Naik Pesawat Komersil hingga Enggan Menginap di Hotel, Ternyata Ini Alasan di Balik Kesederhanaan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus juga akan menggunakan mobil buatan PT Pindad untuk berkeliling di Stadion GBK.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 05 Sep 2024, 18:36 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 18:36 WIB
Tiba di Katedral Jakarta, Paus Fransiskus Disambut Meriah
Sebelum masuk ke dalam, Paus Fransiskus berkeliling menemui sejumlah anak yang berdiri menjadi pagar betis menyambut kedatangannya. (Tiziana FABI/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan bersejarah Paus Fransiskus di Indonesia tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia.

Salah satu hal yang menjadi perhatiannya adalah kesederhanaannya yang luar biasa.

Sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus enggan dikelilingi kemewahan selama berada di Jakarta.

Paus Vatikan ke-266 itu lebih memilih untuk menggunakan pesawat komersil dalam perjalanan, mobil yang biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai mobil operasionalnya, hingga memilih untuk menginap di Kedutaan Besar Vatikan alih-alih di hotel berbintang.

Kesederhanaan itu rupanya bukan tanpa alasan.

Uskup Agung Kardinal Suharyo memaparkan alasan rohani di baliknya, menyebutnya karena prinsip spiritual yang dipegang oleh Paus Fransiskus.

"Sejak menjadi paus, Paus Fransiskus selalu menyediakan Waktu untuk bertemu dengan sesame anggota Serikat Yesus. Karena spritualitas yang sama, perutusan yang sama, meski beliau adalah paus, beliau tetap anggota Serikat Yesus," tutur Kardinal Suharyo dalam pernyataan pers, Rabu (4/9/2024).

"Spiritualitas yang amat sangat menonjol yang biasanya sekarang menggunakan istilah yang lebih populer, itu diskresi. Itulah spritualitas dasar anggota Serikat Yesus dan kalau sekarang Bapa Suci memilih hidup sederhana, itu adalah buah dari diskresi," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pakai Sepatu Lama

Di Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Paus Fransiskus Bertemu dengan Para Anggota Komunitas Katolik
Ada dua agenda yang akan dilakukan Paus Fransiskus saat di Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. (Tiziana FABI/AFP)

Kardinal Suharyo membeberkan kesederhanaan lain dari diri Paus Fransiskus, yakni sepatu yang dikenakannya.

"Biasanya Bapa Suci itu memakai sepatu merah atau putih. Tapi, kemarin saya lihat sepatunya hitam dan sudah ada lekukan. Tandanya sudah lama dipakai. Itu bukan sekadar kebetulan, itu pilihan," jelas Kardinal Suharyo.

Serikat Yesus atau biasa dikenal dengan Yesuit atau Jesuit adalah salah satu ordo dalam Gereja Katolik Roma yang dikenal atas kedisiplinannya. Para pendirinya, sekelompok mahasiswa, bersumpah untuk melanjutkan persahabatan mereka usai menyelesaikan studi dan hidup dalam kesederhanaan sesuai dengan Injil atau ajaran Kristus.

 

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya