudukan" menjadikan "kehadirannya di wilayah pendudukan Palestina melanggar hukum." Dikatakan bahwa kehadiran mereka yang terus berlanjut adalah "ilegal" dan harus diakhiri "secepat mungkin".

Dikatakan bahwa Israel harus segera mengakhiri pembangunan pemukiman dan pemukiman yang ada harus dihapus, menurut pendapat setebal 83 halaman yang dibacakan oleh Presiden pengadilan Nawaf Salam.

Israel, yang biasanya menganggap PBB dan pengadilan internasional tidak adil dan bias, tidak mengirimkan tim hukum ke sidang tersebut. Namun pihaknya menyampaikan komentar tertulis, dengan mengatakan bahwa pertanyaan yang diajukan ke pengadilan bersifat prasangka dan gagal mengatasi masalah keamanan Israel. Para pejabat Israel mengatakan intervensi pengadilan tersebut dapat merusak proses perdamaian, yang telah stagnan selama lebih dari satu dekade.

Selengkapnya di sini...


PBB Ungkap Penyebab Utama Bantuan Kemanusiaan Sulit Sampai ke Gaza

Foto Paling Mengharukan Sepanjang 2023
Foto yang diambil pada 11 Oktober 2023 ini menunjukkan pemandangan udara dari bangunan-bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp Jabalia bagi para pengungsi Palestina di Kota Gaza. (Yahya HASSOUNA/AFP)

Di sisi lain, para pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa salah satu penyebab hambatan utama dalam penyaluran bantuan kemanusiaan kepada jutaan warga Palestina adalah karena Jalur Gaza telah berada dalam keadaan anarki.

"Kantor kami telah mendokumentasikan dugaan pembunuhan di luar hukum terhadap polisi setempat dan pekerja kemanusiaan, dan pencekaman pasokan yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup penduduk sipil. Anarki sedang menyebar," kata Ajith Sunghay, kepala Kantor Hak Asasi Manusia PBB untuk Wilayah Pendudukan Palestina, seperti dilansir VOA Indonesia, Minggu (21/7/2024).

Sunghay, yang baru saja kembali dari kunjungan sembilan hari ke Gaza, mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa kondisi di sana telah memburuk secara signifikan sejak misi terakhirnya ke wilayah kantong Palestina beberapa minggu lalu. Ia menyampaikan hal tersebut dari Amman, Yordania.

Rakyat Gaza sangat menderita. Ini benar-benar membuat putus asa. Sekali lagi, orang-orang berpindah dari utara ke selatan, meskipun mereka melakukan perjalanan dengan kesadaran bahwa hal itu penuh dengan bahaya,” ucap Sunghay.

“Saya melihat sepeda motor dan trailer berisi barang-barang pribadi terbakar di jalan. Tidak ada siapa-siapa,” tutur Sunghay. “Yang jelas tidak ada seorang pun yang selamat dari serangan itu.”

Selengkapnya klik di sini...

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya