Hilang Saat Memancing, Seorang Dokter di Australia Diduga Tewas Dimakan Buaya

Dalam satu bulan, telah terjadi dua kali serangan buaya terhadap manusia di Australia.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 07 Agu 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 20:40 WIB
Ilustrasi buaya. (Unsplash)
Ilustrasi buaya. (Unsplash)

Liputan6.com, Cooktown - Polisi di Australia menemukan seekor buaya yang diduga telah memangsa seorang warga asal Newcastle. Dugaan ini terbukti usai pihak keamanan menangkapnya dan menemukan ada sisa tubuh manusia di perut hewan tersebut.

Dikutip dari laman Japan Today, Rabu (7/8/2024) ini merupakan serangan fatal kedua dari buaya ke manusia dalam kurun satu bulan.

Korban terakhir adalah dokter berusia 40 tahun Dave Hogbin yang jatuh dari tepi sungai yang curam ke Sungai Annan di selatan Cooktown di negara bagian Queensland, kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

Dokter praktik umum dari Newcastle di New South Wales tersebut melakukan perjalanan untuk liburan berkemah melalui Queensland bersama istrinya Jane dan ketiga putra mereka yang berusia 2, 5, dan 7 tahun.

Sementara itu, penjaga satwa liar melakukan eutanasia terhadap buaya sepanjang 4,9 meter di sebuah sungai kecil sejauh 4 kilometer dari tempat Hogbin menghilang.

Buaya tersebut memiliki bekas luka di moncongnya seperti yang digambarkan oleh para saksi mata pada reptil di sekitar lokasi hilangnya buaya tersebut, kata para pejabat.

Sisa-sisa tubuh manusia yang ditemukan di dalam tubuh buaya selama pemeriksaan di Cooktown diyakini milik Hogbin, kata pernyataan polisi. Pengujian lebih lanjut akan dilakukan untuk mengidentifikasi sisa-sisa tubuh tersebut secara positif.

Pernyataan keluarga tersebut mengoreksi laporan polisi bahwa Hogbin sedang memancing saat ia jatuh. Ia sedang berjalan di sepanjang jalan setapak tepi sungai yang tingginya lima meter di atas sungai ketika sebagian tepiannya ambruk, menurut keluarganya.

"Itu menyebabkan Dave jatuh ke sungai dan meskipun ia tinggi, kuat, dan bugar, kondisi medan membuat Dave tidak dapat keluar dari air," kata pernyataan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengakuan Istri dari Dokter Dave Hogbin

Arti Mimpi Melihat Buaya Berenang yang Membawa Pertanda Buruk
Ilustrasi Mimpi Melihat Buaya Berenang Credit: pexels.com/Daniel

Istri dari Dave Hogbin mendengar suara cipratan air saat ia jatuh dan menolongnya, tetapi "karena tepian yang curam dan licin, ia dapat meraih lengan suaminya, tetapi ia sendiri segera tergelincir ke sungai."

"Tindakan terakhir Dave yaitu melepaskan lengan Jane saat ia menyadari Jane juga ikut jatuh, meskipun ia tahu Jane adalah satu-satunya penyelamatnya. Dalam beberapa saat, ia pun tersangkut," tambah pernyataan tersebut.

Hogbin jatuh di lokasi yang dikenal sebagai Crocodile Bend, yang populer di kalangan wisatawan yang datang untuk melihat buaya besar.

Kepala Polisi Sementara Shane Holmes mengatakan kepada media bahwa ia yakin Hogbin jatuh secara tidak sengaja.

Infografis Cara Dapatkan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Jemaah Haji Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Dapatkan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Jemaah Haji Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya