Mahkamah Konstitusi Thailand Bubarkan Partai MFP Pendukung Pernikahan Sesama Jenis

Move Forward Party dikenal sebagai partai yang mendukung lolosnya UU pernikahan sesama jenis di Thailand.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 09 Agu 2024, 19:10 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 19:10 WIB
Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)
Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)

Liputan6.com, Bangkok - Mahkamah Konstitusi Thailand memutuskan untuk membubarkan partai oposisi Move Forward Party (MFP), atas kampanyenya untuk mengubah undang-undang penghinaan kerajaan yang melindungi monarki dari kritik.

Move Forward Party juga dikenal sebagai partai yang mendukung lolosnya UU pernikahan sesama jenis di Thailand.

Pengadilan juga memerintahkan 11 eksekutif partai saat ini dan sebelumnya dilarang menduduki jabatan politik selama 10 tahun, termasuk mantan pemimpin Pita Limjaroenrat, dikutip dari laman ABC, Jumat (9/8/2024).

Partai politik progresif tersebut memenangkan kursi terbanyak pada pemilihan terakhir tahun 2023, tetapi diblokir dari pembentukan pemerintahan tahun lalu oleh kekuatan konservatif di Senat yang ditunjuk militer.

Namun, partai tersebut tetap menjadi kekuatan terbesar di parlemen dengan agenda yang mencakup reformasi militer dan membatalkan monopoli bisnis besar.

Pada Januari 2024, pengadilan yang sama menemukan kampanye partai untuk mengubah undang-undang yang melindungi monarki dari kritik berisiko merusak sistem pemerintahan Thailand dengan raja sebagai kepala negara.

Agenda anti-kemapanan Move Forward memperoleh dukungan besar di antara para pemilih, tetapi berbenturan dengan hubungan kuat Thailand yang terdiri dari keluarga kaya lama, kaum konservatif, dan militer, yang menganggap reformasi hukum penghinaan terhadap majeste sebagai langkah yang terlalu jauh di negara tempat kaum royalis menganggap monarki sebagai sesuatu yang sakral.

MFP membantah melakukan kesalahan dan diperintahkan untuk menghentikan kampanyenya terhadap hukum penghinaan terhadap kerajaan.

Mereka berpendapat pengaduan komisi pemilihan umum tidak mengikuti prosedur yang tepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Pemimpin MFP

Ilustrasi bendera Thailand (AP Photo)
Ilustrasi bendera Thailand (AP Photo)

Pemimpin MFP Chaithawat Tulathon mengatakan, putusan pengadilan tersebut menjadi preseden yang berbahaya bagi cara konstitusi negara ditafsirkan.

Tulathon mengatakan, anggota parlemen partai akan membentuk partai politik baru minggu ini.

"Kami tidak akan meninggalkan impian kami, misi, dan tugas yang ditugaskan kepada kami," katanya.

"Selama rakyat bersama kita dan mendukung kita untuk mengubah negara ini, kita akan terus maju."

 


Respons Pengamat

Begini Suasana Aksi Unjuk Rasa Warga Thailand
Pengunjuk rasa pro-demokrasi mengibarkan bendera selama protes di Sanam Luang di Bangkok, Thailand (19/9/2020). Para pengunjuk rasa mengulangi tuntutan agar monarki Thailand tetap berada di bawah konstitusi dalam demonstrasi terbesar sejak kudeta militer pada 2014. (AP Photo/Wason Wanichakorn)

Adam Simpson, dosen senior Studi Internasional di University of South Australia, mengatakan bahwa keputusan pengadilan "mengilustrasikan keadaan demokrasi yang sangat buruk di Thailand dan berlanjutnya konsentrasi kekuasaan di kompleks militer-monarki".

"Meskipun dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi beberapa perbaikan dalam kebebasan pribadi, terutama legalisasi pernikahan sesama jenis dan ganja, masih jauh yang harus ditempuh untuk membangun dan mengonsolidasikan kebebasan politik dasar dalam demokrasi multipartai, seperti kebebasan berbicara," kata Dr Simpson.

Thailand, ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara, telah terkunci dalam siklus kudeta, intervensi peradilan, dan pembubaran selama dua dekade yang telah menggulingkan pemerintahan terpilih dan partai-partai besar, yang terkadang menyebabkan demonstrasi jalanan yang penuh kekerasan.

Ada harapan bahwa 143 anggota parlemen partai yang masih hidup akan mempertahankan kursi mereka dan melakukan reorganisasi di bawah partai baru yang dapat menjadi lebih populer.

Infografis Histori Perseteruan Indonesia Vs Thailand di SEA Games. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Histori Perseteruan Indonesia Vs Thailand di SEA Games. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya