13 Agustus Diperingati Sebagai Hari Kidal Internasional

Sekitar 10 persen dari populasi adalah orang kidal. Para ilmuwan tidak tahu mengapa seseorang menjadi kidal.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 13 Agu 2024, 19:10 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 19:10 WIB
Ilustrasi Orang Kidal (sumber: unsplash.com)
Ilustrasi Orang Kidal (sumber: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 13 Agustus diperingati sebagai hari Kidal Internasional. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi mereka yang telah menguasai penggunaan tangan kiri di tengah dunia yang didominasi oleh orang yang tidak kidal.

Sekitar 10 persen dari populasi adalah orang kidal. Para ilmuwan tidak tahu mengapa seseorang menjadi kidal.

Namun, kemungkinan besar seorang anak akan menjadi kidal jika salah satu orang tuanya juga kidal, dikutip dari laman nationaldaycalendar, Selasa (13/8/2024).

Orang tua dari anak-anak kidal dulu memaksa mereka untuk menggunakan tangan kanan. Di mata orang yang tidak kidal, penggunaan tangan kiri yang dominan tampak tak baik.

Orang tua khawatir masyarakat akan menjauhi anak-anak mereka. Meskipun kita lebih mudah menerima kekidalan daripada masa lalu, kini kejadiannya tidak meningkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Orang Kidal yang Terkenal

Pertanyaan sederhana (5)
Mengapa ada orang yang kidal? Ilustrasi orang kidal. (Sumber Wikimedia Commons)

Namun, terkadang lewat kualitas unik membuat orang kidal merasa canggung. Mereka saling berbenturan siku atau tampak kikuk.

Namun, di dunia yang dirancang untuk orang kidal, mereka yang dominan beradaptasi dengan cukup baik. Misalnya, delapan presiden Amerika Serikat kidal, termasuk Ronald Reagan, George H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.

Hari Orang Kidal diberikan kepada individu yang tidak biasa yang melempar, menangkap, menulis, dan menggunakan garpu dengan tangan kiri mereka.

Mereka juga memandang dunia dengan sedikit berbeda. Di sebuah restoran, mereka mencari tempat duduk yang akan menempatkan siku dominan mereka di luar bilik. Atlet kidal sedikit mengerang ketika orang kidal muncul sebagai lawan dalam daftar.

Jika Anda tertarik merayakannya, maka cobalah untuk ajak teman kidal untuk makan siang atau minum kopi. Jika Anda tidak kidal, cobalah melakukan semuanya dengan tangan kiri.

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya